Wajib Diganti! Ketahui Masa Kedaluwarsa Alat Kecantikan ini

Tidak hanya produk makeup saja, sejumlah alat kecantikan inipun memiliki waktu kedaluwarsa lho!

12 Juni 2021

Wajib Diganti Ketahui Masa Kedaluwarsa Alat Kecantikan ini
Pixabay/Brunamereu

“Good quality beauty tools worth the investment”. Setujukah Mama dengan quotes yang seringkali dilontarkan oleh para beauty influencer tersebut?

Ya, faktanya alat kecantikan yang berkualitas memang relatif lebih awet dan tahan lama.

Namun, seperti kebanyakan produk makeup, sejumlah alat kecantikan yang sering digunakan ini rupanya memiliki waktu kedaluwarsa lho, Ma.

Apalagi jika jarang dibersihkan dan tidak dirawat dengan baik. Hal itu hanya akan memperpendek masa pakai sekaligus menurunkan performa kerjanya.

Efek yang ditimbulkanpun serupa. Memaksa menggunakan alat kecantikan yang sudah kedaluwarsa berisiko menyebabkan masalah kulit akibat infeksi bakteri yang berkembang pada alat tersebut. Selain itu, hasil riasanpun terlihat tidak maksimal akibat menurunnya kualitas produk.

Yuk, cari tahu alat kecantikan apa saja yang perlu rutin diganti? Cek selengkapnya di Popmama.com Ma:

1. Kuas makeup

1. Kuas makeup
Pixabay/Fotorech

Dilansir dari halaman Herworld.com, kuas makeup sebenarnya bisa bertahan cukup lama, yakni 3 hingga 5 tahun jika dirawat dengan baik. Namun, ada beberapa kondisi yang mengharuskan Mama untuk segera membuang makeup brush mama.

Diantaranya bentuk kuas yang berubah, misalnya bulu-bulu kuas mengembang atau bengkok. Kemudian tekstur bulu kuas terasa kaku dan kasar akibat paparan bahan kimia pada sabun cuci kuas serta bulu kuas mulai rontok.

Tiga kondisi diatas mempengaruhi performa kerja kuas sehingga hasilnya tentu tidak maksimal. Misalnya, kuas jadi tidak efektif mengangkat atau meratakan produk makeup.

Efek terburuknya? Sisa-sisa produk yang menumpuk pada bulu kuas menjadi sarang berkembangnya kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan masalah kulit seperti jerawat.

Oleh sebab itu, penting untuk selalu menjaga kebersihan kuas dengan mencucinya tiap kali habis digunakan atau minimal seminggu sekali pada pemakaian rutin.

Jangan lupa gunakan sabun cuci khusus ya demi menjaga elastisitas dan kelembutan bulu kuas makeup Mama.

Editors' Picks

2. Penjepit bulu mata

2. Penjepit bulu mata
Pixabay/Kinkate

Kelihatannya sepele, tapi tahukah Mama bahwa penjepit bulu mata adalah salah satu alat kecantikan yang paling jarang dibersihkan dan diganti?

Kebanyakan orang berpikir bahwa bahan metal atau plastik pada body penjepit bulu mata membuat alat ini tahan lama.

Padahal faktanya, silicone pad atau karet pada penjepit bulu mata ini hanya mampu bertahan selama 3 bulan pakai saja lho, Ma! Sisa produk mascara atau zat adhesive pada lem bulu mata palsu yang menumpuk menjadi tempat berkembangnya kuman dan bakteri.

Akibatnya, selain beresiko membuat bulu mata menjadi rapuh dan mudah patah, alat ini bisa menyebabkan infeksi pada water line atau kelopak mata.

3. Spons makeup

3. Spons makeup
Pixabay/Katrina_S

Makeup sponge merupakan salah satu beauty tools yang wajib dimiliki oleh para penggila makeup.

Fungsinya serupa dengan flat brush atau foundation brush, yakni meratakan produk makeup berbentuk cairan atau krim, seperti foundation, concealer, blush on dan cream contour.

Sayangnya, alat ini memiliki masa pensiun yang lebih pendek daripada makeup brush. Pasalnya, material spons bersifat menyerap produk.

Sehingga lama kelamaan, cairan produk yang menumpuk menjadi ‘sarang’ bagi bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan masalah kulit wajah.

Demi memperpanjang masa pakainya, Mama harus rutin membersihkan spons dengan cairan khusus pembersih makeup brush agar tidak mudah rontok dan kasar. Cuci spons makeup minimal seminggu sekali pada pemakaian rutin ya, Ma.

4. Cleansing sponge

4. Cleansing sponge
Freepik/cookie_studio

Cleansing sponge atau spons pembersih wajah ini belakangan tengah naik daun. Pasalnya, spons pembersih yang terbuat dari serat karet alami yang berasal dari akar sayuran bernama konjac ini terbukti ampuh membersihkan kulit wajah dan pori-pori yang tersumbat serta mengangkat sel kulit mati pada wajah.

Sayangnya, alat kecantikan ini memiliki masa expire yang pendek. Sebaiknya hentikan pemakaian dan ganti spons konjac tiap empat minggu sekali demi menjaga performa serta higienitas produk.

Seperti kebanyakan beauty tools lain, rutinlah mencuci spons ini menggunakan air hangat dan sabun khusus.

Lalu letakkan ditempat terbuka hingga kering. Kondisi spons yang lembab hanya akan memperpendek masa pakai karna menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri.

Itulah keempat alat makeup yang ternyata bisa habis masa waktu pakainya. Jadi, jika sudah tidak berfungsi dengan baik lagi, sebaiknya ganti alat  kecantikan dengan yang baru untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada kulit Mama.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.