Kulit Kering setelah Melahirkan, Ini 6 Langkah Perawatannya

Ada kondisi yang membuat beberapa Mama mengalami kulit sangat kering setelah melahirkan

16 Oktober 2021

Kulit Kering setelah Melahirkan, Ini 6 Langkah Perawatannya
Freepik/wayhomestudio

Sebelumnya, kulitmu cenderung normal, namun setelah melahirkan, tiba-tiba saja jadi sangat kering dan kamu tak tahu apa yang harus dilakukan. Sebagai Mama yang baru melahirkan, tentu merawat wajah tidak semudah sebelumnya. 

Ditengok dari What to Expect, ada beberapa penyebab yang membuat kulit berubah setelah melahirkan. Beberapa di antaranya adalah perubahan hormon, perubahan pembuluh darah, kelenjar, dan struktur kulit yang juga berubah.

Untuk itu, Popmama.com akan merangkumkan cara merawat kulit yang kering setelah melahirkan. 

1. Mencuci muka sekali saja dengan pembersih wajah

1. Mencuci muka sekali saja pembersih wajah
Pexels/Ron Lach

Salah satu penyebab utama kulit jadi super kering setelah melahirkan adalah karena perubahan hormon. Tak hanya wajah, namun bisa saja seluruh kulit di tubuh jadi pecah-pecah dan kering. 

Untuk wajah, pastikan untuk memilih produk pembersih yang aman untuk kulit. Usahakan memilih produk untuk kulit sensitif. Kamu bisa mencuci muka sekali saja dengan produk non sabun setiap harinya. 

Sementara di kesempatan lain selama seharian, usahakan hanya mencucinya dengan air mengalir saja. 

2. Pelembap yang wajib di dua waktu

2. Pelembap wajib dua waktu
Pexels/Shiny Diamond

Memiliki bayi yang baru lahir sudah tentu menguras tenaga dan waktu kamu. Untuk itu, tak perlu terlalu repot dengan perawatan wajah meski sedang sangat kering. 

Kamu hanya perlu menggunakan pelembap di dua waktu yaitu setelah mandi dan sebelum tidur malam. 

Mudah, kan?

Editors' Picks

3. Hindari mandi air hangat terlalu lama

3. Hindari mandi air hangat terlalu lama
Freepik/Racool_studio

Berendam air hangat memang bisa membantu menenangkan syaraf-syaraf yang tegang setelah seharian mengurus anak. Namun terlalu lama di air hangat bisa menghilangkan minyak alami dari kulit. 

Daripada membuat kulit makin kering, lebih baik mandi cepat saja dan usahakan untuk menambahkan minyak mandi atau bath oil di air yang digunakan, ya!

4. Minum air putih yang cukup

4. Minum air putih cukup
Pexels/Daria Shevtsova

Saat menyusui, rasanya selalu haus. Jika tidak dipenuhi, bukan hanya tenggorokan kamu yang kering namun juga kulit akan makin pecah-pecah. Kamu bisa memenuhi air minum harian. 

Untuk ibu yang sedang menyusui, anjurannya adalah 3 liter per hari. Selain itu, konsumsi makanan sehat yang tinggi asam Omega-3 agar kulit lebih sehat dan segar dari dalam. 

5. Menggunakan humidifier

5. Menggunakan humidifier
Freepik/pvproductions

Menghabiskan waktu di ruangan ber-AC juga menjadi salah satu pemicu tambahan kulit kering. Untuk menghindarinya, kamu bisa menggunakan alat pelembap udara atau humidifier. 

Tak hanya membantu Melembapkan udara, namun juga bisa menenangkan dan lebih rileks jika menambahkan minyak esensial ke dalamnya. 

6. Jangan lupa gunakan sunscreen

6. Jangan lupa gunakan sunscreen
Freepik/lookstudio

Kulit kering akan makin kering saat terpapar sinar matahari. Untuk itu, pastikan untuk selalu menggunakan sunscreen saat ke luar rumah, termasuk saat menjemur si Kecil setiap pagi. 

Pilihlah sunscreen yang SPF-nya lebih dari 30. Jangan lupa pilih produk yang aman untuk ibu menyusui juga, ya. 

Selain karena masalah hormon, ada beberapa alasan lain kenapa kulit seseorang jadi super kering setelah melahirkan. Salah satunya adalah inflamasi di kelenjar tiroid. 

Biasanya gejala ini diikuti dengan insomnia, detak jantung yang cepat, kelelahan, atau penurunan berat badan yang terlalu tajam. 

Jika merasa beberapa gejala di atas, jangan ragu untuk pergi ke dokter. 

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat kulit yang super kering setelah melahirkan. Tak banyak langkah dan mudah dilakukan, kan?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.