Cara Simpel Melatih Literasi dan Numerasi Anak, Bisa Mulai Sejak Dini

Kemampuan literasi anak Indonesia ternyata masih rendah, perlu ada kerja sama berbagai pihak

22 Desember 2022

Cara Simpel Melatih Literasi Numerasi Anak, Bisa Mulai Sejak Dini
Freepik/gpointstudio

Literasi adalah sebuah kemampuan individu dalam menggunakan segala potensi dan keterampilan yang dimilikinya dalam hidup.

Literasi tidak terbatas pada buku pelajaran saja, jadi dari masa pra sekolah anak juga perlu diajarkan banyak hal sedini mungkin.

Disebutkan oleh Aplikasi Sekolah Enuma bahwa tingkat literasi anak Indonesia saat ini dalam kondisi yang cukup memprihatinkan. Padahal literasi merupakan aspek penting dalam membangun sumber daya manusia yang mumpuni.

Berdasarkan survei dari Program for International Student Assessment (PISA) yang dikeluarkan oleh Organization and Development (OECD) pada 2019, Indonesia menduduki peringkat 10 negara terbawah (dari 79 negara disurvei) yang memiliki tingkat literasi rendah.

Hal ini turut menjadi perhatian perusahaan penyedia aplikasi pendidikan, Enuma. 

Mama dan Papa juga memiliki andil besar dalam mendidik anak sejak usia dini. Ini bisa menjadi bekal bagi anak-anak.

Berikut Popmama.com bagikan tips meningkatkan literasi dan numerik anak sejak dini.

1. Melatih anak mengenal dan menghafal banyak hal

1. Melatih anak mengenal menghafal banyak hal
Unsplash

Ketika anak mulai sekolah, ia akan menjalani banyak hal. Anak juga akan memiliki banyak teman dengan nama-nama berbeda.

Melatih literasi dan numerik sejak dini bisa membantu anak lebih mudah dalam menghafal nama-nama temannya. 

Kemampuan numerasi dasar juga bisa memudahkan anak saat menghafal angka, baik dalam bahasa Indonesia atau pun bahasa asing. 

2. Melatih anak menghafal nama barang

2. Melatih anak menghafal nama barang
Freepik/shangarey

Banyak sekali barang yang dilihat oleh anak dalam kehidupan sehari-hari. 

Mama bisa memperkenalkan secara bertahap pada anak. Bisa dibuat catatan, atau Mama print gambar dan tulisan dari barang yang sering dilihat oleh si Kecil.

Agar lebih mudah, Mama bisa kelompokan sesuai keberadaan barang tersebut, seperti yang berikut ini:

  • barang-barang di kamar tidur,
  • barang-barang di dapur,
  • isi tas sekolah
  • barang-barang atau peralatan makan,
  • barang-barang di sekolah.

3. Menggunakan platform yang tepat untuk melatih literasi dan numerik anak

3. Menggunakan platform tepat melatih literasi numerik anak
Dok. Sekolah Enuma

Begitu anak mulai masuk sekolah dasar, mereka mulai bisa diberikan fasilitas yang lebih beragam seperti tools atau platform khusus memperkaya literasi dan numerik anak.

Guna membantu literasi dan numerasi anak Indonesia, Enuma menjalankan proyek “Pengembangan Rantai Bisnis untuk Perluas Pendidikan Digital di Indonesia”, dengan membangun serta meningkatkan keterampilan dasar literasi dan numerasi melalui aplikasi pendidikan ‘Sekolah Enuma’. 

Proyek ini juga mendapat dukungan dari pemerintah Korea Selatan sebagai program Solusi Bisnis Inklusif dari Korea International Cooperation Agency (KOICA) dari Desember 2021 hingga akhir 2026.

“Tingkat literasi yang rendah banyak disangkutpautkan dengan kehadiran era digital yang menyebabkan anak malas untuk membaca. Namun, bagi kami, transformasi digital ini dapat dimanfaatkan secara maksimal guna membuat anak tertarik untuk membaca dan belajar dengan cara yang fun dan menarik,” ujar Juli Adrian, Direktur Enuma Indonesia.

“Enuma berkomitmen serta memiliki misi untuk memberdayakan anak Indonesia belajar secara mandiri dengan menghadirkan aplikasi pembelajaran berkualitas yang tidak berbayar, tanpa iklan, dan bahkan dapat digunakan tanpa akses internet untuk anak Indonesia dari Sabang sampai Merauke,” sambungnya.

Dukungan yang diberikan KOICA pada sertahun terakhir untuk Sekolah Enuma, telah membantu aplikasi ini menjangkau beberapa kawasan di Indonesia, seprti:

  • Nusa Tenggara Barat,
  • Sumatera Selatan,
  • Sumatera Utara,
  • Lampung,
  • Bangka Belitung,
  • Kalimantan Selatan.

Aplikasi ini telah memiliki lebih dari 1000 aktivitas, 300+ buku serta video pembelajaran yang dapat diakses secara gratis.

Aplikasi ini bisa diunduh di PlayStore untuk pengguna Android dan AppStore untuk pengguna iOS.

Itulah tips melatih literasi dan numerik anak yang bisa Mama lakukan sejak dini. Dengan literasi yang baik, anak pun bisa bergaul dengan lebih percaya diri.

Baca juga:

The Latest