5 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami

Membuat wajah cerah tanpa khawatir efek samping

9 Agustus 2019

5 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami
Freepik/Senivpetro

Mempunyai kulit wajah cerah berseri merupakan dambaan setiap orang, tak terkecuali Mama. Walau sudah punya anak, bukan berarti Mama boleh cuek-cuek saja dengan perawatan wajah kan. Lagipula, kita tampil cantik untuk menyenangkan diri sendiri. Kalau kita happy, pasti anak dan Papa juga ikut happy.

Masalahnya, merawat wajah agar bisa membuat kulit cerah dan putih alami kadang membutuhkan modal nggak sedikit. Banyak produk skincare yang menjanjikan kulit putih alami tanpa kita tahu apa kandungan zat di baliknya.

Bagi Mama yang sedang hamil dan menyusui pun harus ekstra hati-hati memilih produk skincare pemutih wajah.

Beberapa kandungan zat dalam produk berbahaya bagi janin atau bayi. Malah, tak sedikit Mama hamil atau menyusui justru memilih tidak memakai produk perawatan kulit apapun karena khawatir akan berdampak pada si Kecil.

Namun, Mama jangan khawatir. Ada banyak cara alternatif memutihkan wajah secara alami yang bisa Mama lakukan sendiri. Berikut ini 5 cara memutihkan wajah secara alami yang dirangkum Popmama.com dari berbagai sumber.

1. Masker putih telur kaya vitamin yang menutrisi wajahmu

1. Masker putih telur kaya vitamin menutrisi wajahmu
Freepik/Foodiesfeed

Mama pasti tahu telur kaya manfaat. Selain menutrisi tubuh dengan kandungan vitamin K, zat besi, seng, dan vitamin E, putih telur ternyata juga bisa membuat kulit wajah tampak lebih cerah secara alami.

Caranya mudah kok, Ma. Cukup pisahkan putih telur dan kuning telur, lalu kocok lepas putih telur  sejenak dan oles pada wajah yang telah bersih.

Kemudian, tunggu 15-20 menit agar masker mengering. Baru bilas lagi memakai air hangat. Untuk hasil terbaik, Mama bisa memilih telur ayam kampung dan memakainya rutin 2-3 kali dalam seminggu.

Editors' Picks

2. Masker lidah buaya yang super alami

2. Masker lidah buaya super alami
Freepik

Produk perawatan wajah dengan kandungan lidah buaya memang tengah naik daun. Hampir semua merek mengeluarkan varian lidah buaya karena tahu besarnya manfaat lidah buaya untuk kulit wajah.

Namun, kalau Mama punya tanaman lidah buaya di rumah, bisa diolah sendiri menjadi pemutih alami. Buang dulu kulit luar berduri dan kulit yang keras, karena hanya daging lidah buaya saja yang akan dipakai.

Kemudian, blender lidah buaya dengan sedikit air. Setelah itu, Mama bisa mengoleskannya ke wajah dengan kuas. Setelah mengering, baru bilas wajah. Jika Mama melakukan perawatan masker lidah buaya rutin satu kali seminggu, pasti Mama bisa merasakan perubahan berarti pada kulit wajah.

3. Masker ketimun dapat membantu menangkal radikal bebas

3. Masker ketimun dapat membantu menangkal radikal bebas
Freepik

Ketimun selain enak jadi teman santap ayam penyet, dibuat es serut, juga cocok jadi masker wajah, Ma. Ketimun mengandung antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas dan mencegah penuaan dini.

Cara menyiapkan masker ketimun pun mudah. Mama tinggal mengambil ketimun dan iris tipis. Tata irisan timun itu pada wajah dan diamkan selama beberapa menit.

Saat mengenakan masker, kulit Mama perlahan terasa lebih segar dan lembap. Boleh juga Mama pakai untuk menutup kedua mata.

Setelah ketimun terasa lebih kering, angkat semua irisan ketimun, dan bilas wajah Mama dengan air hangat. Jangan lupa keringkan wajah dengan menepuk-nepuk handuk secara lembut ya.

4. Susu dan madu bisa kamu jadikan masker yang mampu menyamarkan flek hitam

4. Susu madu bisa kamu jadikan masker mampu menyamarkan flek hitam
Pexels/Pixabay

Sudah jadi rahasia umum kalau susu ampuh untuk memutihkan wajah secara alami. Mama bisa memilih susu tanpa rasa atau plain sebagai bahan dasar masker.

Untuk mendapatkan hasil lebih optimal, Mama bisa mencampurkan dua sendok susu dan satu sendok madu dalam satu wadah.

Oles campuran susu dan madu itu ke wajah secara merata. Tunggu sampai 10-15 menit, baru bilas wajah Mama dengan air hangat.

Susu memang dikenal sebagai minuman sehat. Ketika dikenakan sebagai bahan masker, susu bisa menghilangkan mata panda, mengurangi produksi minyak pada kulit wajah, membuat kulit wajah lebih halus, menyamarkan flek hitam, dan membuat warna kulit lebih cerah.

5. Masker bengkuang kaya kandungan vitamin C

5. Masker bengkuang kaya kandungan vitamin C
bukalapak.com

Sejak zaman dulu, bengkuang dikenal sebagai rahasia kecantikan para putri raja. Bengkuang mudah kita temui di pasar dan sering menjadi bahan dasar pembuatan krim wajah.

Kandungan vitamin C dan vitamin B dalam bengkuang berkhasiat untuk menyehatkan dan memutihkan kulit secara alami. Mama bisa mencoba membuat masker bengkuang sendiri di rumah agar lebih ekonomis.

Pertama, pilih bengkuang yang masih segar dan berukuran sedang. Kupas dan cuci bersih bengkuang, lanjutkan dengan memarut atau memblender bengkuang hingga halus.

Kemudian, peras dan endapkan sarinya selama beberapa jam. Baru Mama bisa memakai endapan itu sebagai masker dengan mengoleskan langsung ke wajah. Pakai kuas agar lebih mudah ya, Ma.

Setelah didiamkan selama 15 menit, Mama bisa membersihkan sisa masker dengan mengusapkan air hangat. Lanjutkan membilas wajah menggunakan air dingin, sehingga wajah terasa lebih segar dan lembap.

Wah, mudah juga ya, Ma, memutihkan wajah dengan bahan-bahan alami. Selain bisa Mama lakukan sendiri di rumah, masker buatan sendiri ini sudah pasti bebas bahan kimia dan jauh lebih murah ketimbang membeli produk perawatan wajah bermerek. Jadi, Mama hamil atau menyusui pun juga bisa menikmati perawatan ini tanpa rasa khawatir. Yuk, coba sekarang juga!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.