Ternyata Bunga Edelweiss Memiliki Ragam Manfaat untuk Kecantikan

Dapat membantu melawan radikal bebas penyebab penuaan

27 Januari 2020

Ternyata Bunga Edelweiss Memiliki Ragam Manfaat Kecantikan
Unsplash/Stéphane Mingot

Produk kecantikan kulit wajah saat ini masih mengedepankan bahan organik karena dipercaya lebih berkhasiat.

Beragam produk yang ditemui di pasaran pun tak jarang memiliki kandungan bahan alami, misalnya bunga edelweiss.

Edelweiss merupakan bunga berwarna putih dengan kelopak berbulu dan berbentuk seperti bintang.

Tanaman berbunga ini tumbuh dengan baik di tanah ringan berdrainase baik. Edelweiss biasanya tumbuh di pegununga Alpen akan tetapi, bungga ini juga dapat dibudidaya sehingga tumbuh selain di pegunungan Alpen.

Edelweiss diketahui sebagai bunga lambang ketangguhan dan cinta, lebih dari itu bunga Edelweiss sebenarnya dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk sakit perut dan masalah pernapasan. Bahkan baru-baru ini, ada penelitian yang menunjukkan bahwa edelweiss dapat digunakan sebagai bahan tambahan dalam kosmetik.

Salah satu industri kecantikan yang memanfaatkan Edelweiss sebagai bahan aktif dalah produk kosmetika mereka , yaitu brand Wardah. Mengutip perkataan Riedha Melinda, selaku Wardah Product Innovation Division, “Organic Edelweiss Extract efektif dalam mencerahkan dan menjaga kulit tetap sehat. Selain itu, Edelweiss juga berperan dalam memperkuat barrier kulit sehingga membantu proses pencerahan kulit agar lebih optimal dalam menyerap rangkaian perawatan kulit lainnya," jelasnya dalam acara The New Face of Wardah White Secret Series, di Gran Mahakam Hotel, Kamis (16/1/2020).

Dalam meluncuran produk ini, Wardah menegaskan bahwa mereka menggunakan Organic Edelweiss Extract yang dibudidaya secara khusus di pegunungan Swiss. Di tangan para ahli, baik dermatologi maupun farmakologi, Organic Edelweiss diekstrak dengan metode gentle extraction untuk menjaga kandungan bioactive di dalamnya. Produk kosmetik halal ini juga memerhatikan aspek lingkungan berkelanjutan dalam pembudidayaan Edelweiss ini. 

Hal tersebut membuktikan bahwa Edelweiss sebenarnya memiliki beragam manfaat bagi kecantikan.

Secara lebih lanjut, berikut Popmama.com jelaskan manfaat Edelweiss yang telah dilansir dari beragam sumber. Yuk, simak:  

1. Kaya antioksidan cegah penuaan

1. Kaya antioksidan cegah penuaan
Pexels/Engine Akyurt

Edelweiss memiliki kandungan antioksidan tinggi sehingga menjadi agen anti aging (penuaan) yang baik untuk kulit.

Antioksidan dapat melawan radikal bebas, yang merupakan senyawa berbahaya yang merusak sel-sel penting bagi fungsi tubuh, menyebabkan masalah kesehatan, bintik-bintik penuaan, kulit kendur, dan keriput.

Dengan menggunakan perawatan wajah yang mengandung ekstrak Edelweiss, tubuh dapat melawan radikal bebas sehingga mencegah penuaan dini dan mengurangi garis-garis halus.

Kulit akan terhindar dari degradasi kolagen sehingga tetap kuat, bebas kerut, halus, dan kencang. Edelweiss untuk anti aging bahkan memiliki potensi lebih banyak dibandingkan dengan vitamin C.

Editors' Picks

2. Perlindungan alami dari sinar UV

2. Perlindungan alami dari sinar UV
Unsplash/Chutter Snap

Rambut-rambut kecil pada kelopak bunga Edelweiss merupakan bentuk perlindungan alami dari sinar UV dari matahari.

Pertumbuhan Edelweiss yang berada di wilayah pegunungan tinggi memungkinkan terpapar sinar matahari lebih banyak. Namun, bunga ini dapat mengatasi dan melindungi dirinya dengan baik.

Hal ini kemudian dibuktikan dengan penelitian bahwa ekstrak Edelweiss dapat berfungsi sebagai tabir surya ketika digunakan pada kulit karena dapat menyerap sinar matahari sebelum mencapai permukaan kulit.

Ekstrak Edelweiss memiliki konsentrasi tinggi flavonoid dan asam fenolat yang membantu memerangi kerusakan akibat sinar UV dan menjadikannya konstituen ideal blok sinar matahari.

Maka, Edelweiss membantu melindungi kulit terhadap efek berbahaya dari sinar UV, termasuk penuaan dini, dan kanker kulit.

3. Sebagai anti inflamasi pada kulit

3. Sebagai anti inflamasi kulit
Unsplash/Daria Svetsova

Edelweiss memiliki bahan aktif tertentu, seperti bisabolol, sesquiterpen trisiklik, kumarin, serta lignin yang terdapat pada akar dan bersifat kuratif untuk dermatitis dan retensi cairan.

Kandungan ini menjadikan ekstrak Edelweiss sebagai bahan alami dalam perawatan kulit yang sempurna. Sifat anti inflamasi dapat melindungi kulit dari bakteri berbahaya yang menyebabkan infeksi atau keruskan kulit serius.

Edelweiss memicu proses penyembuhan alami kulit dan menjaganya dari polusi lingkungan dan faktor eksternal lainnya.

Hal ini juga dapat merangsang pertumbuhan kulit baru, memberikan elastisitas kulit, menjaga kesegaran, dan melembapkan kulit. Jadi, ekstrak Edelweiss dapat mengatasi iritasi, kemerahan, dan peradangan pada kulit.

Setelah mengetahui ragam manfaat Edelweiss tersebut, jangan lupa untuk menambahkan perawatan kecantikan berbahan dasar Edelweiss agar kulit wajah tetap sehat, ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.