Harus Tahu, Ini 5 Manfaat Lada Hitam untuk Kecantikan

Tak hanya untuk menyedapkan makanan, namun juga untuk mengurangi kerutan

23 Juni 2021

Harus Tahu, Ini 5 Manfaat Lada Hitam Kecantikan
Freepik

Selama ini, merica dikenal sebagai rempah yang memperkaya rasa makanan. Tapi ternyata, lada hitam juga punya banyak manfaat untuk kecantikan. 

Bisa dibilang, merica salah satu rempah berharga yang ada di di Indonesia. Semua makanan jadi terasa lebih nikmat dengan sentuhan akhir dari rempah ini. 

Selain untuk banyak manfaatnya untuk kesehatan, merica atau lada juga berguna untuk kecantikan. 

Popmama.com akan merangkumkannya untuk Mama. 

1. Melawan tanda penuaan

1. Melawan tanda penuaan
Freepik/Wavebreakmedia

Di umur 30, sudah banyak perempuan yang mengalami penuaan dini. Hal ini dikarenakan paparan radikal bebas dan sinar UV yang menyerang kulit. 

Tak heran jika kerutan, flek hitam, dan garis halus mulai kentara di wajah.  Dari Healthline, lada hitam mengandung antioksidan yang tinggi dan mengandung antiinflamasi. 

Selain dikonsumsi, kamu juga bisa membuat masker dari bubuk lada. 

Caranya, campurkan 1 sendok teh bubuk lada hitam dengan 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh kunyit bubuk. Tambahkan air sedikit sampai teksturnya seperti pasta. 

Oleskan di wajah dan diamkan selama 15 menit kemudian bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin untuk hasil  yang maksimal. 

Editors' Picks

2. Sebagai eksfoliator alami

2. Sebagai eksfoliator alami
Freepik/Maksymiv-yura

Kandungan antibakteri yang ada di dalam lada hitam bisa membantu wajah melawan infeksi karena debu, kotoran, dan bakteri. Kamu bisa juga, lho, membuat masker alami untuk eksfoliasi kulit wajah. 

Yang dibutuhkan adalah 1 sendok teh lada hitam bulat dan giling sampai cukup kasar, 1 sendok teh yoghurt plain, 1/2 sendok teh madu, dan sejumput kecil bubuk kunyit. 

Campur sampai rata dan usapkan pelan ke wajah dengan gerakan memutar selama 15 sampai 30 detik. Cara ini bisa mengangkat kulit mati dan membuka pori-pori yang tersumbat. 

Namun kalau kamu punya kulit sensitif, jangan lupa melakukan pengecekan sebelum mengaplikasikannya ke wajah, ya. 

3. Untuk menghilangkan ketombe

3. menghilangkan ketombe
Freepik/Reportazh

Merica hitam juga mengandung vitamin C yang tinggi dan bisa membantu menjaga kulit kepala tetap sehat dan bersih. Tak hanya itu, kandungan ini juga bisa menjaga kulit kepala agar tidak berketombe. 

Untuk menggunakannya, kamu bisa menggunakan bubuk lada hitam, cukup sejumput saja. Kemudian, campurkan dengan minyak zaitun dan aplikasikan ke kulit kepala. 

Diamkan selama 30 menit dan bilas menggunakan air bersih. Jika ingin keramas, lakukan keesokan harinya, ya!

4. Menunda hadirnya uban

4. Menunda hadir uban
Pixabay/LisaRedfern

Selain untuk mengusir ketombe, rempah ini juga bisa menunda kehadiran uban. Di mana, banyak perempuan berumur 30-an sudah mulai beruban. 

Nah, dengan menggunakan hair mask, kamu bisa menundanya. Caranya, campurkan 1 sendok teh bubuk lada hitam dan 3 sendok yoghurt plain dan aduk merata. 

Kemudian, oles merata ke rambut dan diamkan selama 20 menit. Yoghurt yang diaplikasikan juga bisa membantu melembapkan rambut. 

5. Membantu pertumbuhan rambut dan menjaga kekuatan akar rambut

5. Membantu pertumbuhan rambut menjaga kekuatan akar rambut
Freepik/cookie_studio

Yang terakhir, rempah ini juga bisa membantu menstimulasi folikel rambut dan membantu pertumbuhan rambut. Ini sangat penting untuk kamu yang punya rambut mudah rontok. 

Kamu perlu waktu untuk membuat masker alami yang satu ini. Caranya, masukkan beberapa sendok merica giling kasar dan rendam di dalam minyak zaitun. Diamkan selama 2 minggu. Kemudian tiriskan minyak hingga bersisa hanya merica gilingnya saja. 

Aplikasikan ke kulit kepala dan diamkan selama 30 menit. Setelah selesai, bilas dengan air dingin. 

Selain untuk memicu pertumbuhan rambut, cara ini juga bisa membantu menguatkan akar rambut sehingga rontok bisa berkurang.

Itulah beberapa manfaat dari lada hitam yang bisa digunakan untuk kecantikan. Tertarik mencoba yang mana nih, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.