Temani Gempi Sekolah di Rumah, Gisel Masih Belajar Kendalikan Emosi

Sekolah di rumah, Gisel dan Gempi terapkan metode STEAM

21 Mei 2020

Temani Gempi Sekolah Rumah, Gisel Masih Belajar Kendalikan Emosi
Dok. Sampoerna Academy

Penyebaran Covid-19 di Indonesia belum kunjung mereda karena angka kasus positif juga masih cukup banyak. 

Ketika penyebaran virus ini masih berlangsung, anak-anak juga masih melaksanakan proses belajar mengajar dari rumah. Sekolah online ini menjadi salah satu proteksi agar anak-anak Indonesia tidak terpapar virus. 

Sebagai orangtua, Gisella Anastasia juga menemani Gempi untuk menjalani sekolah dari rumah.  

Bersama dengan Sampoerna Academy, Gisel dan Gempi pun tetap menerapkan metode STEAM ketika menjalani proses belajar di rumah. 

Metode STEAM adalah singkatan dari Science, Technology, Engineering, Arts dan Mathematics. Penggunaan metode pembelajaran dengan kelima ilmu ini akan membantu anak-anak menjadi lebih lebih luas tentang masalah di dunia nyata. Metode ini cocok digunakan untuk membesarkan anak di tengah perkembangan era digital yang semakin pesat. 

Metode STEAM ini juga menekankan pentingnya sinergi guru, anak dan peranan orangtua dalam menemukan gaya belajar si Kecil untuk mengoptimalkan keberhasilannya.

Jika Mama ingin mengetahui beberapa keseruan dari Gisel dan Gempi ketika sekolah dari rumah, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Kenali juga penerapan metode STEAM yang dilakukan oleh Gisel dan Gempi yuk, Ma!

Editors' Picks

1. Gisel belajar untuk sabar ketika menemani Gempi sekolah dari rumah

1. Gisel belajar sabar ketika menemani Gempi sekolah dari rumah
Dok. Sampoerna Academy

Proses pembelajaran yang dilakukan di rumah melalui format daring (virtual schooling) sejak dua bulan terakhir. 

Fenomena yang menjadi salah satu dampak dari Covid-19 ini memunculkan kesadaran baru bagi para orangtua terkait akan cukup beragam tantangan dalam mendampingi proses kegiatan belajar mengajar si Kecil. 

Sebagai Mama, Gisel berusaha selalu mendampingi putri kecilnya selama menjalani sekolah di rumah. 

Berdasarkan pengalamannya, Gisel mengaku masih ada kesulitan ketika mendampingi anak belajar dari rumah yakni mengendalikan diri sendiri dan emosi. Apalagi Gempi termasuk anak yang cukup aktif bergerak dan memiliki rasa ingin tahunya tinggi. 

"Sekarang masih belajar untuk sabar dalam mendampingi Gempi sekolah dari rumah. Perlu mengendalikan diri sendiri dari emosi dan harus ingat ini anak kecil yang sedang dihadapi," ungkap Gisel saat Virtual Media Gathering Sampoerna Academy, Rabu (20/5/2020). 

Walau masih belajar untuk sabar, namun Gisel dan Gempi telah menerapkan proses belajar yang menyenangkan dengan metode STEAM. 

Bahkan selama menjalani sekolah dari rumah, Gempi sempat belajar daur ulang hingga membuat mainan sendiri dari barang-barang bekas. 

2. Gisel sudah menemukan tipe gaya belajar sesuai dengan karakter Gempi

2. Gisel sudah menemukan tipe gaya belajar sesuai karakter Gempi
Instagram.com/Gisel_la

Tipe gaya belajar anak memang berbeda-beda sesuai karakternya, mulai dari auditori, visual dan kinestetik. 

Anak yang punya gaya belajar kinestetik akan lebih menyukai aktivitas pembelajaran yang aktif, bergerak dan lewat sebuah permainan. Ini akan berbeda dengan gaya belajar anak auditori yang lebih menyukai ketenangan.

Ketika mendampingi anak-anak belajar di rumah, Mama pelu mengetahui tipe gaya belajar yang cocok untuk si Kecil. Gisel pun sebagai Mama telah mengetahui gaya belajar putri sulungnya. 

Gisel mengatakan bahwa gaya belajar Gempi sudah bisa menguasai visual, auditori dan kinestetik. Mama satu anak ini juga memanfaatkan keaktifan Gempi yang cenderung banyak gerak dan tidak bisa diam. 

Selama proses belajar mengajar, Gisel dan Gempi pun terbiasa untuk langsung praktik agar ilmunya bisa mudah diserap dengan baik.  

Jika Mama belum mengetahui tipe gaya belajar yang tepat untuk si Kecil, ada beberapa alternatif cara antara lain: 

  • Cobalah untuk memerhatikan proses atau cara belajar anak, sehingga orangtua menjadi lebih paham gaya belajar mana yang disenangi oleh si Kecil. 
  • Memberikan tugas kepada anak. Setiap tipe gaya belajar yang dimiliki oleh anak-anak biasanya memiliki cara tersendiri dalam memecahkan masalah. 
  • Terus memberikan pendampingan kepada anak selama sesi belajar. 
  • Berkomunikasi dengan guru untuk mendapatkan informasi terkait gaya belajar anak yang seringkali dilakukan di sekolah. Guru memiliki kacamata tersendiri, sehingga bisa membantu orangtua. 

Beberapa cara di atas dapat menjadi alternatif bagi orangtua untuk menemukan gaya belajar yang sesuai karakter anak. 

"Dengan memahami gaya belajar spesifik dari sang anak, akan memudahkan kita untuk mendukung mereka menerima dan menangkap pelajaran. Apalagi di masa virtual schooling, dimana orang tua menjadi pendamping dan jembatan antara guru dan murid selama masa pengajaran,” ucap Jovita Maria Ferliana, M.Psi,Psikolog.

3. Metode STEAM membantu Gisel selama mendampingi Gempi belajar

3. Metode STEAM membantu Gisel selama mendampingi Gempi belajar
Instagram.com/gisel_la

Setiap orangtua di situasi pandemi Covid-19 memang perlu sadar bahwa proses belajar dari rumah ini harus dilakukan bersama. Orangtua perlu terlibat dalam proses mendidik, termasuk memberikan pendampingan dengan penuh cinta. 

Gisel pun sepakat kalau orangtua perlu kompak dengan guru di sekolah untuk bisa saling berkolaborasi, sehingga anak tumbuh optimal serta membentuk karakternya. 

Walau sempat pusing karena perlu adaptasi ketika Gempi sekolah dari rumah, namun Gisel sadar kalau ini menjadi tanggung jawab orangtua. Apalagi perlu ada kerjasama dengan guru agar program belajar seperti ini bisa berhasil. 

“Masa virtual schooling ini memang benar-benar menyadarkan saya bahwa perlu sekali mengenal gaya Gempi. Selama ini perkembangan Gempi di sekolah sudah sangat baik yang tentunya tidak lepas dari peranan para guru yang menerapkan metode STEAM dan Project Based Learning," ucap Gisel.  

Tak hanya meningkatkan bonding, namun metode STEAM membantu minat belajar Gempi menjadi lebih terarah. Gisel mengatakan bahwa Gempi menjadi lebih fokus terhadap berbagai materi pembelajaran selama sekolah dari rumah. 

"Dengan mengetahui gaya belajar Gempi yang lebih menyukai kegiatan seni dan sensorial, saya dapat mendukung kegiatan belajar mengajar yang saat ini dilakukan melalui virtual schooling. Kegiatan belajar jadi lebih menyenangkan bagi anak dan tetap efektif karena peranan aktif saya sebagai orangtua untuk bisa berkolaborasi dengan para guru,” jelas Gisel. 

Begitulah beberapa cerita menarik dari Gisel yang menemani proses belajar mengajar Gempi ketika sekolah dari rumah. 

Semoga metode pembelajaran seperti Gisel dan Gempi bisa menjadi inspirasi tersendiri untuk semua orangtua. 

Tetap semangat mendampingi anak yang sekolah dari rumah selama masa pandemi ini ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.