Idul Adha saat Pandemi, Bolehkah Membawa Anak Salat Berjamaah?

Tetap patuhi protokol kesehatan yang ada ya, Ma

30 Juli 2020

Idul Adha saat Pandemi, Bolehkah Membawa Anak Salat Berjamaah
Unsplash.com/@masjidmpd

Menyambut Idul Adha 2020/1441 H yang jatuh pada Jumat (31/7/2020), seluruh umat muslim di Indonesia akan melaksanakan perayaan Idul Adha yang berbeda dari tahun sebelumnya.

Idul Adha kali ini akan dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 yang masih mewabah di Indonesia. Mengingat masih banyaknya kasus yang terus bertambah, pemerintah mulai mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi aturan kesehatan yang telah disiapkan.

Jika pada perayaan Idul Adha sebelumnya Mama bebas membawa seluruh keluarga termasuk anak-anak, saat ini Mama harus lebih waspada agar anak tetap aman dan tak terpapar virus dari orang lain.

Lantas, amankah orangtua membawa anak salat Idul Adha berjamaah di Masjid? Yuk, simak ulasan Popmama.com berikut ini sebelum menyambut Idul Adha 2020 nanti.

Editors' Picks

1. Dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan

1. Dilaksanakan sesuai protokol kesehatan
Pexels/Talha R

Sesuai dengan surat edaran No SE. 18 Tahun 2020 dari Kemenag, setiap penyelenggaran salat Idul Adha wajib melaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan yang ada.

Jika salat dilaksanakan di Masjid, maka hanya diperbolehkan diikuti oleh sekitar 50 persen dari kapasitas Masjid. Sedangkan jika dilaksanakan di lapangan, maka penyelenggara harus membuat jarak antar jemaah sekitar 1 meter.

Tak hanya itu, penyelenggara juga wajib melaksanakan pengecekan suhu tubuh serta menyediakan fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer di setiap pintu masuk lokasi salat. Serta tidak menjalankan kotak amal kepada jemaah, guna menghindari bersentuhan secara tak langsung antar jemaah.

2. Hal yang perlu disiapkan saat salat Idul Adha berjamaah

2. Hal perlu disiapkan saat salat Idul Adha berjamaah
goodhousekeeping.com

Jika Mama dan keluarga memutuskan salah Idul Adha berjamaah di Masjid atau lapangan sekitar rumah, beberapa hal ini bisa dipersiapkan untuk kemanan dan kenyamaan beribadah. DIantaranya adalah:

  • Membawa alat salat sendiri dari rumah.
  • Mengenakan masker dan pelindung wajah, khususnya bagi anak-anak yang diikutsertakan.
  • Membawa hand sanitizer sendiri agar lebih mudah dan aman.
  • Gunakan sarung tangan untuk mengatisipasi bersentuhan dengan benda atau orang sekitar.
  • Mematuhi jarak aman antar jemaah lain.

3. Amankah membawa anak salat Idul Adha berjamaah?

3. Amankah membawa anak salat Idul Adha berjamaah
Shopee
Ilustrasi

Sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan pemerintah, para orangtua dianjurkan untuk tidak membawa anak saat akan menjalankan salat Idul Adha berjamaah di Masjid. 

Hal ini lantaran anak dan lansia sangat rentan tertular berbagai macam penyakit.

Jika memang terpaksa membawa anak saat akan salah Idul Adha berjamaah di Masjid atau lapangan, Mama harus memastikan seluruh kebutuhan anak tercukupi.

Diantaranya adalah mengenakan masker pada anak dan pelindung wajah agar terhindari dari droplet yang akan menyerangnya. Pastikan juga anak tidak menyentuh benda apapun dan juga tidak bersalaman dengan orang lain. 

Agar anak tidak bersentuhan langsung dengan benda atau orang disekitarnya, Mama bisa mengenakannya sarung tangan agar lebih aman.

Pastikan juga untuk segera kembali ke rumah dan tidak membiarkan anak bermain dengan teman-temannya setelah salat Idul Adha selesai.

Itu dia yang perlu diperhatikan oleh orangtua saat akan membawa anak salat Idul Adha berjamaah. Tetap patuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.