Mama Perlu Ketahui 9 Game Anak-Anak yang Mengedukasi di Smartphone

Rekomendasi game untuk anak di smartphone

29 Oktober 2021

Mama Perlu Ketahui 9 Game Anak-Anak Mengedukasi Smartphone
Freepik/User18526052

Di era digital saat ini, pengguna smartphone tidak memandang usia, dimulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Jika anak-anak sudah diajari cara menggunakan smartphone, pastikan untuk selalu memantau penggunaan smartphone pada anak-anak, serta pastikan tidak terlalu berlebihan.

Namun, smartphone tidak selalu memberikan dampak buruk bagi anak-anak, sebab terdapat banyak game anak-anak yang memberikan edukasi di smartphone.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum beberapa rekomendasi game anak-anak yang mengedukasi di smartphone, yaitu:

1. Duolingo

1. Duolingo
Dok. Duolingo

Bagi anak-anak yang sering menggunakan smartphone dan ingin bermain game yang mengedukasi, coba unduh Duolingo di Play Store atau Apple Store. Duolingo merupakan aplikasi yang menyediakan fitur belajar bahasa inggris dengan tampilan menarik.

Tidak hanya bahasa inggris, tetapi terdapat 30 bahasa asing lainnya, seperti bahasa korea, italia, spanyol, jepang, dan lain lain.

Tampilan yang menarik dari Duolingo akan membuat anak-anak tertarik untuk belajar asing sambil bermain.

2. Doctor Kids

2. Doctor Kids
https://gentooz.com

Sebelum membiarkan anak-anak mengakses smartphone, pastikan orang tua selalu mengawasi penggunaan smartphone. Orang tua bisa mengunduh game yang menarik sekaligus memberikan edukasi seperti Doctor Kids.

Melalui game ini, orang tua bisa mengetahui apakah anak berminat menjadi dokter dan apakah anak menyukai menjadi dokter.

Aktivitas yang berada dalam game Doctor Kids yaitu pemeriksaan gigi, mata, melakukan X-Ray, dan menggunakan mikroskop.

3. Educational Game for Kids – Math

3. Educational Game for Kids – Math
bankntb.co.id

Jika anak Anda sedang duduk di bangku SD, game Educational Game for Kids – Math akan cocok dengan anak Anda. Permainan ini akan berfokus pada berbagai pertanyaan seputar Matematika dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Level dalam game ini bisa disesuaikan dengan kemampuan anak Anda, jadi dapat dikerjakan secara bertahap. Selain itu, jika anak semakin naik level, maka tingkat kesulitan game matematika ini akan lebih sulit, bahkan melebihi tingkat matematika di SD.

Editors' Picks

4. Preschool Learning Games: Fun Games for Kids

4. Preschool Learning Games Fun Games for Kids
play.google.com

Selanjutnya terdapat game Preschool Learning Games: Fun Games for Kids yang terdiri dari berbagai game, sekitar 15 games. Selama bermain game ini, orang tua bisa mengawasi anak-anak dengan memberikan petunjuk cara permainan.

Orang tua bisa melihat tahap kemampuan anak melalui game dan mengikuti perkembangan anak secara bertahap. Orang tua juga bisa memilih game yang disesuaikan dengan umur anak pada saat bermain game ini.

5. Cooking Mama: Let’s Cook!

5. Cooking Mama Let’s Cook
play.google.com

Anak-anak harus banyak belajar untuk meningkatkan kemampuan otak mereka, salah satunya melalui game anak-anak yang ada pada di smartphone. Game yang paling terkenal dikalangan anak-anak yaitu Cooking Mama: Let’s Cook!

Permainan ini memiliki tema masak-masakan yang diminati oleh anak perempuan, tetapi anak laki-laki yang tertarik dengan masak-masakan juga bisa bermain Cooking Mama. Game ini cukup mudah untuk dimainkan, anak-anak hanya perlu mengikuti petunjuk cara memasak.

6. Educational Games, Memory

6. Educational Games, Memory
https://play.google.com

Educational Games, Memory merupakan salah satu rekomendasi game anak-anak yang mengedukasi. Jika anak ingin bermain game yang berbeda dari sebelumnya, coba unduh game yang bernama Educational Games, Memory.

Inti permainan dalam game ini yaitu melatih daya ingat anak dengan tampilan game yang menarik bagi anak-anak.

Cara kerja permainan Educational Games, Memory yaitu mencari gambar yang berbeda, mengingat letak beberapa barang, dan lain lain. Selain itu, terdapat 3 level dalam game ini, dimulai dari easy, medium, dan hard.

7. Game Anak Edukasi Hewan Laut

7. Game Anak Edukasi Hewan Laut
https://play.google.com

Sebelum memberikan akses smartphone kepada anak, orang tua bisa membantu mengunduh Game Anak Edukasi Hewan Laut agar bisa mengenal biota laut sejak dini. Melalui game ini, anak akan memahami dan menghapal segala jenis hewan laut.

Cara bermain game yang satu ini yaitu anak-anak akan diminta menggambar, menebak nama hewan laut, menyusun puzzle gambar hewan, dan lain lain. Game ini dapat membuat anak belajar sambil bermain.

8. Edukasi Anak Muslim

8. Edukasi Anak Muslim
https://surabaya.proxsisgroup.com

Mengajari agama lebih baik sejak dini dan diajarkan dengan cara yang menarik. Orang tua bisa mengajarkan agama melalui Edukasi Anak Muslim yang tersedia di smartphone dikhususkan untuk anak-anak.

Dalam aplikasi game satu ini, tersedia berbagai surat pendek dan audionya, serta melalui audio tersebut anak akan menghapal surat-surat lebih mudah. Lalu Edukasi Anak Muslim juga bisa diakses secara offline.

9. Block! Heza Puzzle

9. Block Heza Puzzle
https://play.google.com

Terakhir, terdapat Block! Hexa Puzzle yang dimainkan cukup mudah, yakni anak harus menempatkan potongan-potongan balok yang berwarna-warni di tempat yang disediakan. Manfaat dari game ini yaitu melatih ketepatan berpikir seorang anak, sehingga terhitung sebagai game anak yang memberikan edukasi.

Demikian ulasan mengenai rekomendasi game anak-anak yang mengedukasi di smartphone dengan pengawasan orang tua dan membuat anak belajar sambil bermain. Berdasarkan ulasan diatas, bagaimana menurut Anda mengenai game anak-anak yang mengedukasi di smartphone?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk