5 Cara Sederhana Membuat Origami Menjadi Berbagai Jenis Hewan

Bisa dilakukan di rumah bersama anak-anak nih, Ma

12 Oktober 2021

5 Cara Sederhana Membuat Origami Menjadi Berbagai Jenis Hewan
Pexels/Miguel Á. Padriñán

Banyak hal yang bisa meningkatkan kreativitas si Kecil. Mulai dari mainan, menggambar, melukis, dan sebagainya. Ternyata kertas warna atau origami bisa juga meningkatkan kreativitas anak-anak.

Origami pun bisa dibuat menjadi berbagai macam bentuknya, mulai dari hewan, bunga, makanan, dan kreasi lainnya. Melipat origami menjadi bermacam-macam jenis hewan bisa membuat anak kreatif, bahkan membantu mereka belajar mengenal binatang. Tentunya hal ini dapat mengasah perkembang otak si Kecil.

Saat memiliki waktu luang, momen melipat origami bersama anak pun bisa meningkatkan bonding

Jika Mama sedang mencari referensi cara membuat kreasi origami yang dibuat menjadi berbagai jenis hewan, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Praktik langsung bersama si Kecil yuk, Ma!

1. Origami berbentuk burung bangau

1. Origami berbentuk burung bangau
Pinterest.com

Untuk membuat burung bangau, Mama perlu melipat kertas segiempat menjadi segitiga. Lalu, buka lipatan segitiga, setalah itu lipat secara vertikal dan horizontal. Lipatan itu akan mempermudah untuk membuat burung bangau karena terbentuknya pola garis.

Lipat segitiga lagi, namun berbeda arah dari yang sebelumnya. Lipat dari arah berlawanan dan tarik ujung segitiga ke dalam. Maka akan terbentuknya bujur sangkar. Setelah itu, tarik sisi ke dalam dan tarik bagian luar pada bagian luarnya.

Lalu, lipat kembali semua sisi ke dalam dan buka lipatan secara berlawanan. Setelah itu, Mama bisa manrik ujung kertas yang akan menjadi sayap. Untuk membuat kepalanya, Mama bisa menarik salah satu sisi.

Editors' Picks

2. Origami berbentuk ikan

2. Origami berbentuk ikan
Pinterest.com

Mama hanya memerlukan kertas origami dan spidol untuk membuat mata ikan. Untuk membuat ikan, lipat membentuk segitiga begitupun juga dengan arah berlawanan. Setelah itu, buka lipatan kembali dan akan terbentuk pola menyilang.

Lalu lipat kertas secara horizontal dan vertikal dan akan membentuk pola garis tambahan. Setelah itu, ambil sisi kanan dan kiri untuk dilipat ke dalam. Untuk bagian bawah, tarik ke dalam hingga membentuk segitiga.

Lalu, lipat kedua sisi ke dalam atau tengah. Maka ikan sudah terbentuk dan sudah bisa membuat mata dan mulut dengan spidol.

3. Origami berbentuk katak

3. Origami berbentuk katak
Pinterest.com

Untuk membuat katak, Mama hanya memerlukan kertas origami. Lipat kertas origami sampai membentuk pola garis silang dan garis horizontal. Lipat membentuk persegi panjang, setelah itu tarik ujung kanan dan kiri ke bagian tengah bawah.

Maka akan terbentuk segitiga, lipat bagian ujung kanan dan kiri ke luar bagian tengah. Setelah itu, bagian yang tadi lipat lagi ke tengah. Bagian tadi lipat ke atas dengan menyisakan sedikit pada bagain sebelumnya.

Sisi tersebut sudah selesai maka sekarang balik dan lipat bagian lain. Lipat ujung bagian kanan dan kiri ke bawah tengah. Setelah itu lipat bagian tadi ke belakang. Mama bisa menjalankan katak dengan menekan bagain tengah pada badan katak.

4. Origami berbentuk kepiting

4. Origami berbentuk kepiting
Pinterest.com

Lipat kertas origami ke ke bawah dan samping kanan atau kiri sehingga membentuk pola garis tanda tambah. Lipat lagi ke atas, lalu tarik sudut kanan dan kiri ke bagian dalam tengah. Setelah itu lipat potongan segitiga ke bagian dalam begitupun juga sisi satunya.

Jika kedua sisi sudah dilipat, maka balikan kertas untuk melipat sisi satunya. Lipat bagian tengah ke bawah, namun jangan semua bagian cukup setengah saja. Lipat sisi ujung kanan dan kiri ke atas untuk membentuk kaki. Setelah itu balik kertas dan beri mata dengan spidol.

5. Origami berbentuk kelinci

5. Origami berbentuk kelinci
Pinterest.com

Untuk membuat kelinci, Mama hanya perlu memerlukan kertas origami dan spidol untuk membuat pola wajah. Caranya adalah lipat kertas membentuk segitiga pada semua sisi. Maka akan terbentuk pola diagonal.

Setelah itu lipat kertas membentuk segitiga dan lipat bagian atas ke bawah sebanyak dua centimeter saja. Lalu lipat ujung sisi keduanya ke arah tengah. Maka akan terbentuk telinga kelinci.

Setelah itu, lipat bagian bawah ke bagian belakang. Namun, lipat sampai bagian tengah saja. Setelah itu, gambar wajah kelinci menggunakan spidol.

Nah, itulah cara membuat origami untuk mengi waktu si Kecil. Yuk, ajarkan anak mengenai seni melipat origami ke dalam berbagai bentuk hewan. Mama bisa menirunya dan mengajarkan langsung kepada si Kecil. 

Yuk Ma, diterapkan langsung bersama anak-anak!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.