12 Pengobatan Alami yang Efektif Mengatasi Anak Sering Muntah

Waspada jika anak sudah sering muntah ya, Ma!

30 Juli 2021

12 Pengobatan Alami Efektif Mengatasi Anak Sering Muntah
Freepik/9nong

Muntah pada anak tidak selalu menjadi masalah serius. Biasanya, muntah disebabkan oleh bakteri, mabuk perjalanan, atau keracunan makanan. Sehingga Mama tidak perlu panik atau khawatir jika anak tiba-tiba muntah.

Namun, jika anak menjadi sering muntah, di sini Mama perlu waspada. Mama bahkan mungkin berpikir untuk memberikan beberapa obat kepadanya. Tapi kebanyakan anak kecil tidak suka minum obat.

Jika si kecil juga sulit minum tablet, Mama harus mempertimbangkan beberapa pengobatan rumahan untuk mengatasi muntah. Pada artikel berikut ini, Popmama.com akan membahas beberapa pengobatan rumahan yang efektif untuk mengatasi anak yang sering muntah.

Yuk simak!

1. Tingkatkan asupan cairannya

1. Tingkatkan asupan cairannya
Freepik/User21314081

Jika anak sering muntah, ia mungkin mengalami dehidrasi dan merasa lelah. Penting bagi Mama untuk meningkatkan asupan cairannya untuk mengganti cairan yang hilang di tubuhnya akibat muntah.

Buat dia menyesap cairan secara perlahan karena minum terlalu banyak air atau cairan lain mungkin akan membuatnya semakin mual dan muntah.

Selain itu, jangan memberikan makanan padat apapun pada anak setidaknya selama 12 jam setelah serangan muntahnya berhenti. Untuk menggantinya, Mama bisa memberikan anak sup sayuran ringan atau kaldu bening untuk membuatnya merasa lebih baik.

2. Sari jahe dan madu

2. Sari jahe madu
Freepik

Jahe bekerja dengan baik untuk mual dan muntah. Caranya pun mudah yaitu dengan parut jahe, peras sari jahe parut dan tambahkan beberapa tetes madu untuk membuatnya lebih nikmat.

Berikan kepada anak dua atau tiga kali sehari. Campuran sari jahe dan madu tidak hanya akan menyembuhkan mual, tetapi juga membantu proses pencernaan.

3. Ekstrak daun mint

3. Ekstrak daun mint
Freepik/ArthurHidden
Dok. Jovee

Daun mint segar sangat efektif untuk muntah dan mual. Haluskan beberapa daun mint segar dan ekstrak sarinya. Ambil sekitar satu sendok makan sari daun mint dalam mangkuk dan tambahkan satu sendok teh jus lemon ke sari daun mint tersebut.

Mama bisa menambahkan sedikit madu ke dalam campuran ini untuk meningkatkan rasanya. Sebagai alternatif, Mama juga dapat memberikan beberapa lembar daun mint segar untuk dikunyah oleh anak.

4. Air beras

4. Air beras
Freepik/Jcomp

Air beras membantu menyembuhkan muntah akibat gastritis. Beras putih adalah pilihan yang lebih baik daripada beras merah saat membuat air beras. Caranya yaitu dengan mengambil secangkir beras putih dan rebus dengan dua gelas air.

Rebus beras setengah matang lalu saring kelebihan air atau patinya, dan minta anak minum air beras ini untuk menghentikan muntahnya.

5. Biji kapulaga

5. Biji kapulaga
Freepik/Formatoriginal

Salah satu pengobatan rumahan yang paling efektif untuk muntah pada anak-anak adalah biji kapulaga. Biji kapulaga dapat memberikan efek menenangkan pada perut anak, dan juga dapat membantu meredakan mual dan muntah.

Giling setengah sendok teh biji kapulaga, tambahkan sedikit gula dan berikan campuran ini kepada anak untuk meredakan muntahnya.

Editors' Picks

6. Cengkeh

6. Cengkeh
Freepik

Cengkeh dapat membantu pencernaan dan dapat meredakan muntah. Jika anak sedikit lebih besar dan bisa mengunyah cengkeh, berikan ia satu untuk dikunyah.

Namun jika anak tidak suka mengonsumsinya secara langsung, Mama juga bisa membuat teh cengkeh dengan merebus beberapa siung dalam secangkir air. Kemudian tambahkan satu sendok teh madu, dan berikan kepada anak Anda.

7. Biji adas

7. Biji adas
Freepik/Zardin

Biji adas dapat membantu menenangkan saluran pencernaan. Sifat antimikroba dari biji adas bekerja secara efektif untuk mual dan muntah pada anak-anak. Rebus satu sendok teh biji adas dalam air selama sekitar sepuluh menit.

Kemudian saring dan berikan kepada anak. Mama bisa memberikannya kepada anak sekitar tiga hingga empat kali sehari.

8. Cuka sari apel

8. Cuka sari apel
Freepik/rawpixel.com

Sifat antimikroba dari cuka sari apel bekerja sangat baik untuk mencegah mual dan muntah. Cuka sari apel juga dapat menenangkan perut dan membantu detoksifikasi juga. Cara pemberiannya yaitu dengan mencampurkan satu sendok teh cuka sari apel dan madu dalam segelas air, kemudian minta anak untuk meminumnya sepanjang hari.

9. Campuran air bombay dan sari jahe

9. Campuran air bombay sari jahe
Freepik/stockking

Bawang dikenal kaya akan sumber antibiotik alami. Mama dapat mencegah serangan muntah anak secara efektif dengan jus bawang. Ambil bawang bombay dan sari jahe dengan jumlah yang sama dalam mangkuk dan aduk rata.

Buat anak menyesap campuran ini beberapa kali sehari. Sebagai alternatif, Mama juga bisa menambahkan madu organik ke dalam sari bawang untuk meredakan mual dan muntah.

10. Biji jintan

10. Biji jintan
Freepik/sommail

Biji jintan dapat meredakan masalah pencernaan dengan merangsang sekresi enzim pankreas. Biji jintan juga dapat memberikan kelegaan dari rasa mual yang dialami anak setelah muntah.

Cara pemberiannya yaitu dengan bakar satu sendok teh biji jintan. Kemudian taburkan bubuk biji jintan ke dalam air hangat dan biarkan anak menyesapnya perlahan.

Mama juga bisa menambahkan sedikit bubuk pala ke dalamnya. Cara lain pemberian biji jintan adalah dengan mencampurkannya dengan bubuk kapulaga dan madu. Minta anak menjilat campuran ini secara perlahan.

11. Teh kamomil

11. Teh kamomil
Freepik/tetenio

Chamomile atau kamomil dikenal dengan khasiatnya yang menenangkan tubuh. Ini juga bekerja dengan baik dalam membantu pencernaan dan mendorong tidur nyenyak pada anak serta mencegah mual.

Untuk mengatasi mual dengan teh kamomil yaitu dengan memasukkan satu sendok teh kamomil ke dalam air panas dan tambahkan madu ke dalamnya. Berikan teh ini kepada anak dua hingga tiga kali sehari.

12. Minyak lavender

12. Minyak lavender
Freepik/Sandimage

Minyak aromatik ini akan membuat si Kecil merasa segar. Minyak lavender ini bahkan dapat membantu menyembuhkan sakit kepala yang berhubungan dengan mual dan membuat anak tidur lebih nyenyak.

Mama dapat menuangkan beberapa tetes minyak lavender ke bantal atau sapu tangan anak dan biarkan ia menghirupnya agar merasa lebih baik.

Nah itulah beberapa pengobatan rumahan yang mudah yang dapat Mama berikan segera pada anak ketika muntah. Namun, jika pengobatan ini tidak berhasil untuknya, segera minta bantuan medis. Walaupun bukan masalah serius dan bisa diobati di rumah. Sebaiknya Mama berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan perawatan dan penanganan yang lebih cepat dan efektif.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.