5 Alasan Orangtua Gunakan Smartphone yang Dukung Parenting Ramah Anak

Nggak selalu negatif, smartphone juga bisa digunakan untuk dukung parenting

28 Januari 2022

5 Alasan Orangtua Gunakan Smartphone Dukung Parenting Ramah Anak
Freepik/Lookstudio

Di era seperti sekarang, smartphone menjadi salah satu benda yang dibutuhkan oleh semua orang. Tak hanya memudahkan pekerjaan, tetapi juga bisa membantu para orangtua dalam mendukung parenting untuk buah hatinya.

Meski sering dinilai negatif, penggunaan smartphone bisa lebih efektif jika Mama menggunakannya secara bijak dan tidak berlebihan. Salah satu manfaat dari smartphone dalam mendukung parenting ramah anak adalah untuk memudahkan kegiatan belajar dari rumah.

Selain memudahkan pembelajaran di rumah, berikut Popmama.com telah merangkum 5 alasan orangtua menggunakan smarphone yang mendukung parenting ramah anak

1. Memudahkan anak untuk belajar

1. Memudahkan anak belajar
Dok. Samsung

Penggunaan smartphone banyak digunakan para orangtua untuk menyelesaikan pekerjaan mereka dari rumah. Selain bekerja dan meeting online, orang tua juga harus mempersiapkan anak untuk mengikuti PTM dan mendampingi mereka belajar di rumah atau mengikuti les dan pelajaran tambahan. 

Salah satu smartphone yang bisa memudahkan anak untuk memulai kegiatan belajar dari rumah adalah Samsung Galaxy Tab A8.

Smartphone dengan luas layar 10,5 inci ini akan memberikan kenyamanan untuk anak dalam mengerjakan tugas atau pembelajaran lainnya.

“Samsung menghadirkan Galaxy Tab A8, inovasi manTAB untuk mendukung orang tua masa kini mengelola aktivitasnya. Membantu anak mengerjakan tugas sekolah setelah mereka pulang PTM, mengikuti kelas online, quality time dengan anak, sampai self-care bagi orangtua dengan memori besar, baterai kuat 7.040 mAh dan layar luas 10,5 inci yang nyaman pada Galaxy Tab A8,” kata Annisa Maulina, Product Marketing Manager Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia melalui keterangan tertulis yang diterima oleh Popmama.com.

Editors' Picks

2. Menyegarkan pikiran

2. Menyegarkan pikiran
Pexels/Ketut Subiyanto

Tak sedikit orangtua yang merasa kurangnya waktu bersama dengan anak lantaran kesibukan yang dijalani. Agar tumbuh kembang anak lebih optimal, Mama dan Papa perlu sesekali mengambil waktu istirahat sejenak sembari bermain dengannya.

Melalui smartphone, Mama bisa mengajak anak untuk menonton bersama siaran yang ramah anak dan cocok untuk disaksikan bersama seluruh anggota keluarga.

Sehingga anak pun tak hanya berfokus pada smartphone saja, tetapi juga ada interaksi dengan orangtuanya ketika menyaksikan sebuah acara di layar smartphone tersebut.

Sangat berguna untuk menyegarkan pikiran, serta meningkatkan bonding Mama dengan si Kecil karena waktu yang dihabiskan untuk menonton bersama.

3. Mudah memonitor digital life anak

3. Mudah memonitor digital life anak
Freepik.com/@pch.vector

Di era serba canggih sekarang ini, hampir semua smartphone sudah memiliki fitur parental control, yang dapat membantu Mama untuk bisa mengatur screen time anak dan menentukan aplikasi apa saja yang bisa diakses anak.

Melalui fitur tersebut, Mama bisa lebih membatasi konten atau aplikasi apa saja yang dirasa tidak sesuai dengan usia si Kecil. Sehingga anak tidak dapat mengunduh sembarang aplikasi tanpa persetujuan Mama mau pun Papa.

4. Jadi wadah menyalurkan hobi

4. Jadi wadah menyalurkan hobi
Freepik

Di usia emas si Kecil, tumbuh kembangnya tentu perlu diimbangi dengan pola asuh atau didikan yang optimal. Biarkan anak bereksplorasi untuk memahami banyak hal baru yang ada di sekitarnya.

Ketika Mama melihat anak mulai menyukai sesuatu hal yang baru, seperti menggambar misalnya. Mama bisa memanfaatkan smartphone untuk mengakses internet untuk mencari contoh gambar apa saja yang sekiranya bisa anak gambar di rumah.

Sehingga penggunaan smartphone pada anak nggak selalu negatif kok, Ma. Asal digunakan dengan bijak dan tepat, Mama bisa merasakan manfaat yang akan membantu tumbuh kembang sang buah hati.

5. Quality time bersama anak

5. Quality time bersama anak
Freepik/prostooleh

Selain menonton bersama, Mama juga bisa memanfaatkan smartphone sebagai hiburan dalam mempererat bonding antara orangtua dan anak. Misalnya dengan membacakan buku cerita yang banyak tersedia secara online, atau sekadar bermain game bersama untuk menghibur satu sama lain. 

Melalui cara ini, anak pun juga bisa memahami bahwa penggunaan smartphone tak selalu negatif dan hanya bisa digunakan seorang diri, tetapi bisa menjadi wadah untuk meningkatkan kedekatan dengan orangtua dan juga membantu tumbuh kembangnya.

Itulah alasan orangtua menggunakan smartphone yang mendukung parenting ramah anak. Nggak hanya digunakan untuk keperluan pekerjaan, smartphone yang digunakan dengan bijak juga bisa mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil kok, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk