TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

11 Manfaat Kacang Koro untuk Kesehatan Anak, Bergizi dan Murah Meriah!

Yuk ketahui manfaat kacang koro untuk kesehatan anak sebagai alternatif sumber protein harian anak

12 Agustus 2022

11 Manfaat Kacang Koro Kesehatan Anak, Bergizi Murah Meriah
PIxabay/realme

Kacang koro adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang mudah ditemukan di pasar tradisional. Meski mungkin tak sepopuler kacang almond, nyatanya kacang yang dalam bahasa Inggris disebut broad beans  ini punya kandungan gizi yang melimpah lho, Ma.

Berikut ini Popmama.com merangkum 11 manfaat kacang koro untuk anak yang penting mama ketahui:

1. Melancarkan pencernaan

1. Melancarkan pencernaan
Pixabay/chrisreadingfoto

Tahukah Mama, dalam satu cangkir kacang koro mentah atau sekitar 156 gram mengandung serat sebanyak 7,6 gram. Kandungan serat yang cukup tinggi ini diperlukan anak untuk melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi.

2. Mencegah anemia

2. Mencegah anemia
Pixabay/niebieskibanan

Anemia tidak hanya menyerang orang dewasa, melainkan juga dapat menyerang anak yang kekurangan zat besi. Kacang koro mengandung kadar zat besi tertinggi dibandingkan jenis kacang-kacangan lainnya. Zat besi ini membentu hemoglobin yang membantu sel darah merah mendistribusikan oksigen ke seluruh sel tubuh sehingga anak dapat terhindar dari risiko anemia.

3. Meningkatkan fungsi penglihatan

3. Meningkatkan fungsi penglihatan
Pixabay/blueve

Vitamin A dibutuhkan tubuh anak dalam hal menunjang fungsi penglihatan. Konsumsi kacang koro secara rutin dapat memenuhi kebutuhan vitamin A atau retinoid harian anak yang diperlukan agar fungsi penglihatan anak terjaga dengan baik. 

4. Mencegah penyumbatan darah

4. Mencegah penyumbatan darah
Pixabay/HirokazuTouwaku

Kacang koro kaya akan vitamin K. Vitamin K sangat penting untuk mencegah penyumbatan darah dan arteri, serta memelihara sel darah agar senantiasa sehat.

Editors' Picks

5. Memperkuat kekebalan tubuh

5. Memperkuat kekebalan tubuh
Pixabay/12019

Penelitian menunjukkan bahwa kacang koro mengandung vitamin C. Vitamin C berfungsi untuk memperkuat kekebalan tubuh sehingga anak tidak gampang sakit. 

6. Menunjang tumbuh-kembang anak

6. Menunjang tumbuh-kembang anak
Pixabay/CarlStridsberg

Jangan salah, Ma, meskipun bentuknya kecil, kacang koro ini mengandung vitamin dan mineral esensial yang cukup komplit. Vitamin dan mineral esensial yang terkandung di dalam kacang koro bermanfaat untuk menunjang tumbuh-kembang optimal anak.

7. Meningkatkan energi

7. Meningkatkan energi
Pxhere.com

Kacang koro adalah salah satu sumber protein terbaik. Makanan dengan protein tinggi seperti kacang koro dapat menjadi pasokan sumber energi yang baik ketimbang karbohidrat. Cocok untuk anak-anak dengan aktivitas fisik tinggi.

8. Mengelola berat badan sehat

8. Mengelola berat badan sehat
Rawpixel/Karolina/Kaboompics

Kombinasi antara serat dan protein tinggi di dalam kacang koro dapat mengenyangkan anak lebih lama ketimbang konsumsi karbohidrat. Karenanya, konsumsi kacang koro secara rutin dapat membantu mencegah obesitas pada anak karena meskipun anak merasa kenyang, kalori yang dikonsumsinya lebih rendah ketimbang saat mengonsumsi makanan berkarbohidrat.

9. Membangun otot

9. Membangun otot
Rawpixel

Di masa pertumbuhan anak, penting memberikan asupan makanan yang mendukung pembentukan jaringan ototnya. Kacang koro yang mengandung protein tinggi dibutuhkan tubuh anak untuk membangun dan mempertahankan otot yang sehat dan kuat.

10. Pembentukan tulang dan jaringan

10. Pembentukan tulang jaringan
Wikimedia Commons

Mineral lain yang terkandung di dalam kacang koro adalah zat tembaga atau copper. Copper berperan penting dalam pembentukan tulang, jaringan ikat, kolagen, dan sel darah merah anak.

11. Mendukung kesehatan sel

11. Mendukung kesehatan sel
Flickr/Tavallai

Kacang koro tinggi akan folat, zat yang memproduksi asam nukleid seperti DNA, yang penting untuk pertumbuhan dan reproduksi anak.

Itulah 11 manfaat kacang koro untuk anak yang penting mama ketahui. Sajikan kacang koro ke dalam menu makanan harian anak sesuai takaran dan usia si Kecil untuk menunjang kesehatan anak. Semoga informasi ini bermanfaat, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk