Bagaimana Cara Melentikkan Bulu Mata Anak Balita dengan Aman?

Memiliki anak dengan bulu mata yang tebal dan lentik menjadi keinginan setiap Mama

21 November 2020

Bagaimana Cara Melentikkan Bulu Mata Anak Balita Aman
Freepik/freepic.diller

Memiliki bulu mata panjang merupakan keinginan oleh banyak perempuan, yang kini membuat tren eyelash extension dan minyak pelentik bulu mata kian semakin dicari-cari. Bahkan tak jarang, tren ini membuat Mama juga ingin memiliki anak dengan bulu mata yang tebal dan lentik.

Bisa dibilang, melihat anak dengan bulu mata yang tebal dan lentik pasti membuat Mama terpesona, bukan? Sehingga, Mama juga melakukan segala cara agar si Kecil memiliki bulu mata yang lentik dan indah hingga ia dewasa.

Namun, kira-kira perawatan apa yang tepat dan aman untuk melentikkan bulu mata si Kecil? Apalagi di usianya yang masih kecil, balita memiliki kulit yang lebih sensitif.

Kali ini Popmama.com akan membahas tentang 6 cara melentikan bulu mata anak balita. Yuk simak informasinya berikut ini ya, Ma!

1. Menggunakan minyak kelapa untuk menebalkan dan melentikkan bulu mata

1. Menggunakan minyak kelapa menebalkan melentikkan bulu mata
Freepik

Pertama Mama bisa menggunakan minyak kelapa untuk menyehatkan bulu mata anak. Kandungan Vitamin E yang tinggi dalam minyak kelapa dapat membantu menyuburkan rambut, termasuk menebalkan dan melentikkan bulu mata si Kecil.

Namun tentu saja, minyak kelapa yang digunakan adalah minyak kelapa murni atau Virgin Coconut Oil.

Cara penggunaannya pun mudah, cukup oleskan minyak kelapa pada kapas, dan usapkan perlahan pada bulu mata anak saat akan tidur, dan diamkan hingga semalaman.

Cara menggosoknya dengan mengikuti arah tumbuh bulu mata, mulai dari pangkal hingga ke ujungnya. Minyak yang tersisa akan terbalas sendiri saat anak mandi pada pagi harinya.

2. Minyak zaitun dapat memicu pertumbuhan bulu mata balita yang sehat

2. Minyak zaitun dapat memicu pertumbuhan bulu mata balita sehat
Freepik/master1305

Selain menggunakan minyak kelapa, Mama juga bisa menggunakan minyak zaitun pada bulu mata anak sebelum ia tidur. Namun gunakan minyak zaitun murni atau yang pada kemasannya tertulis, extract virgin olive oil.

Minyak zaitun murni memiliki kandungan polifenol yang menyehatkan bulu mata si Kecil.

Minyak zaitun dikenal kaya akan Vitamin E dan antioksidan yang membuat kulit di sekitar bulu mata menjadi lebih halus dan lembab, sehingga memicu pertumbuhan bulu mata yang sehat.

Sebaiknya Mama aplikasikan pada anak sebelum tertidur, karena kandungan polifenol ini dapat bekerja efektif saat anak tertidur. Gunakan cotton bud untuk membantu meratakan minyaknya di permukaan bulu mata 

Editors' Picks

3. Memberikan makanan dengan kandungan Vitamin E untuk mengaktifkan kerja folikel rambut

3. Memberikan makanan kandungan Vitamin E mengaktifkan kerja folikel rambut
Freepik/jcomp

Mama juga dapat memberikan makanan yang mengandung Vitamin E untuk menunjang pertumbuhan rambut si Kecil. Vitamin E juga berfungsi untuk menyehatkan kulit dan mengaktifkan kerja folikel rambut, termasuk folikel pada area bulu mata.

Makanan yang memiliki kandungan Vitamin E antara lain, gandum, alpukat, kacang almond, dan brokoli. Makanan yang mengandung Vitamin E ini juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak dari radikal bebas dan berbgai kuman penyakit.

4. Minyak kemiri dapat membuat bulu mata anak lebih hitam dan lentik

4. Minyak kemiri dapat membuat bulu mata anak lebih hitam lentik
Freepik/Sokor

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan minyak kemiri. Mungkin Mama sebelumnya tahu kalau umumnya minyak kemiri digunakan untuk membuat rambut lebih hitam. Tak hanya itu, minyak kemiri dapat merangsang pertumbuhan akar rambut dan bulu mata jadi lebih aktif.

Bila si Kecil termasuk anak yang memiliki bulu mata dan rambut yang tipis, Mama bisa mengoleskan minyak kemiri ini setelah anak mandi atau saat anak akan tidur. 

Cara membuat minyak kemiri juga mudah, Mama bisa blender 4-5 buah kemiri hingga mengeluarkan minyak, lalu ambil minykanya. Minyak ini dapat Mama oleskan ke permukaan bulu mata anak agar lebih hitam dan lentik.

5. Petroleum jelly bekerja untuk mengunci kelembaban kulit anak agar tetap ideal

5. Petroleum jelly bekerja mengunci kelembaban kulit anak agar tetap ideal
Freepik/Taofiqu999

Untuk membuat kulit di dekat bulu mata si Kecil terjaga kelembabannya, Mama bisa gunakan petroleum jelly. Petroleum jelly dapat bekerja dengan cara untuk mengunci kelembaban kulitnya agar tetap ideal.

Saat kulit cukup lembab, folikel kulit akan bekerja lebih maksimal untuk menghasilkan bulu mata yang lebat dan kuat. Cara penggunaannya yaitu dengan mengoleskan petroleum jelly di pangkal bulu matanya, dan biarkan semalaman.

Jika dipakai secara rutin selama beberapa minggu, maka buku mata anka akan lebih lentik dan lembut.

6. Lidah buaya dapat membantu merangsang pertumbuhan bulu mata si Kecil

6. Lidah buaya dapat membantu merangsang pertumbuhan bulu mata si Kecil
freepik.com/trumronnarong

Lidah buaya diketahui memiliki banyak manfaat untuk kulit dan rambut. Selain membuat rambut lebih kuat, Vitamin C yang terdapat di lidah buaya ini dapat merangsang pertumbuhan rambut, termasuk bulu mata. 

Lidah buaya memiliki kandungan mineral seperti Zinc, Zat Besi, dan Kalsium yang membuat rambut tumbuh lebih cepat. Pilihlah lidah buaya yang masih segar dan berbatang besar, cuci hingga bersih, potong bagi dua, dan ambil bagian dagingnya.

Cara penggunaannya yaitu dengan menggosokkan cotton bud pada gel lidah buaya, lalu usapkan ke bulu mata anak, biarkan meresap hingga 30 menit, setelah itu bilas wajah si Kecil dengan air bersih.

Nah itu dia Ma, 6 tips untuk menebalkan dan melentikkan bulu mata si Kecil dengan aman dan tepat. Mana cara melentikan bulu mata anak balita yang sudah pernah Mama coba? Semoga informasinya bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.