Eksklusif : Bawa Anak Saat Umroh, Begini Cara Nina Zatulini Atasi Anak Tantrum

Meski sempat kerepotan, Nina berusaha mencari jalan kreatif ketika menenangkan anak yang tantrum dan rewel

28 Oktober 2020

Eksklusif Bawa Anak Saat Umroh, Begini Cara Nina Zatulini Atasi Anak Tantrum
Instagram.com/ninazatulini22

Perjalanan jauh membawa anak tentunya bisa sangat merepotkan. Apalagi jika kedua anak masih balita dan belum mengerti esensi dari perjalanan tersebut. Layaknya orangtua kebanyakan, Nina Zatulini juga merasakan hal ini.

Nina waktu itu membawa anak sembari menjalani ibadah umroh bersama sang Suami. Pengalaman Nina dan suami membawa anak ke Mekkah dalam rangka beribadah memiliki banyak cerita. Apalagi saat itu Nina berangkat umroh bulan Februari 2020 di mana kabar tentang pandemi Covid-19 sudah melanda China.

“Sebenarnya waktu itu itu saya khawatir sekali ketika mau berangkat. Karena kabar Corona meski belum masuk ke Indonesia. Itu saat bulan Februari sudah (isu Corona). Belum lagi saya ke sana (Mekkah) juga bawa anak kecil,” jelas Nina melalui wawancara eksklusif.

Millennial Mama of The Month Oktober 2020 ini menceritakan bahwa pengalaman dirinya dan sang Suami membawa anak untuk beribadah ke Mekkah cukup mengagumkan. Dari sana, ia lebih mengenal karakter anak-anaknya.

Berikut Popmama.com rangkum informasi lengkap cerita Nina Zatulini saat beribadah umroh dengan anak-anak!

Editors' Picks

1. Nina sempat panik sebelum berangkat umroh

1. Nina sempat panik sebelum berangkat umroh
Instagram.com/ninazatulini22

Nina menyampaikan jika sebelum berangkat umroh, ia dan suami sempat panik. Selain isu Corona, kekhawatiran selanjutnya adalah karena mereka membawa anak-anak ikut serta. Kepanikan ini sempat membuat Nina Zatulini kalang kabut sehingga membuatnya tidak fokus.

“Namanya kita bawa anak, pasti kita khawatir. Kita sendiri aja kadang masih repot, suka lupa ini-itu. Akhirnya saya berusaha untuk bikin diri saya tenang dan pasrah. Karena kejadian di depan juga kita belum tahu, nothing to lose, bismillah,” jelas Nina.

2. Anak sempat kesusahan makan ketika umroh

2. Anak sempat kesusahan makan ketika umroh
Instagram.com/ninazatulini22

Membawa kedua anaknya ikut serta menjadi tantangan tersendiri untuk Nina dan sang Suami. Meski keduanya ditemani oleh suster yang membantu anak-anak, tetap saja masalah dan tantangan ketika menghadapi anak menjadi urusan Nina.

Mama dua anak mengungkapkan kalau Kenzie dan Khanza sempat susah makan ketika umroh. Pasalnya masakan dan rasa makanan di sana berbeda dengan di Indonesia. Karena hal ini, Nina sempat khawatir.

“Waktu itu anak di sana susah makan. Walau di kasih makanan Indonesia masih kurang bumbu dan agak hambar. Itu salah satu kendalanya,” jelas Nina.

Namun, sebagai Mama Nina Zatulini juga tak ingin terlalu memaksakan anaknya. Ia mencoba dengan berusaha membujuk anaknya agar selalu bisa makan.

3. Ketika anak tantrum dan rewel, Nina berusaha bersikap tidak keras

3. Ketika anak tantrum rewel, Nina berusaha bersikap tidak keras
Instagram.com/ninazatulini22

Diungkapkan Nina Zatulini jika dalam menghadapi anak tantrum saat traveling bisa dilakukan dengan berbagai cara. Karena membawa suster saat ibadah umroh ini, Nina merasa sangat terbantu. Meski, kadang kerewelan anak-anaknya juga muncul.

“Kalau misalnya memang lagi rewel yang penting menurut saya kalau memang tidak bisa menghadapi sendiri, harus minta bantuan kepada yang lain, contohnya suami. Tapi ketika sedang mendesak dan tidak ada siapa-siapa, sejujurnya saya juga kadang suka pasrah. Aku coba tenang dan diamkan anak-anak ketika mereka sedang menangis,” jelas Nina.

Kadang dalam keadaan seperti itu, Nina harus berpikir kreatif sebagai Mama. Nina bukan tipe Mama yang langsung memberikan tontonan video ketika anak rewel. Namun, ketika memang sudah tidak bisa dihentikan menangisnya dengan bujukan, peraturan tersebut kadang dilanggar. 

“Akhirnya jadi tidak boleh terlalu strict juga. Misalnya, biar anak anteng dulu, saya memberikan video di ponsel dan memperlihatkan lagu baby shark dan sebagainya,” tutur Nina.

Itulah tadi cerita Nina Zatulini ketika umroh dengan kedua anaknya bersama sang Suami. Ternyata sebagai selebriti, Nina juga tak jauh berbeda ya dari Mama kebanyakan. Sebagai Mama dua anak yang membawa anak traveling, ternyata Nina juga merasakan stres dan kerepotan lho.

#MillennialMama of the Month Edisi Oktober 2020 – Nina Zatulini

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Fashion & Beauty Editor - Onic Metheany  
Content Writer – FX Dimas Prasetyo, Putri Syifa Nurfadilah, Karsa Adiguna
Social Media - Sekar Retno Ayu
Art Designer – Baskoro Bayu Harymurti 

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Nina Zatulini
Millennial Mama

Nina Zatulini

"Pilihan persalinan caesar atau normal, saya berharap yang terbaik untuk saya dan si Kecil"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.