10 Lagu Anak-Anak yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Si Kecil

Irama dan liriknya ceria banget, bikin anak Mama jadi makin senang bernyanyi sambil belajar

26 Januari 2018

Youtube.com/CVS 3D Rhymes

Ma, tahukah kalau salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan anak adalah melalui media musik. Dilansir dari songsforteaching.net, terdapat sebuah studi besar di Jerman yang mengungkapkan bahwa pelatihan musik dapat meningkatkan keterampilan kognitif dan non-kognitif dua kali lipat dibandingkan olahraga, teater atau tarian.

Bagi banyak pendidik progresif, tentu saja, ini tidak mengejutkan. Banyak analis pendidikan yang mengatakan bahwa belajar musik memberikan efek yang lebih baik, peningkatan kinerja akademis, dan pada akhirnya anak-anak merasa lebih bahagia.

Untuk itu Ma, meski sudah diajarkan di taman kanak-kanak, nggak ada salahnya lho kembali memperkenalkan beberapa lagu yang bisa meningkatkan kecerdasan Si Kecil di rumah.

Apa saja lagu-lagu yang memiliki musik dengan lirik ceria yang bisa Mama kenalkan pada Si Kecil? Yuk, cek di bawah ini dan bernyanyilah bersama anak kesayangan Mama.

1. If You're Happy

Youtube.com/Super Simple Songs - Kids Songs

Mama pasti sudah nggak asing lagi dong dengan lagu yang satu ini. Yup, lagu ini dapat memberikan pemahaman bedanya mengungkapkan perasaan senang, marah, dan perasaan lainnya. Seru banget!

2. Dua Mata Saya

Youtube.com/Lagu Anak Indonesia Balita

Sejak kita masih kecil, lagu ini sepertinya sudah sangat melekat pada ingatan. Kenalkan beberapa anggota tubuh melalui lagu ini pada Si Kecil yuk, Ma.

3. Roly Poly

Youtube/Mother Goose Club Playhouse

Ke atas, ke bawah, ke dalam, ke luar! Lagu ini akan mengajarkan anak untuk membaca arah dengan cara yang lebih menyenangkan.

4. Fruits Song

Youtube.com/Farmees - Nursery Rhymes And Kids Songs

Lagu ini mengenalkan jenis buah-buahan sekaligus warnanya. Jadi, Si Kecil makin paham deh warna dari buah-buahan favoritnya.

5. Anak Gembala

Youtube.com/TasyaVEVO

Mengenalkan anak dengan lagu yang sesuai usianya di zaman now rasanya sangat sulit sekali, dikarenakan sudah jarang ditemukan penyanyi cilik seperti zaman kita kecil.

Sekalian flashback, Mama dapat mengenalkan Si Kecil lagu Anak Gembala yang dibawakan oleh Tasya sewaktu ia masih kecil. Lagu ini mengajarkan anak Mama mengenal profesi sebagai pengembala yang sangat rajin, tak pernah malas, dan lelah mengerjakan tugasnya.

Editors' Picks

6. Seven Days

Youtube.com/Pinkfong! Kids' Songs & Stories

Ini dia metode yang efektif untuk mengenalkan nama-nama hari dalam bahasa Inggris pada anak-anak. Karakter dalam video ini ngegemesin banget, Si Kecil pasti makin senang belajar sambil bernyanyi.

7. Bangun Tidur

Youtube.com/kastari sentra

Apa yang Si Kecil lakukan saat bangun tidur? Lagu ini mengajarkan anak untuk semangat melakukan kegiatan saat bangun tidur di pagi hari. Paling penting, harus langsung mandi dan sikat gigi!

8. Kepala Pundak Lutut Kaki‚Äč

Youtube.com/Lagu Anak TV

Memiliki makna yang sama dengan lagu nomor dua, lagu ini juga mengajak anak untuk mengenal anggota tubuh versi yang lebih lengkap. Selain bernyanyi, Mama dapat meminta Si Kecil menunjuk anggota tubuh yang disebutkan dalam lagu ini.

9. Musical Instruments

Youtube.com/Pinkfong! Kids' Songs & Stories

Si Kecil sangat gemar bermain alat musik? Saatnya mengenalkan beranekaragam alat musik. Sebagai permulaan, Mama dapat memberikan lagu ini kepada Si Kecil agar ia dapat mengenal berbagai alat musik seperti piano, violin, dan masih banyak lagi.

10. Tek Kotek (Anak Ayam)

Youtube.com/GNP Music
 

Mengajarkan anak berhitung bisa nggak kaku lagi berkat lagu ini. Menghitung anak ayam yang terus berkurang akan membuat Si Kecil penasaran, sebenarnya kemana ya perginya si anak ayam hehe.

Itu dia Ma, 10 lagu anak-anak yang bisa Mama kenalkan kepada Si Kecil. Kesepuluh lagu ini,  memiliki lirik yang bisa menambah pengetahuan Si Kecil. Dilengkapi dengan musik yang riang, Si Kecil akan merasa ini adalah cara menyenangkan untuk belajar. 

Yuk Ma, ajak Si Kecil bernyanyi sambil belajar dengan sepuluh lagu dalam video ini!