Tak Hanya Mengkuti Tren, Ini Dia Manfaat Playdate!

Yuk, ajak si Kecil playdate untuk mendapatkan manfaat playdate!

11 September 2018

Tak Ha Mengkuti Tren, Ini Dia Manfaat Playdate
FreepikPressfoto.ru

Belakangan, playdate memang menjadi sebuah tren. Mama yang memiliki anak, pasti pernah merancang kegiatan playdate bersama teman yang memiliki anak dengan usia sebaya bukan? Ya, playdate memang menjadi ajang bermain sekaligus bersosialisasi para Mama ditengah kesibukannya.

Namun tahukah Mama, playdate ternyata tak hanya sekedar bermain saja. Ada manfaat playdate yang bisa diperoleh si Kecil lho!

Ingin tahu apa saja? Ini dia!

1. Mengajarkan anak bersosialisasi

1. Mengajarkan anak bersosialisasi
FreepikPressfoto.ru

Tak hanya Mama saja yang perlu bersosialisasi, si Kecil juga harus diajarkan untuk bersosialisasi sejak dini agar ia mampu beradaptasi dengan orang baru atau lingkungan baru dengan mudah nantinya.

Playdate menjadi “ruang sosial” si Kecil dalam mengenal orang lain ditengah keterbatasan lingkungan bermain yang kini kurang mendukung. Mama yang memiliki anak pemalu atau pendiam rasanya harus mencoba mengajak anak untuk playdate dengan anak lainnya agar secara perlahan sifat pemalunya dapat berkurang.

Baca juga: 6 Cara agar Anak Pemalu Berani Tampil di Depan Umum

2. Mengajarkan anak berbagi

2. Mengajarkan anak berbagi
Pexels/Pixabay

Tak hanya bersosialisasi, manfaat playdate lainnya adalah mengajarkan si Kecil untuk berbagi mainan dengan teman sepermainannya. Dengan mengajaknya playdate, anak bisa memahami bahwa perlu untuk berbagi satu sama lain saat sedang main bersama.

Editors' Picks

3. Merangsang kecerdasaan emosi

3. Merangsang kecerdasaan emosi
Freepik/Rawpixel.com

Karena bertemu dengan anak yang berbeda karakter, maka manfaat playdate lainnya yang bisa diperoleh adalah terangsangnya kecerdasaan emosi si Kecil.

Sebab playdate dapat memberikan pelajaran tentang mengolah kecerdasan emosi kepada anak dalam membangun empati, negoisasi, dan tenggangrasa ataupun menghargai sudut pandang anak lain saat bermain bersama.

4. Merangsang perkembangan motoriknya

4. Merangsang perkembangan motoriknya
Freepik

Permainan-permainan non-digital yang dimainkan saat playdate dapat mengasah kemampuan motorik anak dengan baik Ma. Dengan berbagai macam pilihan mainan yang bisa dilakukan sesuai dengan usianya, pengetahuan anak juga akan semakin bertambah. Menarik kan manfaat playdate.

5. Anak aktif bergerak

5. Anak aktif bergerak
Freepik/Prakasit Khuansuwan

Karena kini ruang bermain anak sangatlah minim, playdate dapat menjadi “tempat” untuk anak aktif bergerak. Mama bisa menyusun rencana bersama teman mengenai playdate seru yang bisa dilakukan bersama dan membuat anak aktif bergerak.

Bermain bola, berlari atau menikmati jalan kaki bersama di taman bisa menjadi pilihan permainan yang bisa menuntut anak untuk aktif bergerak.