TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Nama Hewan dari Huruf R, Wajib Kenalkan pada Anak

Sebagian hewan yang namanya berawalan huruf R merupakan spesies burung

19 September 2022

10 Nama Hewan dari Huruf R, Wajib Kenalkan Anak
Unsplash/James Wainscoat

Di dunia ini, ada banyak sekali jenis hewan yang bisa ditemui. Bahkan, ada juga hewan-hewan yang sudah langka dan sulit dijumpai.

Setiap binatang pun memiliki nama-nama yang unik. Sebagian besarnya ada yang sering didengar oleh manusia, dan beberapa di antaranya ada yang masih belum familier di telinga mereka.

Untuk memudahkan anak untuk mengenal hewan-hewan yang ada, Mama bisa menggunakan metode pengelompokan nama hewan berdasarkan huruf pertamanya, misalnya nama-nama hewan dari huruf A.

Nah, pada kali ini Popmama.com sudah merangkum 10 nama hewan dari huruf R yang bisa dijadikan panduan bagi Mama untuk mengenalkannya kepada si Kecil. Simak, yuk!

1. Rusa

1. Rusa
Pixabay/hashan

Nama hewan yang satu ini mungkin sudah tidak asing di telinga si Kecil. Rusa merupakan binatang mamalia berkaki empat pemakan rumput dan dedaunan (herbivor). Umumnya, rusa memiliki tubuh berwarna cokelat, dan beberapa spesies mempunyai corak putih.

Ciri khas utama yang ada pada binatang ini adalah tumbuhnya tanduk rusa yang bercabang atau antler, yang biasanya hanya dimiliki spesies-spesies dalam famili Cervidae. Antler merupakan hasil dari pertumbuhan tulang pada rusa yang terus berkembang setiap tahunnya.

2. Rubah

2. Rubah
Pixabay/Pexels

Rubah merupakan hewan mamalia yang tergabung dalam famili Canidae (anjing). Umumnya, rubah adalah binatang karnivor, tapi beberapa spesiesnya termasuk omnivor atau pemakan segala. Binatang ini sering disamakan dengan serigala karena rupa wajahnya yang mirip.

Bulu pada tubuh rubah biasanya berwarna cokelat kemerahan dan putih, mempunyai moncong yang runcing serta ekor yang lebat. Ukuran tubuhnya lebih kecil jika dibandingkan dengan serigala, yakni sekitar 40 sentimeter.

3. Rakun

3. Rakun
Unsplash/Dan Gold

Berikutnya adalah rakun, hewan mamalia omnivor yang banyak ditemukan di wilayah Amerika Utara. Binatang ini mudah beradaptasi di daerah mana pun. Biasanya, ia akan membuat sarang rumahnya di pohon dan gua, tetapi bisa juga di tempat lainnya seperti lumbung.

Rupa wajah dan tubuh yang dimiliki rakun mempunyai ciri khas yang unik. Di wajahnya, terdapat “kacamata hitam” yang mengelilingi area matanya untuk memperjelas penglihatan. Ia juga mempunyai ekor bermotif garis warna hitam dan cokelat keabuan.

4. Rajawali (burung)

4. Rajawali (burung)
Pixabay/Torben Stroem

Rajawali merupakan jenis burung yang tergabung dalam keluarga Accipridae (elang). Binatang yang satu ini mempunyai ukuran tubuh yang cukup besar, dengan tinggi badan rata-rata 90 sentimeter dan bentangan sayapnya bisa mencapai 2 meter.

Binatang ini dikenal dengan cara transformasinya yang menyakitkan. Meskipun rajawali dapat hidup lama sampai 70 tahun, ia harus melewati fase yang sangat menyakitkan di umur 40, di mana harus menumbuhkan paruh, kuku, dan bulu sayap yang baru.

Editors' Picks

5. Rangkong (burung)

5. Rangkong (burung)
Unsplash/Mathew Schwartz

Selanjutnya ada hewan rangkong, yakni binatang yang termasuk jenis burung dengan bentuk paruh besar seperti tanduk sapi dan berwarna putih kekuningan. Binatang ini juga sering dikenal dengan nama “Enggang”.

Selain bentuk paruhnya, rangkong juga memiliki tonjolan besar mirip cula yang berada di atas kepala dan paruh besarnya dengan warna serupa. Binatang omnivor ini dapat ditemukan di wilayah Asia seperti Indonesia dan benua Afrika.

6. Robin (burung)

6. Robin (burung)
Pixabay/Kev

Robin merupakan spesies burung dengan ukuran tubuh yang terbilang mungil, yakni sekitar 12,5 sampai 14 sentimeter. Binatang ini banyak dijumpai di benua Eropa dan Amerika, dan juga dijadikan sebagai burung nasional oleh salah satu negara di Eropa.

Binatang ini bisa tinggal dan membangun sarang di mana saja, selama tempat tersebut memiliki suhu yang sejuk dan teduh. Robin mempunyai kepekaan yang sangat tinggi terhadap perubahan cuaca, suhu, hingga predator yang akan menyerangnya.

7. Raja udang (burung)

7. Raja udang (burung)
Pixabay/footiechic

Namanya memang “raja udang”, tapi bukan berarti hewan udang dengan ukuran besar, ya. Raja udang ternyata merupakan salah satu jenis burung, loh! Binatang ini termasuk burung pemakan ikan yang umumnya hidup di sekitar kolam, danau, atau sungai.

Rata-rata spesies raja udang mempunyai bentuk kepala yang besar, paruh yang runcing, serta kaki dan ekor yang pendek. Walaupun binatang ini adalah jenis burung pemakan ikan, ia hanya memangsa makhluk invertebrata (tidak bertulang belakang) kecil yang ada di daerah perairan.

8. Remetuk laut (burung)

8. Remetuk laut (burung)
Flickr/steve happ

Hewan dengan huruf R berikutnya yang juga termasuk dalam jenis burung adalah remetuk laut. Binatang ini merupakan jenis burung pengicau yang mempunyai suara nyaring dan khas. Remetuk laut banyak ditemukan di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Di alam liar, remetuk laut biasanya tinggal di pepohonan yang lebat dekat hutan bakau atau wilayah perairan seperti pantai dan sungai. Namun, binatang ini juga bisa hidup di daerah perkotaan dengan pohon yang banyak dan rindang.

9. Rayap

9. Rayap
Pixabay/Roy Buri

Rayap merupakan hewan serangga yang sering dijumpai dan dianggap sebagai hama yang dapat merusak benda-benda yang umumnya terbuat dari kayu. Binatang ini juga sering dikenal sebagai semut putih karena penampilannya yang mirip semut dengan tubuh berwarna putih kecokelatan.

Serangga ini biasanya tinggal di tempat yang gelap dan lembap tapi hangat. Hal ini membuat rayap sering tinggal di dalam kayu atau dekat permukaan tanah. Binatang ini juga hidup secara berkoloni seperti semut dan lebah.

10. Rottweiler (anjing)

10. Rottweiler (anjing)
Pixabay/Alexa

Terakhir ada hewan Rottweiler, yang merupakan salah satu jenis anjing yang sering dijumpai sebagai anjing penjaga atau anjing polisi. Binatang ini berasal dari negara Jerman, memiliki perawakan yang cukup besar dengan warna tubuh hitam serta corak cokelat di bagian moncong dan keempat kakinya.

Rottweiler pernah menjadi spesies yang terancam punah pada abad ke-19, tepatnya saat pembangunan jalan aspal dan rel kereta api. Untungnya, ras anjing ini tetap dipertahankan untuk tidak punah, dan kini menjadi binatang yang populer di Amerika Serikat.

Itulah beberapa nama hewan dari huruf R serta penjelasan singkatnya yang dapat menambah pengetahuan si Kecil.

Dari sepuluh hewan tersebut, anak mama sudah tahu yang mana saja, nih?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk