5 Kegiatan Mudah dalam Memperkenalkan Alam dan Hewan pada Anak

Nggak sulit kok, Ma. Coba yuk!

2 Maret 2021

5 Kegiatan Mudah dalam Memperkenalkan Alam Hewan Anak
Freepik/Senivpetro

Memasuki usia balita, si Kecil akan lebih banyak mempelajari hal-hal baru yang ada disekitarnya. Salah satunya mempelajari alam sekitar dan hewan-hewan.

Mempelajari keduanya ternyata juga mampu memberikan manfaat untuk tumbuh kembang anak, Ma. Untuk itu, sebagai orangtua kita perlu memperkenalkan alam dan hewan pada si Kecil sejak usia dini.

Nggak melulu langsung ke alam lepas, memperkenalkan alam dan hewan bisa kok dilakukan dari rumah. Dengan begitu, kegiatan ini akan membantu memicu keingintahuan anak mama tentang dunia di sekitar.

Lantas, apa saja kegiatan yang bisa dilakukan? Yuk, simak rangkuman yang sudah Popmama.com siapkan berikut ini, Ma!

1. Bermain perternakan semut

1. Bermain perternakan semut
Kids.sandiegozoo.org

Meski terdengar aneh, namun kegiatan ini mampu mengajarkan anak tentang alam dan hewan juga lho, Ma. Mengapa demikian?

Sebab kegiatan yang sederhana ini justru sangat menyenangkan bagi anak-anak, Ma. Melalui kegiatan ini, anak-anak dapat mengamati semut jauh lebih mudah daripada yang dapat mereka lakukan di luar.

Mama bisa membeli perlengkapan peternakan semut secara online, atau bisa juga membuat sendiri dengan memberikan semut-semut itu makan serta membuat terowongan atau jalan yang bisa dilalui semut.

Kegiatan ini akan membantu anak mengobservasi kegiatan yang dilakukan semut secara lebih dekat. Anak juga akan menjadi pribadi yang bertanggung jawab karena dengan melakukan peternakan semut, maka mereka harus memberi makan para kerumunan semut tersebut.

Bagaimana, tertarik mencoba di rumah bersama si Kecil?

Editors' Picks

2. Berkebun di rumah

2. Berkebun rumah
Freepik/master1305

Di masa pandemi seperti sekarang, banyak orang yang memulai kegiatan berkebun di rumah. Jika Mama dan Papa merupakan salah satunya, Mama dan Papa bisa lho mengikutsertakan si Kecil dalam berkebun.

Dengan begitu, anak akan mempelajari bagaimana suatu tanaman dapat tumbuh dan mengajarkan pada mereka pentingnya memelihara alam sekitar agar tetap tumbuh.

Tanaman yang mudah dan umum dilakukan oleh usia anak adalah menanam kecambah yang hanya memerlukan bahan sederhana. Kegiatan ini tentu pernah Mama lakukan saat sekolah dulu, sekarang saatnya diterapkan pada anak-anak mama di rumah.

Yuk, coba dan ajak si Kecil menyaksikan bagaimana tanamannya tumbuh!

3. Mempelajari dengan mudah melalui internet

3. Mempelajari mudah melalui internet
Freepik

Sebagai anak generasi milenial, memanfaatkan teknologi internet juga bisa dicoba sebagai cara memperkenalkan alam dan hewan dari rumah, Ma.

Cukup dengan mengunjungi situs-situs edukasi yang dikhususkan untuk anak seperti National Geographic Kids, Switchzoo, serta situs edukasi lainnya yang memperkenalkan alam dan hewan sekitar.

Selain melalui situs-situs edukasi, Mama juga bisa memberikan tayangan edukasi seputar alam dan hewan guna memberikan gambaran secara lebih jelas kepada anak-anak.

Dengan memulai perkenalkan anak melalui situs atau tayangan yang ada, maka akan lebih mudah pula nantinya saat anak terjun langsung ke lapangan. Jadi, kegiatan ini bisa sebagai latihan awal agar anak mengetahui bagaimana alam sekitar serta hewan-hewan di dalamnya.

4. Lakukan proyek Caterpillar-to-Butterfly

4. Lakukan proyek Caterpillar-to-Butterfly
Freepik/wirestock

Untuk kegiatan satu ini, terdapat dua cara yang bisa Mama ajarkan pada anak. Berikut cara-cara yang bisa dipilih:

1. Live kit (Hanya untuk cuaca hangat)

Langkah pertama adalah dengan memesan kit terlebih dahulu. Kit ini umumnya sudah dilengkapi dengan secangkir ulat dan semua yang anak butuhkan dalam menumbuhkannya menjadi kupu-kupu.

Dengan kit ini, Mama dan si Kecil dapat menyaksikan bagaimana ulat bermetamorfosis dan berubah menjadi kupu-kupu. Tentunya ini menjadi kesempatan belajar yang bagus, bukan? Sebab si Kecil bisa melihat ulat bagaimana membuat kepompong dan melihat langsung prosesnya.

Namun perlu diperhatikan, cara satu ini perlu dilakukan pada cuaca yang tak terlalu panas atau tak terlalu dingin. Kemudian, saat ulat sudah berubah menjadi kupu-kupu, biarkan anak untuk melepaskannya ke alam lepas ya, Ma.

2. DIY (Do it Yourself) / Kerajinan tangan

Cara lain adalah melalui kegiatan DIY yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Cara dengan melihat contoh kerajinan yang ada pada internet, kemudian ajak anak untuk menggambarkan telur, ulat, kepompong, dan kupu-kupu dengan cara yang kreatif.

Meski tidak bisa melihat secara langsung bagaimana ulat berubah menjadi kupu-kupu, tetapi ini cara yang menyenangkan untuk mengajari anak-anak tentang siklus hidup kupu-kupu. Mama juga bisa kok memutarkan video tentang kupu-kupu agar anak dapat mengetahui gambaran bagaimana kehidupan ulat menjadi kupu-kupu.

5. Berkeliling sekitar

5. Berkeliling sekitar
Freepik/Rawpixel-com

Saat akhir pekan tiba, Mama dan Papa bisa mengajak si Kecil berkeliling sekitar untuk mengamati alam dan hewan yang ada. Misalnya dengan mengunjungi kebun binatang yang terdapat beragam satwa untuk anak ketahui.

Jika tinggal di kota-kota, umumnya hewan seperti burung, serangga, tupai, tupai, dan bahkan hewan peliharaan manusia bisa dijadikan observasi untuk anak ketahui. Dengan begitu anak akan mempelajari bagaimana hewan tersebut ddapat bertahan hidup dan lain sebagainya.

Nah, itu dia kegiatan mudah yang bisa Mama dan Papa ajarkan pada si Kecil dalam memperkenalkan alam dan hewan. Yuk, coba terapkan di rumah bersama si Kecil.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.