Bagaimana Orangtua Membantu Anak agar Mau Pakai Masker?

Mengajarkan anak untuk terbiasa menggunakan maskernya sehari-hari

11 September 2020

Bagaimana Orangtua Membantu Anak agar Mau Pakai Masker
Freepik/Prostooleh

Mewabahnya virus corona saat ini, membuat pemerintah mengeluarkan protokol tentang cuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik, serta penggunaan masker saat di tempat umum yang bertujuan untuk memperlambat penyebaran virus.

Semakin banyak yang memakai masker, membuat semakin banyak anak-anak melihat sesuatu yang tidak biasa mereka lihat. Bagi mereka, itu bisa saja aneh atau sedikit menakutkan.

Bagi beberapa anak mungkin tidak nyaman memakai masker, dan membutuhkan dukungan lebih dari orangtua. Mama juga dapat membantu anak untuk memahami mengapa mereka perlu memakai masker, dan membuat mereka lebih nyaman saat mengenakannya.

Berikut ini Popmama.com akan memberikan beberapa cara untuk membantu anak-anak agar memakai masker saat berpergian keluar rumah:

1. Bantu anak terbiasa menggunakan maskernya dengan berlatih sebelum mengenakannya keluar rumah

1. Bantu anak terbiasa menggunakan masker berlatih sebelum mengenakan keluar rumah
Freepik/Diana.grytsku

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah, bantu anak untuk terbiasa menggunakan masker. Walaupun mungkin anak akan merasa tidak nyaman, sebisa mungkin berikan waktu pada anak untuk berlatih memakai masker sebelum mereka mengenakannya ke luar rumah.

Jangan lupa juga ajari anak untuk cara memakai masker dan cara melepaskannya dengan tepat. Serta cara membuang masker yang diikuti dengan mencuci tangan.

Editors' Picks

2. Ajak anak untuk mendekorasi masker sesuai dengan jenis masker yang akan dipakai

2. Ajak anak mendekorasi masker sesuai jenis masker akan dipakai
Parents.com

Jika anak merasa masker yang digunakan terlalu menakutkan, ajak anak-anak untuk mendekorasi masker mereka. Ini dapat membantu mereka merasakan kepemilikan dan kendali atas rasa takutnya tersebut.

Sentuhan pribadi juga dapat membantu menjadikannya seperti bagian normal dan rutinitas mereka, dan membuat anak-anak lebih mungkin ingin memakai masker mereka untuk menunjukkan hasil karya mereka sendiri.

Setiap masker memiliki bahan yang berbeda tergantung mana yang Mama pilih untuk anak. Sesuaikan bahan dengan cara mendekornya, seperti menggunakan stiker atau spidol yang aman untuk anak-anak.

3. Ajak anak untuk ikut ambil bagian jika Mama ingin membuat masker

3. Ajak anak ikut ambil bagian jika Mama ingin membuat masker
Freepik/Gannusia

Jika Mama dapat membuat masker kain, ajak anak untuk ikut ambil bagian dalam pembuatan masker. Untuk anak yang masih kecil, Mama bisa ajak anak untuk mencari kain yang tidak terpakai di rumah atau memilih pola untuk masker.

Sedangkan untuk anak yang lebih besar, anak bisa bantu untuk menggunting pola nya. Tidak ada masker tanpa jahitan yang mudah dibuat, Mama bisa membuatnya dari kain-kain yang mudah ditemui, seperti kaos yang tidak dipakai lagi, bandana, dan lain-lain.

4. Memperkenalkan masker pada anak dengan cara-cara yang menyenangkan

4. Memperkenalkan masker anak cara-cara menyenangkan
Freepik/Prostooleh

Untuk anak yang masih balita, perkenalkan masker ini dengan cara yang menyenangkan, seperti pada saat bermain. Tujuannya agar anak tidak merasa takut dengan pemakaian masker.

Anak-anak juga bisa berpura-pura menjadi dokter atau perawat sambil memakai maskernya.

Mereka mungkin ingin menggunakan mainan dokter dengan pura-pura merawat boneka yang dimiliki. Saat ini Mama juga bisa menjelaskan pentingnya masker untuk menghindari anak dari berbagai penyakit.

5. Menyiapkan beberapa masker saat anak bermain agar ia paham menggunakan masker dalam kegiatan sehari-hari

5. Menyiapkan beberapa masker saat anak bermain agar ia paham menggunakan masker dalam kegiatan sehari-hari
Freepik/User16298023

Siapkan beberapa masker ketika anak bermain, hal ini dapat membuat mereka jadi mengerti untuk menggunakan masker selama waktu bermain. Ini juga yang membantu anak saat ini memakai masker merupakan bagian kehidupan normal mereka sehari-hari.

Mama juga dapat meminta anak untuk memasang masker pada boneka favoritnya, dan kemudian mengajukan pertanyaan lanjutan tentang kira-kira mengapa boneka perlu diberikan masker.

Tergantung pada respon anak, Mama kemudian dapat menjelaskan dari setiap kebingungan anak. Serta menawarkan jaminan bahwa dengan menggunakan masker, anak dapat terlindung dari wabah virus corona.

Nah itulah 5 cara yang dapat Mama lakukan untuk mengenalkan anak pada penggunaan masker sehari-hari, gunakan masker yang sesuai dengan usia anak agar kesehatannya tetap terlindungi ya Ma! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.