Waspada 7 Gejala Mata Malas pada Anak dan Cara Mengatasinya

Perhatikan tanda-tanda mata malas pada anak agar bisa diatasi sedini mungkin

21 Juli 2021

Waspada 7 Gejala Mata Malas Anak Cara Mengatasinya
Mydr.com.au

Mata adalah bagian tubuh yang penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Pada masa-masa ini, anak perlu mengeksplorasi dunia di sekelilingnya. Dan mata, membantu anak mengenali berbagai hewan, tumbuhan, benda-benda, warna, dan lain-lain.

Namun sayangnya, tak sedikit anak yang terhindar dari gangguan mata, misalnya seperti mata malas atau amblyopia. Mata malas terjadi ketika penglihatan pada satu atau kedua mata tidak berkembang sebagaimana mestinya, hingga menyebabkan kemampuan penglihatan yang menurun. 

Mata malas pada anak bisa dapat diatasi jika dideteksi gejalanya sejak dini. Maka penting bagi Mama untuk mengetahui apa saja tanda atau gejala mata malas pada anak.

Untuk mengetahuinya, simak informasinya yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini ya, Ma!

1. Memutar kepala untuk melihat dengan jelas

1. Memutar kepala melihat jelas
Pexels/Vidal Balielo Jr.

Dilansir dari The Healthy, David Epley, MD, pemilik Children's Eye Care di Kirkland, Washington mengatakan jika Mama melihat anak berulang kali memutar kepalanya saat menonton televisi, itu bisa menjadi gejala mata malas.

Anak-anak dengan mata malas memiliki satu mata yang dominan, dan mereka mengandalkan mata itu untuk melihat lebih baik. Mereka akan sering memalingkan kepala untuk menggunakan mata dominannya saat melakukan aktivitas seperti menonton televisi.

2. Berulang kali menyipitkan mata, menggosok, atau menutupi satu mata

2. Berulang kali menyipitkan mata, menggosok, atau menutupi satu mata
Freepik/wayhomestudio

Dr. Epley menambahkan, menutup satu mata saat berada di bawah sinar matahari, melihat jauh, atau berulang kali menyipitkan kedua mata bisa menjadi tanda ambliopia.

Menggosok satu mata berulang kali atau menutupi satu mata dengan tangan juga bisa menjadi tanda bahwa satu mata lebih lemah dari yang lain, dan anak sedang melakukan penyesuaian untuk mencoba memperbaiki penglihatannya.

3. Mengalami masalah dengan matematika

3. Mengalami masalah matematika
Pexels/Keira Burton

Kondisi strabismus atau mata juling menyebabkan ketidaksejajaran mata sehingga membuat penglihatan ganda atau mengaburkan halaman dalam sebuah buku. Terkadang, strabismus dapat menyebabkan mata memisahkan objek dan menempatkan gambar pada garis yang salah.

“Matematika adalah masalah, karena angka-angka ditumpuk pada level yang berbeda, dan sulit bagi otak untuk beralih dari satu level ke level berikutnya,” kata Dr. Epley.

Dr. Epley menambahkan, mencoba untuk memfokuskan kedua mata dapat menciptakan gangguan dan menghilangkan pemahaman anak tentang tugas yang ada, serta akurasinya.

Editors' Picks

4. Mengalami keterlambatan dalam membaca

4. Mengalami keterlambatan dalam membaca
Pexels/mentatdgt

Ketika anak memiliki mata malas, seringkali membuatnya mudah lelah saat membaca. Mata malas menyebabkan anak kehilangan urutan saat membaca, melewatkan, atau membaca ulang kata-kata, salah membaca, mengganti kata-kata, dan menambahkan kata ke dalam kalimat.

“Mereka mulai menghindari hal-hal itu (membaca) karena mereka menganggap hal-hal itu tidak menyenangkan, terutama ketika cetakannya semakin kecil. Dibutuhkan lebih banyak energi bagi mereka untuk mempertahankan konsentrasinya membaca di halaman” ujar Paul J. Lederer, MD, seorang dokter mata perkembangan dalam praktek swasta di Chicago.

5. Memiliki waktu yang sulit untuk memerhatikan

5. Memiliki waktu sulit memerhatikan
Freepik/Jcomp

Mata malas dapat menyebabkan anak terlihat seperti memiliki masalah perhatian. Mata malas menyebabkan anak mengalami kesulitan dalam memertahankan fokus selama tugas-tugas yang membutuhkan perhatian visual dalam jangka waktu yang lama.

Jika Mama melihat perhatian anak yang mudah menyimpang saat membaca atau melakukan tugas yang berfokus pada visual seperti menggambar, melukis, atau menulis, itu bisa menjadi tanda bahwa penglihatannya perlu diuji lebih lanjut

6. Mengalami kesulitan dengan keterampilan motorik halus

6. Mengalami kesulitan keterampilan motorik halus
Pexels/Sarah Dietz

Gejala mata malas termasuk kesulitan dengan keterampilan motorik halus, seperti menulis.

Dr Epley mengatakan, bahwa mata malas dapat memengaruhi persepsi kedalaman seorang anak, sehingga sulit untuk tetap pada satu baris saat menulis. Jika Mama melihat si Kecil menulis di atas atau di bawah garis, itu bisa menjadi tanda bahwa matanya tidak bekerja sama dengan baik.

7. Kesulitan saat berolahraga

7. Kesulitan saat berolahraga
Pexels/Amber Faust

Dr. Lederer mengatakan mata malas dapat mengganggu kemampuan anak untuk menilai ruang dan kedalaman, yang dapat membuat bermain olahraga menjadi tantangan.

“Anak membutuhkan kedua mata untuk menilai di mana benda-benda berada, ketika anak tidak memiliki dua sudut pandang mata, ia tidak dapat mengatakan seberapa jauh sesuatu darinya, atau seberapa jauh anak dari benda itu.” kata Dr. Lederer.

Misalnya, anak dengan mata malas mungkin salah menilai tangga dan tersandung, atau tertabrak ayunan saat ia berayun maju mundur karena kesulitan menilai jarak antara kaki dan tanah.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, mata malas anak dapat diatasi dengan mengenali gejalanya. Lantas seperi apa perawatan untuk mengatasi mata malas pada anak?

Perawatan Mata Malas untuk Anak

Perawatan Mata Malas Anak
floridaeyecareassociates.com

Dalam banyak kasus, anak-anak dengan ambliopia akan memakai kacamata untuk memperbaiki ketidakseimbangan penglihatan antara mata, dan penutup mata untuk memaksa otak menggunakan mata yang lebih lemah.

Sedangkan perawatan untuk strabismus tergantung pada apakah mata juling ke dalam atau ke luar dan apakah penyimpangan itu konstan atau terputus-putus.

“Jika itu terputus-putus, kacamata atau latihan dan terapi dapat membantu meningkatkan kontrol kelurusan saat mata anak sedang lurus," kata Dr. Epley.

Namun, jika mata menyilang ke dalam, pembedahan adalah perawatan yang lebih umum, karena lebih sulit untuk melakukan latihan yang mengajarkan mata untuk menarik ke luar daripada mengajarinya untuk saling mendekat.

Jika Mama melihat tanda-tanda mata malas pada anak, yang terbaik adalah segera berkonsultasi dengan dokter mata anak yang dapat mendiagnosis dan merekomendasikan pilihan pengobatan untuk kondisi yang sesuai dengan kebutuhan anak.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.