Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Cara Tepat Merawat Flat Shoes agar Tidak Cepat Rusak

Kadang flat shoes cepat rusak jika tidak dirawat secara tepat

11 Mei 2022

5 Cara Tepat Merawat Flat Shoes agar Tidak Cepat Rusak
Pexels/Samson Katt

Nggak bisa disangkal, bahwa sepatu dengan hak tinggi memiliki langkah lebih pendek dan sering kali menimbulkan masalah pada jari kaki. Oleh karenanya, sebagian perempuan cenderung memilih flat shoes.

Dimana flat shoes sendiri terbilang cukup ideal untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama otot kaki. Biasanya kriteria flat shoes terdapat permukaan yang rata, ujung sepatunya lebar dan tidak lancip.

Bagi kamu penggemar jenis sepatu tersebut, maka perlu mengetahui 5 cara tepat merawat flat shoes. Yuk, cek segera ulasan dari Popmama.com!

1. Sebaiknya tidak memakai flat shoes setiap hari

1. Sebaik tidak memakai flat shoes setiap hari
Freepik/marymarkevich

Pada kenyataannya, bahwa alas kaki dapat berdampak besar pada kesehatan kaki dan keawetan dari sepatu itu sendiri. Tetapi apa sebenarnya yang membuat flat shoes menjadi buruk?

Dengan begitu banyaknya kegiatan kamu, mungkin sulit untuk mengganti jenis sepatu. Akhirnya kamu hanya mengenakan flat shoes. Tetapi sebaiknya, penggunaan flat shoes tidak dipakai sehari-hari.

Meski flat shoes memang selalu bisa menjadi andalan sebagai kenyamanan kaki, sebisa mungkin kamu tidak menggunakan flat shoes yang sama setiap hari. Memakainya secara terus menerus hanya akan membuat sepatu akan cepat melar, ini karena bahan flat shoes yang lebih ringan dan tipis.

Editors' Picks

2. Simpan flat shoes yang habis dipakai di tempat terbuka

2. Simpan flat shoes habis dipakai tempat terbuka
Freepik/lookstudio

Flat shoes adalah alas kaki kerja kamu setiap hari?

Terlepas dari kemudahan dalam melepasnya dari kaki, bahwa salah menempatkan flat shoes bisa membuat sepatu tersebut jadi cepat rusak. Apalagi jika kamu sering kali meletakkannya di atas tumpukkan sepatu lain.

Sedangkan untuk flat shoes yang kamu pakai secara teratur, rak atau kabinet dengan bagian depan terbuka adalah tempat terbaik menyimpannya. Ini memungkinkan udara bersirkulasi di sekitar alas kaki dan mencegah debu menumpuk pada bahan halus. 

Pilihlah rak dengan bagian depan terbuka yang kering, terkena paparan sinar matahari dan tidak lembap. Hal itu dimaksudkan agar menghilangkan bau yang disebabkan oleh keringat kaki. Bahkan juga membuat flat shoes kamu menjadi lebih awet.

3. Mengisi flat shoes dengan pengganjal

3. Mengisi flat shoes pengganjal
lazada.co.id

Sebenarnya cara menyimpan jenis sepatu untuk jangka panjang berbeda-beda. Sementara flat shoes yang tidak akan kamu pakai selama seminggu atau lebih, ini membutuhkan struktur.

Jika memang jarang digunakan, kamu bisa mengisi flat shoes dengan koran bekas atau pengganjal lain. Langkah tersebut adalah pilihan tepat agar membantu flat shoes mempertahankan bentuknya.

Namun kamu harus menggunakan ukuran yang benar untuk menghindari meregangkan sepatu. Sebelum memasukkan pengganjalnya, biarkan flat shoes beristirahat setidaknya satu hari setelah dipakai. Ini supaya sisa kelembapan dapat menguap. 

4. Gunakan baking soda untuk menyerap bau tak sedap

4. Gunakan baking soda menyerap bau tak sedap
Freepik/v.ivash

Masalah lain yang bisa dihadapi oleh flat shoes adalah bau yang tidak sedap. Bau sepatu bisa menjadi gangguan, baik bagi diri sendiri maupun orang lain di sekitar kamu bukan?

Salah satu yang terbaik dan terjangkau dalam merawat flat shoes, yaitu menggunakan baking soda. Penggunaannya dapat menyerap bau pada flat shoes yang sering kamu pakai.

Takarlah 1-2 sendok makan baking soda kue untuk setiap sepatu. Kamu perlu cukup menutupi seluruh sol dalam, terutama bagian tumit. Flat shoes yang lebih besar mungkin memerlukan tambahan baking soda.

Tunggu beberapa jam atau semalaman. Soda kue akan membunuh bakteri penyebab bau. Jika sudah, keluarkan dan hilangkan sisa soda kue dari dalam. 

5. Rutin membersihkan flat shoes secara menyeluruh

5. Rutin membersihkan flat shoes secara menyeluruh
Freepik/wayhomestudio

Sebelum menyimpan flat shoes kamu dalam jangka panjang, sebaiknya bersihkan secara menyeluruh. Dengan membersihkannya secara rutin, maka akan membuat flat shoes jadi lebih tahan lama.

Namun perhatikan jenisnya, bahan flat shoes juga sangat beragam. Ini dari mulai karet silicon, kulit, suede dan masih banyak lagi. Keanekaragaman jenis itulah yang menuntut kamu untuk menjaga kebersihannya dengan cara berbeda-beda.

Untuk membersihkan sepatu, kamu harus menggunakan bahan pembersih yang ringan dan aman untuk semua kain flat shoes. Bersihkan kotoran yang ada di lekukan sepatu dan mengikis kotoran tersebut menggunakan tusuk gigi. Lalu basahi kain dengan air hangat dan peraslah sampai bersih. Bersihkan di bagian luar sepatu.

Setelah kamu mengetahui kelima cara tepat merawat flat shoes, sebaiknya mulai diterapkan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk