Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Anak 4 Tahun Tersedak Permen dan Sulit Bernapas, Orangtua Harus Apa?

Lakukan ini saat menangani anak tersedak, jangan panik karena bisa sangat berbahaya

15 November 2022

Anak 4 Tahun Tersedak Permen Sulit Bernapas, Orangtua Harus Apa
Freepik/fxquadro
Ilustrasi

Ada beberapa fase yang dilewati oleh anak-anak selama masa pertumbuhannya. Anak-anak mudah dipicu rasa ingin tahu dengan barang, hal atau bahkan makanan di sekitarnya.

Video TikTok yang beredar menunjukkan seorang anak 4 tahun yang mengalami tersedak. Anak tersebut terlihat kesakitan setelah menelan ‘permen mata’ berukuran besar yang kini tengah populer.

Orangtua anak tersebut terlihat panik dan menggendongnya. Sang Papa menepuk-nepuk bagian punggung untuk mengeluarkan permen yang membuat si Anak sulit bernapas.

Tersedak merupakan salah satu kondisi berbahaya yang lebih sering dialami oleh anak-anak ketimbang orang dewasa. Saat tersedak, saluran napas akan tersumbat, sehingga tidak memungkinkan untuk bernapas.

Tersedak bisa menyebabkan kesulitan bicara, anak terlihat seperti tercekik, batuk-batuk, hingga kesulitan bernapas. Pada kasus yang jarang terjadi, kulit anak yang tersedak akan berubah menjadi kebiruan.

Berikut Popmama.com rangkum cara mengatasi anak tersedak permen dan sulit bernapas di rumah.

1. Pertolongan pertama orangtua mengatasi anak tersedak permen

1. Pertolongan pertama orangtua mengatasi anak tersedak permen
peds-ent.com

Berbagai macam permen kini memiliki bentuk dan rasa yang bermacam-macam. Salah satu yang kini populer adalah ‘permen mata’ yang viral di konsumsi anak-anak.

Permen ini memiliki bentuk bulat dengan tekstur lembut dan sedikit lengket. Jika ditelan secara bulat-bulat oleh mulut anak-anak kemungkinan bisa menyebabkan tersedak. Kasus ini terjadi di Thailand dan dialami oleh anak berusia 4 tahun di atas.

Bagaimana caranya saat anak tersedak permen?

Dikutip dari Los Angeles Times, pertama, jika orangtua melihat dapat melihat permen tersebut di dalam mulut anak maka boleh meraihnya atau mengeluarkan dengan menggunakan jari.

Namun, tindakan ini hanya boleh dilakukan ketika orangtua memang melihat permen penyebab tersedak di dalam mulut. Jika tidak terlihat atau dirasa sulit untuk diraih, hentikan tindakan untuk mencari-carinya dengan jari.

Editors' Picks

2. Hindari menggendong atau mengangkat anak

2. Hindari menggendong atau mengangkat anak
Freepik/karlyukav

Selanjutnya, ini hal yang lumrah yang dilakukan orangtua jika melihat anak kesakitan. Orangtua akan menggendong sang Anak ketika panik melihat si Kecil kesulitan bernapas karena tersedak.

Ternyata saat anak tersedak, orangtua jangan menggendong atau mengangkatnya. Pasalnya, hal itu dapat membuat makanan atau benda asing yang masuk ke dalam tenggorokan akan menuju ke paru-paru. Hal tersebut sangat berbahaya, karena bisa membuat anak makin tidak bisa bernapas.

3. Hindari memberi minum saat anak tersedak

3. Hindari memberi minum saat anak tersedak
Freepik

Orang dewasa saat tersedak bisa diatasi dengan mengkonsumsi air putih. Rupanya hal ini tidak bisa selalu berhasil dengan anak.

“Pertama, jika anak bernapas dan batuk, dorong mereka untuk batuk keras. Jangan beri mereka minum apa pun karena cairan mungkin mengambil ruang yang dibutuhkan untuk bernapas dengan benar-benar menghalangi jalan napas anak,” tutur dr. Cindy Gellner dikutip dari departemen kesehatan dari University of Utah Health, Amerika Serikat.

Mengatasi anak tersedak dengan memberinya air minum akan membuat benda asing tersebut masuk semakin jauh menuju paru-paru. Ibu boleh saja memberikan air minum, tapi jika anak sudah mampu bernapas dengan tenang.

4. Lakukan dorongan kecil pada bagian dada

4. Lakukan dorongan kecil bagian dada
Freepik/Asiandelight

Cara mengatasi tersedak pada anak selanjutnya dapat dilakukan dengan melakukan dorongan kecil pada bagian dadanya. Caranya dengan merebahkan secara terlentang dengan menyangga bagian lengan bawah dengan posisi kepala yang lebih rendah dari bagian dada.

Kemudian, letakkan tiga jari tepat di bagian tengah dada, dan tekan sekitar 1,5 inci ke arah atas (tenggorokan). Lakukan dorongan sebanyak lima kali.

5. Mengatasi anak tersedak permen dengan teknik Heimlich maneuver

5. Mengatasi anak tersedak permen teknik Heimlich maneuver
cprcertified.com

Heimlich maneuver merupakan teknik mengatasi tersedak pada anak yang dapat dicoba untuk anak di atas satu tahun. Caranya dengan mengambil posisi berdiri atau berlutut di belakang anak, lalu lingkarkan kedua tangan ibu pada tubuhnya.

Kemudian, buat sebuah kepalan dan letakkan sedikit di atas pusar. Selanjutnya, tekan kepalan tangan dengan tangan yang lain. Lalu, lanjutkan dengan hentakan ke bagian atas dengan cepat.

Itulah tadi cara mengatasi anak tersedak permen dan sulit bernapas di rumah. Jika melihat anak sangat sulit bernapas atau wajahnya membiru, segera bawa anak ke IGD ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk