Ini 5 Rutinitas Skincare untuk Kamu yang Berusia 30-an

Beda umur, beda rutinitasnya

30 Mei 2020

Ini 5 Rutinitas Skincare Kamu Berusia 30-an
Freepik

Skincare memang memiliki beberapa tahapan, namun itu semua berbeda tergantung kelas umurnya. Bagi kamu yang sudah memasuki umur 30-an, Popmama.com punya urutan skincare yang tepat. 

Tak hanya tren, kini skincare merupakan bentuk perhatian pada tubuh yang memiliki efek positif jangka panjang. Merawat kulit sedari dini membuatnya bisa terlihat lebih sehat dan muda. 

Seiring berjalannya waktu, maka diperlukan beberapa perubahan mengenai urutan dari rutinitas skincare

Untuk kamu yang sudah memasuki umur 30-an, inilah urutan skincare yang tepat. 

1.  Serum vitamin A atau retinol agar tampak awet muda

1.  Serum vitamin A atau retinol agar tampak awet muda
youngerskinguide.com

Memasuki umur 30, kebanyakan perempuan mulai kehilangan kekenyalan di wajah mereka. Ini bisa dikarenakan protein seperti kolagen dan elastin lebih cepat hancur di tubuh.

Ini bisa dikarenakan perubahan hormon, salah satunya kekurangan estrogen. Pada akhirnya, wajah jadi terlihat mengendur di area pipi dan rahang. 

Untuk mengurangi hal tersebut, disarankan untuk menggunakan serum yang mengandung vitamin A untuk menyamarkan kerut halus. Sedangkan retinoid berguna untuk membantu membentuk kolagen, menjaga mempertahankannya, dan menjaga perubahan sel agar tidak terlalu cepat mati. 

Editors' Picks

2. Jangan lupa gunakan krim mata

2. Jangan lupa gunakan krim mata
vineveramiami.com
gunakan krim mata untuk atasi mata panda

Krim mata harus masuk dalam rutinitas skincare harian kamu. Menurut Women's Health, area mata adalah yang paling sensitif di wajah. 

Area ini bisa jadi pertanda pertama wajahmu bertambah tua. Perhatikan saja, di mana kerutan halus pertama kali terlihat?

Mengapa penting menggunakan krim mata secara khusus? Ini dikarenakan kulit area mata adalah yang paling sensitif, maka diperlukan kandungan yang tepat agar tidak membuat iritasi. 

Yang harus diperhatikan adalah gunakan krim mata secara rutin, setiap hari, dan lakukan dengan lembut. Jika terlalu tergesa atau terlalu menekan, akan membuat rusak jaringan kulit di sana. 

3. Oleskan sampai ke leher

3. Oleskan sampai ke leher
Freepik/drobotdean

Pada umur ini, tak hanya kulit muka yang butuh perhatian, tapi juga kulit leher. 

Dilansir dari Byrdie, leher sering dilupakan untuk turut masuk dalam rutinitas harian. Pada akhirnya, leher malah jadi pertanda bahwa kamu sudah menua dan tentu hal ini akan sulit diperbaiki. 
Jadi sebelum terlambat, mulailah untuk merawat area leher.

Merawat area leher tidak bisa sembarangan. Tidak asal mengoleskan krim wajah ke leher saja karena tidak akan ada efeknya. 

Menurut ahli kecantikan, oleskan pelembab dan sunscreen ke area leher untuk membuatnya terlihat tepat lembut, kenyal dan tidak mudah keriput. 

4. Selalu gunakan sunscreen

4. Selalu gunakan sunscreen
Freepik/Timonko

Salah satu masalah yang sering timbul di kulit wajah pada umur 30-an adalah noda hitam. Selain karena penuaan, noda hitam di wajah dipengaruhi juga oleh sinar matahari. 

Oleh karena itulah penting untuk memakai sunscreen setiap hari dengan rutin. Tak hanya pagi hari, namun setiap hendak ke luar ruangan.

Dengan begitu, wajah jadi terlindungi dari sinar matahari yang mematikan sel kulit. 

5. Rutin memakai masker

5. Rutin memakai masker
Freepik/ senivpetro

Selain skincare harian, ada juga perawatan tambahan yang harus mulai dilakukan perempuan di umur 30-an. Yaitu rutin memakai masker terutama yang mengandung anti aging

Penggunaan masker yang rutin bisa membantu memperbaiki tekstur wajah akibat penuaan, salah satunya adalah kerut halus.

Gunakan masker secara rutin sekitar 2 sampai 3 kali dalam seminggu. 

Dengan menerapkan rutinitas skincare ini, kulitmu jadi lebih terjaga di masa mendatang. Jangan lewatkan rutinitasnya, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.