10 Hal Penting Sebelum Mengadakan Playdate untuk Anak di Rumah

Playdate meningkatkan perkembangan keterampilan sosial dan emosional balita di lingkungan yang aman

16 Mei 2022

10 Hal Penting Sebelum Mengadakan Playdate Anak Rumah
Pexels/Monika Balciuniene

Mempelajari cara berinteraksi dan bermain dengan anak-anak lain adalah keterampilan hidup yang penting untuk diperoleh setiap anak sejak usia dini.

Kegiatan seperti playdate adalah cara yang bagus untuk membantu meningkatkan perkembangan keterampilan sosial dan emosional balita di lingkungan yang aman dan menyenangkan, seperti di rumah.

Sebagai orangtua, penting bagi Mama untuk memberi si KJecil banyak kesempatan untuk bermain dengan anak-anak usia sebayanya.

Jika Mama ingin mengadakan playdate di rumah, berikut Popmama.com telah merangkum 10 hal penting sebelum mengadakan playdate untuk anak.

Simak cara-caranya di bawah ini ya, Ma!

1. Pilih teman bermain yang cocok dengan anak

1. Pilih teman bermain cocok anak
Pexels/Eren Li

Beberapa anak berinteraksi lebih baik dengan beberapa teman sebaya daripada yang usianya lebih muda atau lebih besar, dan ini tidak apa-apa.

Sehingga penting bagi Mama untuk memilih teman playdate yang cocok dengan si Kecil.

Jika anak pemalu, Mama mungkin ingin memilih teman yang lebih pendiam. Namun jika anak suka berlari dan aktif, anak yang juga senang bermain di luar akan menjadi pasangan bermain yang cocok.

2. Bekerja sama dengan orangtua dari teman playdate anak

2. Bekerja sama orangtua dari teman playdate anak
Freepik/Racool_studio

Akan selalu menjadi ide yang baik untuk bertemu dengan orangtua dari teman si Kecil sebelum tanggal bermain. Ini dapat membantu Mama mengenal satu sama lain dan saling berbagi pendapat tentang dinamika selama playdate.

Jika perlu Mama juga dapat menanyakan karakteristik atau minat anak-anak mereka, untuk mencari tahu bagaimana kecocokannya dengan anak mama.

Mama juga bisa meminta mereka untuk membawakan beberapa mainan favorit, agar setiap anak bisa mencoba mainan-mainan baru.

3. Tetapkan beberapa aturan dasar

3. Tetapkan beberapa aturan dasar
Freepik

Sebelum playdate dimulai, ada baiknya bagi Mama sebagai tuan rumah untuk menetapkan beberapa aturan dasar. Ini bisa dijelaskan juga pada orangtua lainnya.

Ketika Mama melakukan ini, orang dewasa dan anak-anak akan tahu apa yang diharapkan dari mereka, yang membantu menghilangkan kebingungan atau kejutan tak terduga terkait perilaku.

Beberapa aturan dasar umum meliputi:

  • Tidak memukul atau menggigit
  • Tidak ada panggilan nama
  • Dilarang berebut mainan
  • Selalu ucapkan "Maaf", "Tolong", dan "Terima kasih"
  • Hormati mainan dan barang milik satu sama lain

4. Pastikan balita cukup istirahat dan diberi makan sebelum playdate

4. Pastikan balita cukup istirahat diberi makan sebelum playdate
Freepik/Gpointstudio

Tidak ada orang dewasa atau anak-anak yang ingin jadwal playdatenya menjadi rusak, karena si Kecil yang rewel karena lapar dan lelah.

Sehingga, pastikan anak Mama cukup istirahat dan memberikannya makanan yang sehat dan penuh energi sebelum playdate.

Ini akan membantu memastikan bahwa balita berada dalam suasana hati yang baik dan memiliki banyak energi untuk menikmati waktu bersama teman-temannya.

Editors' Picks

5. Menyediakan snack dan minuman

5. Menyediakan snack minuman
Freepik/awesomecontent

Jika Mama menjadi tuan rumah playdate kali ini, jangan lupa untuk menyiapkan snack atau camilan dan minuman. 

Dalam hal camilan, memberikan makanan ringan dan minuman yang sehat, akan memastikan bahwa setiap anak-anak akan berenergi dan terhidrasi selama bermain.

Menyiapkan air dingin dalam botol atau susu kotak adalah pilihan yang bagus, karena mereka cukup kecil untuk dipegang oleh tangan-tangan kecil, dan lebih aman dari tumpah.

6. Dorong anak untuk mencoba hal-hal baru

6. Dorong anak mencoba hal-hal baru
Pexels/Cottonbro

Saat anak-anak mengikuti playdate, ada kemungkinan besar mereka akan menemukan beberapa permainan, aktivitas, dan lingkungan yang belum pernah mereka alami sebelumnya saat bermain sendiri.

Sehingga jadikan playdate ini sebagai kesempatan berharga bagi setiap anak-anak untuk belajar cara bermain dengan orang lain, sambil juga mencoba hal-hal baru yang mungkin mereka ragu untuk mencobanya sendiri.

7. Berhati-hatilah saat menjadwalkan playdate untuk si Kecil

7. Berhati-hatilah saat menjadwalkan playdate si Kecil
Freepik/Racool-studio

Saat Mama menjadwalkan playdate, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, termasuk rutinitas harian, makan, dan tidur siang si Kecil.

Penting untuk memastikan agar playdate tidak mengganggu waktu tidur siang atau makan anak. Selain itu, pastikan waktu bermain cukup lama sehingga anak-anak dapat menikmati bermain bersama.

Tetapi juga jangan terlalu lama, karena ini mencegah mereka menjadi terlalu lelah yang berisiko menyebabkannya mudah tersinggung.

8. Siapkan ruang bermain yang bersih dan aman

8. Siapkan ruang bermain bersih aman
Freepik/prostooleh

Jika Mama mengadakan playdate di rumah, pastikan juga untuk menyiapkan area bermain yang memadai sebelum playdate dimulai.

Setelah menetapkan area, bersihkan area tersebut dari benda-benda yang dapat menimbulkan bahaya keamanan, seperti meja dengan ujung lancip, barang pecah belah, dan lain-lain.

Sebaliknya, jika Mama membawa anak ke rumah orang lain untuk bermain, tanyakan kepada orangtuanya apakah ada sesuatu yang dapat Mama bawa, seperti makanan ringan atau minuman tambahan.

9. Rencanakan beberapa kegiatan yang menyenangkan

9. Rencanakan beberapa kegiatan menyenangkan
Freepik

Ada begitu banyak kegiatan menyenangkan yang dinikmati anak-anak, dan penting bagi mereka untuk bersenang-senang tanpa mendapat masalah atau merasa tidak aman.

Pastikan Mama memiliki beberapa aktivitas cadangan yang siap, jika aktivitas yang direncanakan gagal. Pilih apa saja seperti susun balok, bermain LEGO, permainan papan, playdough, atau seni dan kerajinan.

10. Bersiaplah untuk bergabung

10. Bersiaplah bergabung
Freepik/coffeekai

Daripada duduk santai saat anak-anak bermain, disarankan agar Mama dan para orangtua lainnya bersedia untuk bergabung dalam kegiatan tersebut.

Ini juga bertujuan untuk mengawasi anak-anak jika memerlukan bantuan atau jika keadaan menjadi tidak terkendali. Tentu ini akan menambah kesenangan bagi anak-anak, ketika orangtua mereka juga suka bermain.

Jadi ada baiknya untuk terlibat dari waktu ke waktu ya, Ma!

Nah itulah 10 hal penting sebelum mengadakan playdate untuk anak di rumah. Playdate adalah cara yang menyenangkan dan luar biasa untuk memperkaya keterampilan sosial anak.

Dengan mengikuti tips di atas, diharapkan Mama dapat memastikan bahwa playdate untuk si Kecil akan berjalan lancar dan menyenangkan! Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk