5 Penyesalan Orangtua Jika Mengabaikan Masa Golden Age Anak

Pahami pentingnya golden age bagi anak dalam masa tumbuh kembangnya

26 Juni 2020

5 Penyesalan Orangtua Jika Mengabaikan Masa Golden Age Anak
Freepik

Golden Age adalah saat usia anak berkisar antara 0 sampai 5 tahun, pada usia tersebut menjadi masa yang penting bagi orangtua untuk memberikan didikan yang dapat membentuk karakter anak kedepannya.

Masa ini juga sangat krusial, karena pada usia golden age anak dengan segala rasa ingin tahunya dapat diarahkan dengan sesuai. Orangtua perlu memanfaatkannya secara maksimal, agar anak dapat tumbuh dengan baik.

Namun, tak jarang orangtua yang mengabaikan pentingnya usia golden age anak yang pada akhirnya akan menyesal.

Berikut ini Popmama.com akan mengulas tentang 5 hal yang perlu diketahui agar lebih peduli dan memperhatikan anak saat masa golden age nya, di bawah ini.

1. Tak hadir sepenuhnya karena sulit membagi waktu antara pekerjaan dan mengasuh anak

1. Tak hadir sepenuh karena sulit membagi waktu antara pekerjaan mengasuh anak
Freepik/Veresproduction

Merupakan tantangan bagi orangtua yang bekerja sekaligus mengurus anak. Namun sayangnya seringkali orangtua menghadapi kesulitan dalam membagi waktunya dalam pekerjaan dan mendidik anak, sehingga harus melewati masa-masa golden age pada anak.

Yang akhirnya seringkali kebutuhan anak akan kehadiran orangtua secara fisik dan sepenuh hati jadi kurang sempurna. Hal ini juga berpengaruh bagi perkembangan anak di mana kedekatan emosional dengan orangtua yang kurang kuat.

Sayangnya, orangtua melewati masa penting golden age yang di mana dapat menanamkan kepercayaan anak akan orangtua untuk memberinya rasa aman, nyaman, dan ada ketika saat dibutuhkan

Editors' Picks

2. Kurangnya kesadaran jika orangtua merupakan role model bagi si Kecil

2. Kurang kesadaran jika orangtua merupakan role model bagi si Kecil
Freepik/prostooleh

Orangtua merupakan sosok yang sudah dewasa, baik umur dan mental. Sehingga memiliki pemikiran serta perilaku yang matang dalam menghadapi sesuatu, termasuk selalu memperbaiki diri jika merasa keliru.

Hal ini juga penting dalam masa golden age anak, di mana orangtua perlu menjadi role model bagi si Kecil. Karena segala ucapan dan perilaku dapat dilihat dan bisa saja ditiru oleh anak. Sehingga tunjukkan pada anak bahwa penting untuk menjaga sikap dan bertutur kata.

3. Mengabaikan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi anak

3. Mengabaikan memberikan pengalaman menyenangkan bagi anak
Freepik/ jcomp

Masa-masa golden age merupakan masa di mana kapasitas memori anak untuk merekam dengan kuat segala kejadian semasa kecilnya. Sehinggam orangtua perlu memberikan kesan maupun kenangan yang baik dalam menjalankan perannya untuk mendidik anak.

Kenangan yang baik seperti bermain dan bercanda bersama akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi anak. Namun, jika orangtua mengabaikannya pada masa ini, anak akan merasa semakin jauh dengan orangtuanya dan dapat kurang terbuka dengan orangtuanya.

4. Menuntut anak untuk melakukan hal-hal yang belum sesuai dengan usia anak

4. Menuntut anak melakukan hal-hal belum sesuai usia anak
Freepik/fwstudio

Terkadang orangtua seringkali menuntut anak untuk melakukan hal-hal yang mungkin belum sesuai dengan usia anak, seperti membaca maupun berhitung di usia 4 tahun. Tentunya, anak dapat merasa tertekan karena saat pada usia golden age adalah masa-masa untuk bermain.

Jika ingin sesekali melatih anak membaca atau berhitung, ajaklah ia cara bermain sambil belajar agar ia tetap merasa gembira. Menurut psikolog Elly Risman, banyak orang dewasa yang kekanakan hal ini disebabkan karena tuntutan orangtua pada anak di masa bermainnya.

5. Abai dalam mendidik anak serta kurangnya pengetahuan dalam hal mengasuhnya

5. Abai dalam mendidik anak serta kurang pengetahuan dalam hal mengasuhnya
Freepik

Bagi beberapa orangtua terutama yang baru pertama kali memiliki anak, seringkali abai dalam mendidik anak ditambah dengan kurangnya pengetahuan dalam hal mengasuh anak, yang terkadang membuat orangtua bersikap seakan tidak memperhatikan kondisi psikologis anak.

Sehingga tujuan dalam mendidik anak kurang dipersiapkan dengan baik, padahal orangtua memiliki tanggung jawab dalam membangun generasi yang lebih baik dan menciptakan anak yang unggul.

5 hal diatas merupakan sesuatu yang nantinya akan disesalkan jika Mama atau Papa acuh pada saat masa golden age anak.

Jika orangtua masih berkarier, penting untuk belajar dalam membagi waktu antara karier dan mengasuh anak, manfaatkan waktu saat di rumah dengan anak agar ia akan merasa nyaman dan selalu dekat dengan orangtuanya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.