Inspiratif, Ini 5 Lagu Nussa dan Rara yang Mendidik untuk Anak-Anak

Mengingatkan pentingnya menjaga adab makan, berbicara, hingga menghormati orang lain dan orangtua

16 Agustus 2020

Inspiratif, Ini 5 Lagu Nussa Rara Mendidik Anak-Anak
Instagram.com/nussaofficial

Nussa dan Rara adalah karakter kartun dari Indonesia yang pertama muncul pada November 2018 lalu. Kartun ini digagas oleh Mario Irwinsyah yang bekerja sama dengan 4 Stripe Production dan digarap oleh studio animasi The Little Giantz.

Cerita dari Nussa dan Rara pun sangat sederhana mengikuti peran anak-anak sehari-hari.

Nussa adalah bocah laki-laki yang memiliki adik perempuan bernama Rara. Mereka dikisahkan tinggal bersama ibu mereka dengan sebutan Umma.

Uniknya satu episode kartun Nussa dan Rara hanya berkisar 3-5 menit saja. Mama dan anak bisa menonton aksi mereka di akun Youtube resminya yaitu Nussa Official.

Karena relate dan sangat mendidik untuk anak, kepopuleran Nussa dan Rara terjadi dalam waktu singkat. Dalam 2 bulan saja, karakter ini laris manis di Indonesia.

Tak hanya mengajarkan dalam bentuk tindakan dalam kartun, lagu-lagu Nussa dan Rara pun juga enak didengar oleh anak dan menginspirasi.

Berikut Popmama.com rangkum lagu Nussa dan Rara yang mendidik untuk didengar anak.

1. Makan Jangan Asal Makan

Cuci bersih tanganmu
Ucapkanlah bismillah
Gunakan tangan kananmu
Biasakan tak berdiri

Jangan tiup yang panas
Lebih baik dikipas
Gunakan tangan kananmu
Biasakan tak berdiri

Lagu ‘Makan Jangan Asal Makan’ adalah lagu anak dari Nussa dan Rara yang bercerita tentang esensi dari makan. Di sini Nussa menyebut bahwa ketika makan jangan hanya asal kenyang karena dalam setiap makanan ada keberkahan yang bisa dipetik. Dalam lagu ini juga anak akan diajarkan adab sebelum makan sesuai ajaran Islam.

Editors' Picks

2. Jumat Hari Raya

2. Jumat Hari Raya
Instagram.com/nussaofficial

Awalilah Jumatmu
Dengan semangat baru
Hari Jumat , Hari raya
Semua bergembira

Dalam lagu ‘Jumat Hari Raya’ Nussa dan Rara mengingatkan kalau hari Jumat adalah hari yang berkah untuk umat muslim. Dalam lagu ini, Nussa dan Rara menuturkan langkah-langkah untuk bersiap diri di hari Jumat mulai dari pagi. Dalam lagu ini, Nussa juga menyebutkan salah satu amalan sunnah di hari Jumat yaitu potong kuku dan menyemprotkan wewangian. Tak lupa, Nussa dan Rara juga menyebut untuk jangan lupa membaca surat Al-Kahfi.

3. Bulan Hijriah Penuh Berkah

3. Bulan Hijriah Penuh Berkah
Instagram.com/nussaofficial

Ada 12 bulan
Namanya bulan Hijriah
Ayo kita hafalkan
Agar menjadi berkah

Lagu ‘Bulan Hijriah Penuh Berkah’ adalah lagu anak dari Nussa dan Rara yang mengajak anak Indonesia untuk menghafal nama-nama bulan Hijriah. Bulan Hijriah adalah sebutan untuk bulan dalam setahun di agama Islam. Nussa dan Rara juga mengajarkan keutamaan ketika bisa menghafal bulan Hijriah maka akan mendapat berkah.

4. Adab Minta Izin

Ditanya dulu kalau meminjam 
Barang milik orang lain
Jangan memaksa yang tak diberi 
Allah pasti tak akan suka
Biasakan, izin dulu
Biasakan, menghormati

Dalam lagu ini, Nussa memberikan pembelajaran kepada anak-anak mengenai adab meminta izin kepada orang lain dalam sebuah lagu yang ceria dan mudah sekali diingat. Dari lagu ini, anak-anak diajarkan untuk selalu meminta izin terlebih dahulu setiap kali meminjam barang milik orang lain. Tentunya, kegemasan Nussa dan Rara dalam video ini akan membuat anak-anak tertarik.

5. Berkata Baik atau Diam

Berkata baik atau diam 
Jangan sakiti orangtuamu
Berkata baik atau diam 
Jangan sakiti teman-temanmu

Lagu Nussa dan Rara ‘Berkata Baik atau Diam’ ini memberikan nasihat agar anak-anak tidak berkata kasar kepada orang lain terutama kepada orangtua. Dalam lagu ini, Nussa mengingatkan lewat lagu sehingga anak-anak akan mudah mengerti. Nussa juga menyebutkan kalau harus bersikap dan mengeluarkan kata baik karena malaikat selalu mencatat.

Itulah tadi kumpulan lagu Nussa dan Rara yang cocok untuk anak-anak dan mendidik. Karakter Nussa dan Rara yang gampang diingat dan kerap mengajarkan nilai baik lewat lagu tentunya akan mudah diterima oleh benak anak.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.