Rangsang Kecerdasan Anak dengan Mainan Edukatif Sesuai Tumbuh Kembang

Kecerdasan anak bisa dimaksimalkan dengan stimulasi aktif yang diberikan orangtua lewat mainan

24 September 2020

Rangsang Kecerdasan Anak Mainan Edukatif Sesuai Tumbuh Kembang
Freepik

Dr. Seto Mulyadi, M.Psi., Psikolog atau akrab disapa Kak Seto, menerangkan bahwa anak-anak mengalami tumbuh kembang yang mengagumkan selama masa-masa emasnya. Salah satunya adalah potensi kecerdasan anak yang bisa dimaksimalkan dengan stimulasi yang tepat.

Menurut Kak Seto, salah satu cara merangsang kecerdasan anak adalah dengan alat bantu dan mainan edukatif.

“Salah satunya dengan Olike Roll Piano ini bisa digunakan anak-anak untuk melatih menciptakan lagu. Selain kecerdasan musikalnya berkembang, tapi kreativitasnya juga semakin lebih optimal,” tutur Kak Seto dalam Olike Edu Toys Launching pada Jumat (11/9/2020).

Selain itu, Kak Seto juga menyebut orangtua bisa merangsang kecerdasan anak ini dengan menciptakan suasana seperti bermain tapi sebenarnya belajar.

Bagaimana penjelasan dari Kak Seto? Berikut Popmama.com telah merangkum informasinya.

Editors' Picks

1. Anak-anak lebih suka belajar sambil bermain

1. Anak-anak lebih suka belajar sambil bermain
freepik/master1305

Disampaikan Kak Seto bahwa pada dasarnya ketika anak-anak diajak untuk belajar di rumah apalagi keadaan pandemi saat ini akan cepat bosan. Oleh karenanya anak akan lebih senang jika belajarnya dalam bentuk permainan.

Oleh karenanya, salah satu belajar yang efektif untuk anak adalah belajar sambil bermain.

“Dunia anak adalah dunia bermain, jadi belajar yang efektif adalah nuansanya seperti bermain. Kalau dalam keadaan pandemi ini diajak belajar, langsung cemberut semuanya. Tapi kalau diajak bermain jadi senang,” tutur Kak Seto.

2. Sediakan mainan yang sesuai psikologi perkembangan anak

2. Sediakan mainan sesuai psikologi perkembangan anak
Handsonaswegrow.com

Sebagai orangtua, Mama dan Papa harus mengetahui tahap dan perkembangan anaknya. Tak hanya perkembangan fisiknya, tapi juga secara emosi dan psikologis.

Kak Seto menyebut bahwa mainan edukatif ini bisa merangsang kecerdasan akan semakin aktif. Ia memberi saran agar Mama dan Papa memiliki mainan yang sesuai degan psikologi perkembangan anak di rumah.

“Psikologi perkembangan harus penuh dengan nuansa dan warna yang colorful. Anak bisa bereksplorasi dan menggambar berbagai banyak hal sesuai kreativitasnya,” jelas Kak Seto.

3. Bersahabat dengan anak dalam mendukung ia belajar

3. Bersahabat anak dalam mendukung ia belajar
Dok. Olike Edu Toys

Pesan dari Kak Seto sebagai orangtua kita perlu bersabar dalam menghadapi anak. Apalagi dalam keadaan pandemi seperti ini, ia mengungkapkan bahwa sebagai orangtua kita harus bisa menjaga emosi positif selama di rumah.

“Mohon Mama dan Papa senyum menghadapi putra-putrinya belajar di rumah. Penuh optimisme dan penuh keceriaan, persahabatan. Itu yang paling utama supaya anak tidak mengalami ketegangan dan anak juga belajarnya sangat penuh keceriaan,” pungkas Kak Seto.

Berlatar belakang bahwa anak-anak perlu diasah kemampuan kecerdasannya, Olike Edu Toys meluncurkan tiga produk yang mendukung orangtua maksimalkan kecerdasan anak dengan mainan edukatif yakni Olike LCD Drawing Board, Olike Smart Sajadah, Olike Hand Roll Piano.

Itulah tadi pemaparan Kak Seto mengenai memaksimalkan kecerdasan anak dengan mainan edukatif. Sebagai orangtua, baik Mama dan Papa pastinya selalu mengikuti tumbuh kembang anak. Salah satunya adalah memberikan stimulasi aktif untuk meningkatkan berbagai potensi kecerdasannya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.