Fakta: Kulit Perempuan Berhijab Ternyata Lebih Rentan Kering

Jadi, jangan lewatkan rangkaian body care setiap hari

24 Oktober 2021

Fakta Kulit Perempuan Berhijab Ternyata Lebih Rentan Kering
Pexels/Fety Puja Amelia

Kebanyakan orang berpikir, kulit yang tertutup pakaian akan baik-baik saja. Sehingga, banyak orang berhijab hanya sibuk menggunakan body care di area yang terlihat saja. 

Padahal, menurut dr Irmadita Citrashanty, Sp.KK, perempuan yang berhijab cenderung memiliki kulit yang lebih kering. Ini dikarenakan tubuh yang berkeringat mengeluarkan cairan lebih banyak dibanding tubuh yang tak berkeringat. 

Cairan ini yang sebenarnya bisa menjaga kelembaban tubuh. Jika terus kegerahan, maka kulit pun kehabisan cairan dan memicu jadi kulit kering. 

Lalu, apa saja kandungan yang harus ada di kandungan body care harian demi kulit tetap terjaga kelembabannya?

Popmama.com akan merangkumkannya untuk Mama. 

1. Perempuan berhijab lebih mudah berkeringat

1. Perempuan berhijab lebih mudah berkeringat
Freepik/marymarkevich

Seringnya, merasa kulit akan kering karena terpapar matahari atau terkena panas langsung saja. Padahal, saat kamu berkeringat, meski kulit terasa lembab karena keringat, namun pada dasarnya kulit telah kehilangan cairan. 

"Saat mengenakan hijab, kulit lebih cepat kering karena kandungan air di dalam kulit lebih cepat menguap," ujar dr Irma dalam acara media conference peluncuran Vaseline Hijab Bright, Kamis (21/10) secara virtual. 

Jadi, meski kulit tertutup pakaian, jangan lantas jadi malas menggunakan pelembab tubuh, ya!

Editors' Picks

2. Efek jangka panjang kulit yang kering

2. Efek jangka panjang kulit kering
Freepik/karlyukav

Jika membiarkan kulit terus kering dalam jangka panjang, maka bukan tidak mungkin kamu mengalami penuaan dini. Apa saja yang bisa terjadi? 

Menurut dr Irma, tanda penuaan dini antara lain keriput, dark spot di area yang sering terpapar sinar matahari, dan jadi lebih sensitif. 

"Perawatan kulit itu investasi jangka panjang, karena penuaan tak bisa dihindari. Yang bisa dilakukan sekarang adalah bagaimana kita menjaga kulit agar tidak penuaan bisa datang lebih lama," lanjutnya. 

3. Kandungan yang penting ada di body care

3. Kandungan penting ada body care
Pexels/Linda Prebreza

Menurut dr Irma, ada beberapa kandungan aktif yang sebaiknya dimiliki body care. Yang pertama adalah niacinamide atau vitamin B3. 

"Fungsinya bisa menjaga kelembaban kulit, mencerahkan kulit, anti radang. Kandungan ini juga bisa digunakan siapa saja, termasuk orang dengan kulit sensitif, aman juga untuk ibu hamil dan menyusui," lanjutnya. 

Lalu, ada juga asam hialuronat yang sebenarnya sudah ada di dalam tubuh. 

"Kandungan ini berbahan dasar air dan ada di dalam kulit kita. Seiring bertambahnya usia, kandungan ini berkurang sehingga jika ada tambahan dari body care maka bisa menjaga kulit dalam jangka waktu yang lama," ungkapnya. 

Kemudian, penting juga untuk memilih body care yang mengandung petroleum jelly karena punya sifat yang oklusif. 

"Kandungan ini bisa memberi lapisan pada kulit untuk menjaga air di dalam kulit. Ia bisa juga menjaga dan mencegah keluarnya kandungan air dari dalam kulit," ujarnya. 

Kandungan terakhir yang tak kalah penting adalah filter UVA dan UVB. 

"Sinar matahari UVA masih bisa tembus meski sudah tertutup baju, dan itu jadi faktor yang mempercepat penuaan dini," tuturnya. 

4. Jenis body care yang cocok untuk perempuan dengan hijab

4. Jenis body care cocok perempuan hijab
Dok. Vaseline

Ketika menggunakan body care, penting sekali untuk mengetahui seperti apa produk yang kamu butuhkan. Bagi kamu yang mengenakan hijab, menggunakan produk yang cepat meresap dan tidak lengket saat berkeringat sangatlah penting. 

Jika tidak, maka tubuh bisa lebih mudah berkeringat dan malah jadi lepek saat sedang kegerahan. 

Vaseline baru saja mengeluarkan produk terbarunya yaitu Vaseline Hijab Bright All Day Radiant Cooling Serum dengan beberapa keunggulan yaitu teknologi parfum yang mampu bertahan selama 12 jam dan formula yang berbentuk serum sehingga tidak lengket dan lebih mudah menyerap di kulit. 

Selain itu, produk ini juga mengandung 10x niacinamide, 10x hialuron dan vaseline jelly untuk mendukung kulit tubuh sehat dan terawat. 

Yang terakhir, produk ini juga bersertifikat halal, lho. 

5. Waktu yang paling tepat menggunakan body care

5. Waktu paling tepat menggunakan body care
skincare.com

Dr Irma menjelaskan, ada waktu-waktu terbaik untuk mengaplikasikan body care. 

"Waktu terbaik adalah setelah mandi, saat baru selesai mengeringkan tubuh. Jadi tubuh masih ada sisa lembab air dari mandi tadi," ujarnya. 

Dengan cara ini, tubuh masih memiliki kandungan air yang membuatnya lembab dan jika menggunakan body care yang mengandung petroleum jelly, maka bisa langsung mengunci kelembabannya. 

Selain itu, ia juga mengingatkan bahwa kebutuhan menggunakan body care setiap orang bisa berbeda. 

"Bagi kulit yang kering, maka menggunakan body care bisa lebih sering dibanding mereka yang punya kulit normal atau cenderung lembab alami," tuturnya. 

Jadi, pastikan untuk menggunakan body care sesuai kebutuhan, ya. Jika dirasa sudah kering dan butuh pelembab, jangan ragu untuk mengaplikasikannya lagi ke kulit. 

Jangan biarkan kulit tidak terawat, karena menyesal di kemudian hari takkan mengubah keadaan. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.