9 Makanan Tinggi Kalori yang Baik untuk Kesehatan Anak

Sudahkah kebutuhan kalori anak mama tercukupi?

4 Januari 2021

9 Makanan Tinggi Kalori Baik Kesehatan Anak
Freepik

Makanan dengan kalori tinggi mungkin banyak dihindari bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih. Namun, tak sedikit pula orang yang membutuhkan makanan kalori tinggi untuk menaikan berat badan.

Di usia anak-anak yang masih dalam tahap tumbuh kembangnya, anak tentu membutuhkan asupan nutrisi yang baik untuk kesehatannya. Tetapi tak hanya nutrisi saja, anak juga perlu dicukupi kebutuhan kalorinya, Ma.

Meski kalori sering disebut sebagai pembuat tubuh lebih cepat gemuk, faktanya makanan berkalori tinggi tak selalu buruk kok, Ma. Ini tergantung pada jenis dan sumber makanan yang kita pilih apakah sudah tepat atau belum.

Dengan mengonsumsi makanan mengandung kalori dengan jumlah yang tepat, maka si Kecil pun akan tumbuh dengan sehat tanpa risiko lain yang mengintai. 

Untuk itu, berikut ini Popmama.com telah merangkum 9 jenis makanan yang tinggi kalori dan baik untuk dikonsumsi untuk kesehatan anak-anak mama. Disimak dan coba berikan pada si Kecil yuk, Ma!

1. Keju

1. Keju
Freepik/jcomp

Susu menjadi pilihan tepat dalam membantu tumbuh kembang anak. Salah satu produk susu yang kaya akan kalori serta sumber protein yang baik untuk anak ialah keju.

Berbagai jenis keju seperti cheddar, keju krim, feta, mozzarella, ricotta, parmesan, dan keju cottage dipenuhi dengan protein dan kalsium yang akan membantu tubuh mendapatkan berat badan ideal, otot dan memperkuat tulang. 

Sehingga dengan mengonsumsi makanan satu ini, anak akan mendapat asupan kalori yang baik untuk kesehatan tubuhnya.

2. Nasi

2. Nasi
Freepik

Sebagai sumber karbohidrat yang banyak dijumpai karena rasanya yang lezat dan juga murah. Terkenal sangat padat kalori, nasi dapat dengan mudah mendapatkan jumlah karbohidrat dan kalori yang tinggi dari satu porsinya.

Ketika si Kecil memiliki nafsu makan yang buruk, mengonsumsi nasi akan membantunya makan lebih banyak sehingga kalori yang dibutuhkan pun dapat terpenuhi dengan baik.

3. Kacang-kacangan

3. Kacang-kacangan
Freepik/azerbaijan_stockers

Jika Mama ingin mengatur berat badan si Kecil dengan sehat, maka kacang-kacangan dapat menjadi pilihan yang tepat. Sebab kacang-kacangan merupakan sumber protein, lemak dan kalori yang sehat bagi tubuh.

Ada banyak jenis kacang yang bisa diberikan pada anak, seperti kacang almond, kacang mete, kacang tanah, dan lainnya. Cukup berikan segenggam atau dua kacang-kacangan pada si Kecil, maka Mama sudah membantunya menaikan berat badan yang sehat.

Editors' Picks

4. Ayam

4. Ayam
Freepik/azerbaijan_stockers

Daging ayam menjadi jenis makanan berkalori tinggi yang baik untuk kesehatan. Sebab ayam kaya akan protein, vitamin, dan mineral. Satu dada ayam memiliki 284 kalori, atau 165 kalori per 3,5 ons (100 gram). Sekitar 80% kalori berasal dari protein sedangkan 20% berasal dari lemak.

Mama bisa mengkreasikan ayam menjadi berbagai jenis olahan masakan yang bisa dikonsumsi anak. Dengan rasa yang lezat, tentu anak akan menyukainya dan kalori yang dibutuhkannya pun terpenuhi.

5. Daging merah

5. Daging merah
Pexels/Lukas

Selain ayam, daging merah juga menjadi sumber kalori hewani yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh anak. Kandungan leusin (asam amino) dan kreatin diet pada daging merah mampu merangsang sintesis protein untuk membangun otot tanpa lemak.

Tak hanya itu saja, daging merah juga kaya akan vitamin B12, Ma. Kandungan ini baik untuk sintesis protein, hormon, DNA, dan sel darah serta fungsi neurologis.

Mama bisa memberikan anak konsumsi daging merah yang meliputi daging sapi, kambing, domba, bebek, serta babi. Mama juga bisa memberikan ragam daging tersebut secara bergantian agar anak tidak bosan.

6. Kentang

6. Kentang
Freepik

Tak hanya nasi, kentang juga menjadi makanan yang komponen utamanya adalah karbohidrat. Jadi ketika anak Mama tak mau makan nasi, Mama bisa kok menggantinya dengan kentang sebagai sumber kalori yang kaya akan karbohidrat.

Tak hanya itu, Ma. Kentang juga baik untuk meningkatkan kontrol gula darah, memoderasi kenaikan gula darah setelah makan karena kandungan pati resisten, sejenis serat yang memberi makan bakteri ramah di usus dan meningkatkan kesehatan pencernaan. 

7. Telur

7. Telur
Freepik

Telur juga menjadi salah satu makanan yang memengaruhi tumbuh kembang anak. Sebab telur adalah sumber kalori, protein, dan vitamin dan mineral tertentu yang semuanya membantu mencapai ketinggian maksimum dan meningkatkan berat badan anak secara ideal.

8. Pisang

8. Pisang
Freepik/Saiko3p

Selain jenis makanan yang sudah disebutkan di atas, selanjutya ada pisang yang menjadi salah satu buah sumber kalori untuk kesehatan anak. 

Buah berwarna kuning ini kaya akan serat makanan, potasium, protein, vitamin A, C, dan folat, serta lemak sehat yang baik untuk meningkatkan energi dan stamina, mendapatkan berat badan sehat dan membuat tulang anak lebih kuat.

9. Alpukat

9. Alpukat
Freepik/dashu83

Tak hanya pisang, alpukat juga mengandung lemak sehat yang baik untuk tubuh si Kecil. Buah berawarna hijau ini terkenal cukup padat kalori yang baik untuk menambahkan berat badan secara sehat.

Selain itu, buah alpukat juga kaya akan vitamin, mineral, dan berbagai senyawa tanaman bermanfaat yang baik untuk kesehatan tubuh anak mama.

Nah, itu tadi 9 makanan tinggi kalori yang baik dikonsumsi untuk kesehatan si Kecil. Semoga infromasinya bermanfaat dan daftar makanan di atas bisa Mama berikan pada anak untuk memenuhi kalori pada tubuhnya.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.