5 Tips Berpakaian yang Nyaman Setelah Melahirkan

Bukan sekedar terlihat menawan tapi Mama juga harus memilih yang nyaman

7 Maret 2021

5 Tips Berpakaian Nyaman Setelah Melahirkan
Unsplash/petebellis

Setelah melahirkan, Mama tentu menyadari bahwa bentuk tubuh Mama sedikit banyak telah berubah.

Hal ini bukan berarti penampilan Mama tidak menarik, tapi kamu tetap bisa tampil modis dan cantik pasca melahirkan.

Namun, jangan lupa juga bahwa setelah melahirkan Mama akan memasuki masa menyusui.

Nah, pakaian apa yang cocok untuk ibu menyusui? Coba Mama ikuti beberapa tips berpakaian setelah melahirkan.

1. Chiffon berenda

Chiffon umum digunakan sebagai pakaian malam hari terutama karena overlay, karena memberi tampilan elegan dan apik. Chiffone berenda sangat cocok untuk digunakan bagi Mama yang baru saja selesai melahirkan dan memasuki masa menyusui.

Gunakan model terusan longgar sampai selutut. Jangan lupa, pilih yang ada kancing depan di bagian atas agar mempermudah mama saat menyusui. Baju model seperti ini dapat membentuk tubuh yang sedikit berubah pasca melahirkan.

Renda-renda yang menghiasi pakaian akan menyamarkan bila ada bagian tubuh, terutama perut, yang mungkin membuat mama merasa kurang percaya diri.

Editors' Picks

2. Sleeve Dress Midi

Untuk membuat tubuh tampak lebih ramping, Mama bisa memilih pakaian jenis sleeve dress midi. Untuk mengalihkan pandangan dari daerah perut yang membuat Mama merasa kurang percaya diri, Mama bisa memilih detail V-Neck.

Selain itu, melalui jenis pakaian sleeve dress midi ini Mama juga bisa menegaskan bentuk pinggang supaya terlihat lebih ramping tanpa harus membuat daerah pinggang benar-benar ketat. Dengan begitu, penampilan Mama akan sebanding dengan kenyamanan yang Mama rasakan.

3. Shirtdress

Tips berpakaian setelah melahirkan berikutnya adalah shirtdress, pakaian sederhana dan mudah ditemukan. Dengan menggunakan shirtdress, pasti Mama akan merasa nyaman. Pilihlah shirdress dengan jenis kerah terbuka untuk menambah kesejukan.

Selain itu, shirtdress juga sangat mendukung untuk ibu menyusui karena mudahnya akses menuju payudara bila sewaktu-waktu bayi mama membutuhkan ASI.

Shirtdress juga merupakan salah satu pakaian yang hadir dengan berbagai pilihan warna untuk menambah variasi penampilan Mama. Sebagai tips, pilihlah shirtdress yang tidak terlalu pas dengan tubuh Mama melainkan 1 ukuran lebih besar. Hal ini untuk meningkatkan kenyamanan Mama dalam mengenakannya.

4. Casual Dress

Bagi Mama yang menyukai penampilan casual, Mama dapat memilih pakaian berbahan kaos atau cotton combed sebagai pilihan. Bahan kaos yang lembut dapat Mama gunakan pada setiap kesempatan, pilihlah dari toko yang memang busui friendly. Mama bisa mix and match casual busui friendly dress dengan sandal beraksen silver.

5. Pakaian dengan Buka-an Payudara

Memberikan ASI kepada Si Kecil menjadi satu kewajiban bagi Mama. Maka sebagai salah satu jalan mempermudah pemberian ASI, Mama dapat memilih pakaian yang memiliki buka-an payudara yang mudah.

Pilihlah pakaian yang memang menyediakan buka-an tersembunyi atau pakaian yang berkerah besar, atau memiliki kancing depan, sehingga Mama merasa gampang saat menyusui bayi Mama di tempat umum.

Demikian tips berpakaian setelah melahirkan yang bisa Mama ikuti di rumah. Sebagai tips tambahan, sebaiknya Mama juga membeli pakaian yang tetap modis selama masa menyusui ini.

Pasalnya, meski kenyamanan adalah yang utama, tapi Mama tentu tidak mau menyimpan baju ini setelah selesai masa menyusui, bukan? Semoga tips ini bermanfaat bagi Mama yang saat ini mungkin tengah menantikan lahirnya buah hati.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.