Risih dan Gatal, Ini Cara Menghilangkan Ketombe pada Kulit Kepala

Selain gatal, ketombe juga kadang memalukan

13 Februari 2020

Risih Gatal, Ini Cara Menghilangkan Ketombe Kulit Kepala
Pexels/Bennie Lukas Bester

Ketombe merupakan masalah kulit kepala dan kesehatan rambut yang cenderung menyebalkan.

Bagaimana tidak, ketombe biasanya memunculkan rasa gatal cukup parah sehingga mengganggu. Ketombe ditandai dengan kondisi kulit kepala yang menyebabkan adanya serpihan kulit.

Selain menimbulkan rasa gatal yang tidak nyaman, ketombe juga terkadang bisa memalukan.

Hal ini karena serpihan kulit kepala bisa jatuh dan terlihat jelas di helaian rambut atau pakaian. Namun, ada beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk mengatasi ketombe. Berikut Popmama.com rangkum dari laman Popbela.

1. Keramas dengan benar

1. Keramas benar
Pexels/Leah Kelley

Keramas menjadi hal penting dalam menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. Maka, penting untuk memerhatikan cara keramas yang benar agar terhindar dari ketombe.

Hal ini karena cara keramas yang tidak tepat dapat membuat sisa sampo menempel dan berkerak di kulit kepala sehingga bisa membuat kepala terasa gatal. Coba lah untuk aplikasikan sampo langsung pada kulit kepala agar dapat menghilangkan ketombe.

Pijat dengan lembut sekitar 5 menit dan bilas dengan membuka sela-sela rambut yang lain hingga bersih. Sebaiknya, keramas secara rutin minimal 2 kali seminggu untuk mengurangi penumpukan minyak dan sel kulit mati yang dapat menyebabkan ketombe.

Editors' Picks

2. Jangan berganti sampo

2. Jangan berganti sampo
Unsplash/The Creative Exchange

Kebiasaan berganti sampo dapat membuat struktur rambut hingga menimbulkan ketombe. Gonta-ganti sampo juga bisa membuat rambut mudah rontok, bercabang, patah, kering, dan kusam.

Apalagi pada kulit yang sensitif sehingga menimbulkan iritasi parah pada kulit kepala. Hal ini karena ketombe umumnya disebabkan oleh peradangan kulit kepala dan pertumbuhan ragi yang berbahaya.

Sebaiknya, gunakan satu produk sampo khusus ketombe saja dan gunakan secara rutin. Jangan lupa untuk gunakan kondisioner khusus agar rambut tetap lembut.

3. Pilih sampo yang tepat

3. Pilih sampo tepat
Unsplash/The Creative Exchange

Salah menggunakan produk sampo juga dapat memicu datangnya ketombe. Jadi, pilih lah sampo yang tepat, seperti sampo khusus ketombe sehingga kulit kepala dan rambut dapat ternutrisi dan terawat dengan baik.

Sampo yang dianjurkan untuk mengatasi ketombe, yaitu sampo yang mengandung asam salisilat. Namun, jika ketombe disertai dengan iritasi kulit kepala, pilih lah sampo dengan zinc pyrithione, ketoconazole, dan selenium sulfide untuk bantu mengatasinya.

Sampo dengan bahan tea tree oil juga bisa membantu usir ketombe. Jangan lupa untuk memilih sampo dengan formula lembut agar nyaman digunakan dan tetap menjaga kelembapan kulit kepala.

4. Jangan ikat rambut basah

4. Jangan ikat rambut basah
Unsplash/Chris Slupski

Tak hanya memerhatikan sampo dan cara keramas yang benar, perawatan rambut juga penting agar terhindar dari ketombe. Misalnya, dengan tidak mengikat rambut dalam keadaan basah.

Hal ini karena keadaan rambut yang basah dapat memperbesar risiko munculnya ketombe. Kelembapan dan keringat dapat menyebabkan ketombe apabila mengikat rambut dalam keadaan basah.

Sirkulasi rambut juga tidak akan berjalan dengan baik jika rambut terikat saat basah sehingga air tidak menguap dan kulit kepala terasa gatal. Jadi, sebaiknya biarkan kondisi rambut benar-benar kering dahulu untuk menghindari tekstur rambut rapuh dan mudah patah. Cukup keringkan dengan cara diangin-anginkan, ya.

5. Gunakan bahan alami

5. Gunakan bahan alami
Unsplash/Shaun Meintjes

Rasa gatal yang timbul karena ketombe dapat diatasi dengan menggunakan bahan alami, lho. Coba lah untuk menggosokan potongan jeruk nipis atau lemon pada sela-sela rambut, lalu diamkan selama 15 menit sebelum keramas. Kemudian, bilas dan keramas seperti biasa. Beberapa bahan alami lain juga dapat bantu mengatasi ketombe. Misalnya, minyak zaitun, lidah buaya, cuka apel, dan lain-lain.

Selain itu, menjaga asupan nutrisi pada tubuh juga bisa bantu atasi ketombe. Hal ini karena tubuh yang sehat bisa memengaruhi kesehatan rambut dan kulit kepala.

Coba lah untuk memperkaya asupan zinc, vitamin B, dan zat besi. Nutrisi baik ini juga bantu rambut terhindar dari kerusakan, lho. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.