7 Cara Berpakaian agar Tetap Terlihat Jenjang

Jika kamu ingin tampil dengan bentuk tubuh yang terlihat tinggi, maka ikuti tips cara berpakaian ini

27 Juni 2024

7 Cara Berpakaian agar Tetap Terlihat Jenjang
Freepik/wayhomestudio

Apakah kamu sering merasa insecure dengan tinggi badanmu? Jika iya, tips ini sangat cocok untukmu!

Tinggi badan sering kali menjadi faktor penentu dalam penampilan seseorang. Bagi yang ingin terlihat lebih jenjang tanpa harus merubah fisiknya, berikut adalah tujuh cara berpakian agar tetap terlihat jenjang yang dapat membantu kamu menciptakan ilusi visual tinggi badan yang lebih maksimal bersama dengan Popmama.com

1. Pilih pakaian dengan motif vertikal

1. Pilih pakaian motif vertikal
Freepik/lifeforstock

Pola atau garis vertikal pada pakaian memiliki kemampuan untuk memanjangkan siluet tubuh dengan cara visual. Garis-garis tipis atau motif garis vertikal dapat menciptakan ilusi optik yang memanjangkan tubuh kamu secara proporsional. Ketika memilih pakaian, pertimbangkan untuk mengenakan blazer dengan garis vertikal atau dress dengan potongan yang mengarahkan pandangan ke atas dan ke bawah. Ini tidak hanya membantu menciptakan tampilan yang lebih ramping dan panjang, tetapi juga menambah dimensi visual pada penampilan kamu secara keseluruhan.

Pastikan bahwa garis-garis vertikal tersebut dipilih dengan proporsi yang tepat untuk tubuhmu. Hal ini akan membantu menciptakan efek optik yang lebih kuat dalam memanjangkan tubuh dan memberikan kesan proporsi yang lebih seimbang. Dengan memanfaatkan pola atau motif ini secara cerdas, kamu dapat meningkatkan penampilan dengan lebih percaya diri dan memancarkan kesan tinggi badan yang lebih maksimal.

2. Kenakan monokromatik atau warna serupa

2. Kenakan monokromatik atau warna serupa
Freepik

Mengenakan busana dalam satu warna atau nuansa serupa dari atas hingga bawah dapat memberikan efek visual yang memanjangkan tubuh secara signifikan.

Pemilihan warna gelap seperti hitam, navy, atau charcoal gray terbukti efektif dalam menciptakan ilusi optik ini, karena warna-warna tersebut cenderung menutupi garis pinggang dan memberikan kesan kontinuitas yang mulus dari atas ke bawah.

Memilih busana monokromatik juga membantu menciptakan penampilan yang elegan dan kohesif. Ini bisa berupa setelan yang terdiri dari atasan dan bawahan dengan warna yang serupa, atau kombinasi dress dengan sepatu yang memiliki warna yang sama.

Dengan konsistensi warna dari atas hingga bawah, kamu dapat mengubah penampilanmu menjadi lebih ramping dan proporsional, menciptakan kesan visual yang menguntungkan untuk tinggi badanmu.

Editors' Pick

3. Pilih sepatu dengan hak tinggi

3. Pilih sepatu hak tinggi
Freepik/ArthurHidden

Sepatu dengan hak tinggi, seperti stiletto atau kitten heels, bisa memberikan tambahan tinggi visual yang signifikan. Penting untuk memilih sepatu yang tidak hanya menambah tinggi badan tapi juga nyaman untuk digunakan sesuai kesempatan, sehingga penampilanmu tetap terlihat elegan dan proporsional.

Selalu perhatikan kenyamanan saat memilih sepatu hak tinggi. Cobalah untuk memilih model yang sesuai dengan aktivitasmu sehari-hari, agar kamu bisa tetap nyaman dan percaya diri dalam beraktivitas.

4. Pakai bawahan yang high waist

4. Pakai bawahan high waist
Freepik/rawpixel.com

Dilansir dari beautynesia.id, celana dengan potongan high-waist atau pinggang tinggi dapat memberikan efek visual kaki yang lebih panjang dan elegan. Penting untuk memilih celana yang pas di pinggang dan memiliki panjang yang sesuai dengan postur tubuhmu, sehingga kaki terlihat lebih proporsional dan memanjang.

Pastikan untuk menghindari celana yang terlalu pendek atau terlalu panjang, karena hal ini dapat mengganggu proporsi keseluruhan.

Dengan memilih celana high-waist yang tepat, kamu bisa menciptakan ilusi optik yang menguntungkan untuk penampilanmu, serta menambah kesan elegansi dan gaya yang lebih modern.

5. Pilih potongan atasan crop top

5. Pilih potongan atasan crop top
Freepik/master1305

Atasan crop dengan potongan yang pas di pinggang dapat memberikan kesan kaki yang lebih panjang dan proporsional. Kombinasikan atasan crop ini dengan celana high-waist atau rok high-waist untuk menciptakan proporsi tubuh yang seimbang dan menambahkan kesan jenjang pada penampilanmu. Celana high-waist membantu menyoroti bagian pinggang dan memberikan ilusi optik kaki yang lebih panjang, sementara atasan crop menonjolkan bagian atas tubuh dengan gaya yang modern dan segar.

Dengan menggabungkan atasan crop dengan celana high-waist atau rok high-waist, kamu bisa menciptakan siluet tubuh yang lebih ramping dan elegan. Pastikan untuk memilih potongan yang sesuai dengan bentuk tubuhmu agar penampilan terlihat harmonis dan memberikan kesan proporsi yang menguntungkan secara visual.

6. Hindari pakaian dengan motif print besar

6. Hindari pakaian motif print besar
Freepik

Hindari memilih pakaian dengan motif print besar jika ingin menciptakan kesan visual tubuh yang lebih jenjang. Motif print besar cenderung mengalihkan perhatian pada pola yang dominan, yang bisa mempersempit siluet tubuh dan mengurangi kesan tinggi badan yang diinginkan.

Sebagai alternatif, lebih baik memilih pakaian dengan pola yang lebih kecil dan teratur, seperti pola bunga kecil atau garis-garis tipis, yang membantu menciptakan ilusi optik yang memanjangkan tubuh secara visual.

Pemilihan pola atau motif yang tepat dapat memberikan dampak besar dalam penampilan keseluruhan. Dengan menghindari motif print besar dan menggantinya dengan pola yang lebih kecil dan teratur, kamu bisa menciptakan penampilan yang lebih harmonis, proporsional, dan memberikan kesan tinggi badan yang lebih maksimal.

7. Hindari rok atau celana bermotif horizontal

7. Hindari rok atau celana bermotif horizontal
Freepik

Hindari memilih rok atau celana dengan motif garis horizontal, karena pola ini cenderung memotong tinggi badan dan membuatnya terlihat lebih pendek.

Garis horizontal dapat mengganggu kesan visual panjang tubuh yang ingin kamu capai. Sebagai alternatif, lebih baik memilih pakaian dengan pola atau motif yang sederhana atau bahkan dengan garis vertikal.

Pola garis vertikal, baik itu tipis atau tebal, dapat membantu menciptakan efek memanjangkan tubuh secara optik dan memberikan kesan proporsi yang lebih menguntungkan.

Dengan menghindari motif garis horizontal dan memilih pola garis vertikal, kamu bisa mengoptimalkan penampilan untuk terlihat lebih ramping dan tinggi. Ini adalah langkah sederhana namun efektif untuk menciptakan ilusi visual yang menguntungkan bagi proporsi tubuhmu dalam berbagai kesempatan.

Selain memilih pakaian yang tepat, pastikan untuk memiliki postur tubuh yang baik dan percaya diri, karena itu adalah kunci utama dalam memancarkan pesona tinggi badan yang sehat dan menawan.

Nah, itulah kira-kira tujuh cara berpakian agar tetap terlihat jenjang yang direkomendasikan untuk kamu supaya tampilan visual menjadi lebih tinggi. 

Baca juga: 

The Latest