Kenapa Anak Mengernyitkan Wajah saat Makan Asam? Ini Penjelasannya

Tak hanya orang dewasa, anak pun demikian. Yuk ketahui alasannya, Ma

17 November 2020

Kenapa Anak Mengernyitkan Wajah saat Makan Asam Ini Penjelasannya
Instagram.com/kanayamialowery

Gadis kecil Kanaya Mia yang namanya banyak dikenal dikalangan onty dan uncle online kembali membuat gemas karena unggahan video di Instagram miliknya ketika ia tengah mencoba meminum perasan jeruk. Rasa asam pada jeruk membuat gadis berusia lima tahun ini mengernyit wajah karena keasaman.

Mulihat reaksinya tentu membuat yang nonton video pendek ini menjadi tertawa.

Tak hanya Kanaya, mungkin anak mama juga pernah alami hal serupa ketika diberikan makanan dengan kandungan asam yang cukup banyak. Bukan begitu, Ma?

Baik anak-anak atau pun orang dewasa, biasanya akan mengalami reaksi alami tubuh ketika merasakan sesuatu yang asam. Salah reaksi alami yang biasa terjadi ialah mengernyitkan wajah.

Lantas, apa sebebarnya penyebab wajah mengernyit ketika mengonsumsi sesuatu yang asam?

Berikut ini Popmama.com telah merangkum penjelasan yang bisa Mama beri tahu pada anak kenapa makan asam membuat wajah mengernyit. Disimak yuk, Ma.

Editors' Picks

1. Rasa asam memiliki kekuatan untuk menggerakkan otot

1. Rasa asam memiliki kekuatan menggerakkan otot
Unsplash/Jeremiah Lawrence

Rasa asam sendiri memiliki hubungan langsung dengan 'acid' atau dalam ilmiah asam berarti menggambarkan banyaknya proton yang terlepas di mulut kita. Meski proton ini tidak benar-benar asam, peneliti menyebutkan tubuh kita berevolusi untuk menafsirkan sifat-sifat proton sebagai asam. 

Untuk itu mengapa manusia membutuhkan asam askorbat atau vitamin C sebagai salah satu penopang hidupnya. Sebab dalam vitamin C mampu menjaga sel dan jaringan kita agar berfungsi normal.

Tanpa vitamin C yang cukup, manusia bisa mengalami penyakit skorbut yang fatal.

Tak hanya pada orang dewasa, anak pun juga harus dicukupi asupan vitamin C hariannya ya, Ma!

2. Penyebab wajah mengernyit saat mengonsumsi sesuatu yang asam

2. Penyebab wajah mengernyit saat mengonsumsi sesuatu asam
Parenting.firstcry.com

Alasan mengapa wajah anak mengernyit saat mengonsumsi sesuatu yang asam sampai saat ini belum diketahui pasti oleh para peneliti. Namun diketahui ada tiga hal yang membuat wajah kita melakukan reaksi demikian.

Seperti yang dikutip dari Live Science, tiiga hal tersebut ialah proton, vitamin C, dan pesta buah-buahan tropis yang dilakukan nenek moyang kita saat masih hidup di pepohonan.

Paul Breslin, profesor di Departemen Ilmu Nutrisi di Rutgers University, New Jersey menjelaskan bahwa wajah yang mengernyit merupakan sebuah respon penolakan atau sinyak baik untuk diri kita ketika mengonsumsi sesuatu yang tak bisa kita terima.

3. Memiliki naluri untuk tak mengonsumsi sesuatu yang berbahaya

3. Memiliki naluri tak mengonsumsi sesuatu berbahaya
wtop.com

Mengernyitkan wajah berarti kita memiliki naluri untuk tak mengonsumsi sesuatu yang berbahaya bagi tubuh. Ini menunjukkan bahwa makanan atau minuman yang sangat asam bisa jadi berbahaya bagi tubuh kita.

Misalnya susu basi yang tak sengaja diminum anak, atau buah yang belum matang. Biasanya wajah anak akan bereaksi mengernyit ketika mengonsumsinya. Meski demikian, tak semua makanan atau minumam memiliki rasa asam yang berbahaya kok, Ma.

Reaksi mengernyitkan wajah bisa saja hanya cara tubuhnya memperingatkan orang lain untuk menjauhi makanan atau minuman tersebut karena mempunyai rasa yang sangat asam.

Itu tadi informasi seputar kenapa makan asam membuat wajah mengernyit. Sudah tahu jawabannya kan, Ma, ketika si Kecil bertanya? Semoga informasinya bermanfaat ya, Ma!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.