11 Makanan dan Minuman dengan Nutrisi agar Anak Tumbuh Tinggi

Nutrisi memainkan peran utama dalam mendorong pertumbuhan dan perkembangan yang sehat dan tepat

16 Juli 2021

11 Makanan Minuman Nutrisi agar Anak Tumbuh Tinggi
Freepik/Rawpixel-com

Setiap orangtua tentunya ingin memiliki anak dengan pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Salah satu faktor yang memainkan peran kunci dalam perkembangan yang sehat adalah tinggi badan si Kecil.

Walaupun tinggi badan sangat bergantung pada genetik, mendapatkan nutrisi yang cukup dalam makanan anak sangat penting untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan yang tepat.

Tumbuh kembang anak dapat dimaksimalkan dengan memberikan makanan kaya nutrisi. Sebab nutrisi yang terserap merupakan kunci untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Makanan tertentu dapat membantu anak mendapatkan tinggi badan yang optimal dengan menjaga tulang, persendian, dan tubuh tetap sehat dan kuat. Untuk itu, Mama perlu memerhatikan nutrisi agar anak tumbuh tinggi.

Berikut ini Popmama.com akan membahas 11 makanan yang memiliki nutrisi agr anak dapat tumbuh tinggi.

1. Kacang polong

1. Kacang polong
PIxabay/realme

Kacang sangat bergizi dan merupakan sumber protein yang sangat baik. Dilansir dari Healthline, protein telah terbukti meningkatkan kadar faktor pertumbuhan seperti insulin 1 (IGF-1), hormon penting yang mengatur pertumbuhan pada anak-anak.

Kacang juga kaya akan zat besi dan Vitamin B, yang dapat membantu melindungi anak dari anemia, suatu kondisi yang ditandai dengan kurangnya sel darah merah yang sehat dalam tubuh.

Tidak hanya zat besi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan jaringan, tetapi menurut sebuah penelitian di tahun 2018 dengan judul "Anemia and growth", anemia defisiensi besi juga dapat menyebabkan keterlambatan pertumbuhan pada anak-anak.

Selain itu, kacang kaya akan beberapa nutrisi lain, seperti serat, tembaga, magnesium, mangan, dan zinc.

2. Ayam

2. Ayam
Freepik/azerbaijan_stockers

Ayam dikenal kaya akan protein dan berbagai nutrisi penting lainnya, ayam bisa menjadi tambahan yang sangat baik untuk diet sehat.

Dalam jurnal National Centre of Biotechnology Information, sebuah penelitian di tahun 2015 mengatakan bahwa ayam sangat tinggi Vitamin B12, vitamin yang larut dalam air yang sangat penting untuk tumbuh lebih tinggi.

Tak hanya itu, ayam juga sarat dengan taurin, asam amino yang mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang, serta merupakan sumber niasin, selenium, fosfor, dan vitamin B6 yang baik.

Terlebih lagi, ayam sarat dengan protein, mengandung sekitar 20 gram dalam porsi 3 ons (85 gram). Meskipun memiliki profil nutrisi yang tepat, ini dapat sedikit berbeda berdasarkan metode pemotongan dan memasaknya.

3. Kacang almond

3. Kacang almond
Freepik/8photo

Almond penuh dengan banyak vitamin dan mineral yang diperlukan untuk tumbuh lebih tinggi. Selain membawa sejumlah lemak sehat, almond juga tinggi serat, mangan, dan magnesium 

Plus, almond kaya akan Vitamin E, vitamin yang larut dalam lemak yang berfungsi ganda sebagai antioksidan.

Almond juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Dalam satu penelitian kecil pada 14 orang, mengonsumsi almond ditemukan dapat menghambat pembentukan osteoklas, yang merupakan jenis sel yang memecah jaringan tulang. 

Sebuah penelitian berjudul "Vitamin E Inadequacy in Humans: Causes and Consequences" di tahun 2014 mengatakan, kekurangan vitamin penting ini dapat menimbulkan efek samping yang serius, termasuk pertumbuhan terhambat pada anak-anak .

4. Sayuran hijau

4. Sayuran hijau
Pexels/Daria Shevtsova

Sayuran hijau, seperti bayam, kangkung, arugula, dan kol, adalah superfood dalam hal nutrisi.

Jumlah nutrisi yang tepat bervariasi di antara berbagai jenis, namun sayuran hijau umumnya menawarkan jumlah Vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, dan kalium yang terkonsentrasi.

Mereka juga kaya akan Vitamin K, nutrisi yang dapat meningkatkan kepadatan tulang untuk mendukung peningkatan pertumbuhan tinggi badan anak.

Sebuah studi di tahun 2009 pada 103 perempuan, bahkan menunjukkan bahwa asupan sayuran secara teratur dikaitkan dengan risiko penurunan massa tulang yang jauh lebih rendah.

Sayuran hijau seperti yang disebutkan di atas memang diakui manfaatnya sebagai nutrisi agar anak tumbuh tinggi.

Editors' Picks

5. Yoghurt

5. Yoghurt
Freepik/Racool_studio

Yoghurt adalah sumber yang bagus dari beberapa nutrisi penting yang penting untuk pertumbuhan, termasuk protein. Dalam 200 gram greek yoghurt, hampir memiliki 20 gram protein.

Beberapa jenis yoghurt tertentu juga mengandung probiotik, yaitu jenis bakteri menguntungkan yang dapat membantu mendukung kesehatan usus.

Selain meningkatkan fungsi kekebalan dan mengurangi peradangan, terdapat dua penelitian di tahun 2013 dan 2015 yang menunjukkan bahwa probiotik dapat membantu meningkatkan pertumbuhan pada anak-anak 

Yogurt juga merupakan sumber yang sangat baik dari beberapa nutrisi yang terlibat dalam metabolisme tulang, termasuk kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium.

6. Ubi jalar

6. Ubi jalar
Freepik/dashu83

Ubi jalar dikenal akan kekayaannya pada kandungan Vitamin A, yang dapat meningkatkan kesehatan tulang dan membantu anak tumbuh lebih tinggi.

Ubi jalar juga mengandung serat larut dan tidak larut, yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan mendorong pertumbuhan bakteri usus yang baik.

Dilansir dari Healthline, memertahankan mikrobioma usus yang sehat juga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi untuk memastikan bahwa anak mendapatkan vitamin dan mineral yang ia butuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Ditambah lagi, ubi jalar dikemas dengan nutrisi penting lainnya, termasuk Vitamin C, mangan, vitamin B6, dan potasium.

7. Quinoa

7. Quinoa
Freepik/KamranAydinov

Quinoa adalah jenis biji-bijian yang memiliki kandungan gizi tinggi. Quinoa menjadi salah satu dari sedikit makanan nabati yang dianggap sebagai protein lengkap, artinya mengandung semua sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh.

Quinoa juga merupakan sumber magnesium yang sangat baik, komponen penting dari jaringan tulang yang dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang.

Selain itu, setiap porsi quinoa mengandung mangan, folat, dan fosfor dalam dosis tinggi, yang semuanya penting untuk kesehatan tulang anak.

8. Telur

8. Telur
Freepik/Timolina

Asupan telur tentu sudah tak asing lagi bagi si Kecil. Untungnya, telur dikemas dengan kekayaan proteinnya. Dalam satu telur besar memiliki kandungan 6 gram protein.

Ditambah lagi, telur mengandung banyak vitamin dan mineral lain yang diperlukan untuk pertumbuhan, termasuk Vitamin D, yang dapat meningkatkan penyerapan kalsium untuk membantu menjaga kesehatan tulang.

Satu penelitian kecil di tahun 2017 yang terdapat pada jurnal Plos One, menemukan bahwa, memberi asupan Vitamin D pada anak-anak dengan kadar vitamin D rendah, dapat menghasilkan peningkatan pertumbuhan selama periode 6 bulan.

Terlebih lagi, satu penelitian di tahun 2018 pada 874 anak-anak mengamati bahwa makan telur secara teratur dikaitkan dengan peningkatan tinggi badan dalam waktu beberapa bulan.

9. Buah beri

9. Buah beri
Freepik/topntp26

Buah beri, seperti blueberry, stroberi, blackberry, dan raspberry, dikenal penuh dengan nutrisi penting. Mereka sangat tinggi Vitamin C, yang mendorong pertumbuhan sel dan perbaikan jaringan.

Tak hanya itu, Vitamin C juga meningkatkan sintesis kolagen, yang merupakan protein paling melimpah di tubuh.

Dua studi di tahun 2006 dan 2018, menunjukkan bahwa kolagen dapat meningkatkan kepadatan tulang dan meningkatkan kesehatan tulang, yang dapat membantu anak tumbuh lebih tinggi.

Buah beri juga menawarkan berbagai vitamin dan mineral lainnya, termasuk serat, vitamin K, dan mangan

10. Ikan salmon

10. Ikan salmon
Freepik/Racool_studio

Salmon adalah ikan berlemak yang sarat dengan asam lemak omega-3. Sebuah penelitian berjudul "IN TIME: IMPORTANCE OF OMEGA 3 IN CHILDREN’S NUTRITION" di tahun 2017, mengatakan bahwa asam lemak omega-3 adalah jenis lemak sehat jantung yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat terlibat dalam kesehatan tulang dan dapat meningkatkan pergantian tulang untuk memaksimalkan pertumbuhan.

Ditambah, kadar asam lemak omega-3 yang rendah dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko masalah tidur pada anak-anak, sering diketahui dapat memengaruhi pertumbuhan secara negatif.

Selain itu, salmon juga kaya akan protein, Vitamin B, selenium, dan potasium

11. Susu

11. Susu
Freepik/jcomp

Sejak usia dini, anak telah dikenalkan dengan 4 sehat 5 sempurna, yaitu makanan pokok, lauk pauk, sayur-sayuran, buah-buahan, dan dilengkapi dengan susu. Inilah yang membuat susu sering dianggap sebagai komponen kunci dari pola makan yang sehat dan menyeluruh.

Susu juga dapat membantu mendukung pertumbuhan dengan memasok beberapa nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang, termasuk kalsium, fosfor, dan magnesium. Selain itu, susu kaya akan protein, dengan hampir 8 gram nutrisi dalam satu porsi 1 cangkir (244 ml).

Tidak hanya itu, penelitian di tahun 2018 menunjukkan bahwa susu sapi dapat merangsang peningkatan pertumbuhan pada anak-anak dan dapat membantu mendukung penambahan berat badan dan pembentukan otot.

Namun, susu harus dihindari jika anak memiliki alergi atau intoleransi.

Itulah makanan dan minuman mengandung nutrisi agar anak tumbuh tinggi dan sehat. Nutrisi memainkan peran utama dalam mendorong pertumbuhan dan perkembangan yang sehat dan tepat.

Mengisi pola makan anak dengan berbagai makanan bergizi tak hanya dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga membantunya untuk tumbuh lebih tinggi.

Oleh karena itu, penting untuk memberikan anak makanan sehat dan kaya nutrisi untuk memastikannya mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh dalam masa tumbuh kembang.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.