Cara Melonggarkan Sepatu yang Kekecilan

Pernah beli sepatu online lalu kekecilan dan tidak bisa ditukar? Saatnya kamu lakukan 5 tips berikut

15 Februari 2019

Cara Melonggarkan Sepatu Kekecilan
selipan.com

Membeli sepatu memang disarankan mencobanya langsung sehingga pemilihan membeli secara online tidak disarankan, apalagi jika tidak tersedia layanan retur barang.

Tetapi kalau kamu sudah terlanjur membeli sepatu secara online dan ternyata sedikit kesempitan, Popmama.com punya tips melonggarkan sepatu yang kekecilan berikut ini:

1. Isi sepatu dengan air dan masukkan dalam freezer

1. Isi sepatu air masukkan dalam freezer
selipan.com

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah mengisi sepatumu dengan air dan memasukkannya ke dalam freezer semalaman hingga air membeku.

Setelah itu keluarkan di suhu ruangan hingga es mencair kembali. Bila bahan sepatumu meresap air, kamu dapat menggunakan kantong atau botol plastik kecil untuk mengisi air sehingga tidak tumpah.

Cara ini hanya dapat digunakan pada sepatu berbahan plastik atau kain. Untuk sepatu berbahan kulit asli maka cara ini tidak dapat digunakan karena justru dapat memicu timbulnya jamur.

2. Longgarkan sepatu kulitmu dengan hair dryer

2. Longgarkan sepatu kulitmu hair dryer
ade21.id

Jika kamu memiliki sepatu kesempitan yang berbahan kulit, maka longgarkan sepatu kulitmu dengan hair dryer. Tetapi gunakan panas yang wajar agar sepatu tidak rusak.

Caranya kenakan kaos kaki tebal kemudian pakailah sepatumu. Panaskan setiap sisi sepatu yang terasa sempit menggunakan hair dryer dengan jarak 10 cm. Jangan lupa untuk menggoyangkan sepatu saat proses pemanasan berlangsung.

Editors' Picks

3. Menggunakan koran basah

3. Menggunakan koran basah
ade21.id

Longgarkan sepatu kainmu dengan cara menempatkan koran basah di dalam sepatu. Caranya sangat mudah, ambil koran kemudian celup ke air dan remas hingga sedikit mengering. Kemudian letakkan di bagian dalam depan sepatu.

Padatkan dengan koran lainnya hingga sepatu terlihat melebar. Diamkan selama satu malam hingga koran mengering kemudian jemur di bawah sinar matahari.

4. Gunakan gulungan kaus kaki

4. Gunakan gulungan kaus kaki
ade21.id

Kalau kamu hendak melonggarkan sepatu kainmu tetapi malas menggunakan koran basah, maka kamu bisa menggunakan gulungan kaos kaki.

Caranya yaitu masukkan kaos kaki ke bagian dalam sepatu hingga memadati seluruh area dan sepatu terlihat lebih membesar. Diamkan semalaman dan cibalah keesokan harinya maka sepatumu tidak lagi kesempitan.

5. Memanaskan sepatu

5. Memanaskan sepatu
Pexels/Pixabay

Cara kelima ini dapat kamu lakukan untuk sepatu berbahan kulit atau suede dengan sol plastik tebal di bagian bawahnya.

Caranya cukup mudah. Isi bagian dalam sepatu dengan botol air minum berukuran kecil yang diisi air di bagian dalamnya. Dorong botol ke arah depan sepatu hingga sepatu terlihat melebar dan menonjol. Nyalakan kompor gas dan taruh sepatu 10 cm dari api lalu putar dan panaskan seluruh bagian sepatu. Lakukan berulang kali hingga sepatu dirasa menjadi lebih longgar.

Nah, itulah 5 tips melonggarkan sepatu yang kekecilan ala Popmama.com. Sudah siap mencobanya di rumah? Ingat jangan sampai sepatu terkena panas terlalu berat karena dapat merusak sepatu itu sendiri.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!