Pentingnya Penggunaan Basic Skincare dan Rangkaian Produknya

Seberapa penting penggunaan basic skincare untuk kulit wajah?

24 September 2021

Penting Penggunaan Basic Skincare Rangkaian Produknya
Pexels.com/Anna

Saat ini, banyak orang yang sudah sadar dan paham pentingnya penggunakan rangkaian skincare secara rutin untuk menjaga kulit wajah agar terhindar dari masalah kulit seperti kulit berminyak, kulit kering, kulit berjerawat, hingga kulit kusam.

Namun, banyak yang tak sadar bahwa penggunakan rangkaian skincare dengan urutan yang salah dan tidak sesuai dengan kebutuhan jenis kulit justru akan menimbulkan masalah baru di kulitmu lho!

Untuk itu, disarankan bagi pemula sebelumnya harus mencoba metode basic skincare terlebih dahulu. Penggunaan basic skincare ini merupakan tahapan paling mendasar dan sangat penting sebelum mencoba berbagai macam rangkaian produk skincare lainnya.

Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui apa itu basic skincare dan rangkaian produknya agar tidak salah. Yuk, cek ulasannya dari Popmama.com di bawah ini.

1. Seberapa penting penggunaan basic skincare untuk kulit wajah?

1. Seberapa penting penggunaan basic skincare kulit wajah
Freepik/cookie_studio

Menjawab pertanyaan di atas, penggunaan produk basic skincare merupakan hal yang sangat penting untuk wajah karena dapat menjaga dan melindungi kulit wajah kamu dari permasalahan kulit seperti kulit kering, kulit berminyak, kulit berjerawat, dan kulit kusam.

Selain penggunaan tahapan paling mendasar dalam rangkaian skincare, pengaplikasian basic skincare juga jauh lebih mudah namun bisa mendapatkan hasil yang lebih optimal jika digunakan secara rutin.

2. Sejak umur berapa penggunaan basic skincare disarankan?

2. Sejak umur berapa penggunaan basic skincare disarankan
Freepik/Odua

Banyak ahli perawatan kulit menyebutkan bahwa kesadaran pentingnya menggunakan rangkaian produk basic skincare sudah seharusnya dimulai sejak usia dini yaitu saat menginjak usia 12 tahun, saat kondisi terbaiknya kulit remaja.

Untuk itu, disarankan orang tua dapat mengenalkan kepada anak-anaknya produk basic skincare dengan kandungan yang berformula ringan dan aman untuk kulit wajah anak.

Editors' Picks

3. Cleanser merupakan rangkaian pertama produk basic skincare

3. Cleanser merupakan rangkaian pertama produk basic skincare
Freepik/wayhomestudio

Urutan pertama dalam rangkaian produk basic skincare adalah cleanser. Kamu dapat memilih jenis-jenis cleanser yang ada di pasaran sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulitmu.

Cleanser ini berfungsi untuk membersihkan wajah serta dapat menjaga kulit kamu dari permasalahan kulit.

4. Toner untuk membantu membersihkan sisa kotoran yang tersisa di kulit wajahmu

4. Toner membantu membersihkan sisa kotoran tersisa kulit wajahmu
Freepik/lookstudio

Selanjutnya ada toner yang menjadi rangkaian kedua untuk produk basic skincare. Penggunaan toner ini biasanya digunakan untuk membantu membersihkan sisa kotoran yang tersisa di kulit wajah.

Namun, sebenarnya ada 2 jenis toner yang bisa kamu gunakan seperti, hydrating toner dan exfoliating toner. Keduanya miliki fungsi yang sama yaitu dapat membantu mengurangi kelebihan minyak dan menghilangkan sel kulit mati yang mungkin tersisa di wajah setelah mencuci muka.

5. Jangan terlewat, ada moisturizer yang berfungsi untuk melembapkan kulit kamu lho!

5. Jangan terlewat, ada moisturizer berfungsi melembapkan kulit kamu
Freepik/benzoix

Tidak hanya membersihkan kulit wajah saja, kamu juga perlu produk moisturizer setelah selesai menggunakan toner untuk melembapkan kulit wajah. Selain melembapkan kulit, moisturizer juga berfungsi untuk menjaga kekenyalan kulit, mengontrol minyak di kulit, dan mencegah jerawat timbul di kulit wajahmu.

6. Lengkapi dengan sunscreen untuk melindungi kulitmu dari bahaya sinar UVA dan UVB

6. Lengkapi sunscreen melindungi kulitmu dari bahaya sinar UVA UVB
Freepik/lookstudio

Untuk melengkapi seluruh rangkaian basic skincare, terakhir kamu membutuhkan sunscreen untuk melindungi kulitmu dari bahaya sinar UVA dan UVB yang dapat menyebabkan permasalahan penuaan dini pada kulit.

Demikianlah ulasan lengkap tentang pentingnya penggunaan produk basic skincare dan rangkaian produknya.

Tetap gunakan dan pilih produk basic skincare yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulitmu saat ini. Semoga infomasi ini membantu ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.