Tips Fashion, 8 Kebiasaan yang Bikin Penampilan Terlihat Lebih Stylish

Tampil percaya diri jadi kunci dari penampilan stylishmu lho!

14 Mei 2022

Tips Fashion, 8 Kebiasaan Bikin Penampilan Terlihat Lebih Stylish
Pexels/Ksenia Chernaya

Memiliki penampilan yang stylish menjadi idaman bagi beberapa orang, terutama untuk para fashion enthusiast.

Tidak sedikit perempuan ataupun laki-laki yang berpikir kalau harus mengikuti tren terbaru, menggunakan pakaian yang mewah, hingga memiliki segudang pakaian baru bisa tampil kece. 

Padahal, penampilan yang stylish itu ada tipsnya tersendiri. Selain harus tampil percaya diri, ini dia 8 tips fashion yang telah Popmama.com rangkum.

Dengan tips berikut ini bisa bikin penampilan kamu jadi selalu terlihat lebih stylish daripada biasanya. 

1. Pastikan memiliki pakaian dasar yang bisa jadi andalan

1. Pastikan memiliki pakaian dasar bisa jadi andalan
Pixabay/moritz320

Tips yang pertama, pastikan kamu memiliki pakaian dasar yang bisa menjadi andalan di rak lemari. Beberapa pakaian pokok itu seperti gaun hitam kecil yang ikonik, celana jeans yang pas, blazer klasik, T-shirt sederhana dan kancing bawah dalam warna netral, dan jaket kulit (atau jaket denim) yang simpel. 

Tidak perlu memiliki fashion yang branded, mengoleksi fashion item dari merek lokal atau dengan harga yang affordable juga bisa bikin penampilan kamu menawan. Berinvestasi dalam memahami dasar-dasar mix and match (mempelajari cara menatanya) adalah kunci untuk terlihat menyatu.

2. Pastikan koleksi pakaian yang dimiliki pas dan cocok di badan

2. Pastikan koleksi pakaian dimiliki pas cocok badan
Freepik

Salah satu trik untuk membuat item pakaian apapun terlihat luar biasa adalah dengan menyewa penjahit yang baik. Pakaian yang disesuaikan tidak hanya terlihat cocok untuk digunakan, tetapi juga terasa lebih nyaman. 

Celana yang terseret di tanah dan gaun yang diikat dengan canggung tidak akan membuat kamu menjadi merasa gaya. Jika lemari pakaian kapsul yang kamu miliki tidak cocok, kamu bisa mulai bermain dengan barang berukuran besar dan kecil dengan cara yang terasa modis agar tidak ceroboh dalam mengoleksi fashion items.

3. Pelajari cara menyeimbangkan proporsi saat memadukan fashion items

3. Pelajari cara menyeimbangkan proporsi saat memadukan fashion items
pinterest.com,hk.asiatatler.com

Menyeimbangkan proporsi adalah tentang menata pakaian kamu untuk menciptakan harmoni estetika secara keseluruhan. Cara untuk mencapai ini adalah dengan mengenakan pakaian yang pas dengan bentuk tubuh seseorang. 

Saat kamu ingin bermain dengan pakaian kebesaran atau bentuk yang tidak biasa, jadikan momen fashion dengan menjaga sisa tampilan tetap pas. Misalnya, coba padukan crop top ketat dengan jeans wide-leg. Pilihan lainnya yaitu bisa juga mengenakan atasan puff-shoulder dengan celana straight-leg.

Editors' Picks

4. Temukanlah gaya pribadi yang menjadi ciri khas tersendiri

4. Temukanlah gaya pribadi menjadi ciri khas tersendiri
Freepik/cookie_studio

Mengembangkan gaya tanda tangan bisa memakan waktu bertahun-tahun, tetapi kamu bisa memulainya dengan membuat moodboard. Sama dengan menentukan gaya pribadi yang menjadi ciri khas tersendiri.

Ingatlah bahwa gaya pribadi adalah sebuah eksperimen. Eksperimen yang dimaksud adalah,  kamu tidak pernah tahu penampilan luar biasa apa yang menunggu kamu sampai berada di ruang ganti.

Kategori "pakaian pria" dan "pakaian wanita" seharusnya tidak mendikte cara seseorang berbelanja. Luangkan waktu untuk bermain dengan warna dan bentuk untuk menemukan apa yang tampak hebat di tubuh unik kamu.

5. Menjadi pembeli yang lebih baik dengan mengetahui batasan

5. Menjadi pembeli lebih baik mengetahui batasan
avenuecalgary.com

Mempelajari cara berbelanja untuk apa yang diinginkan akan membantu seseorang menghindari mengisi lemari penuh dengan barang-barang yang tidak pernah dipakai. Itu artinya, semua koleksi pakaian yang ada di lemari kamu pastikan bisa digunakan tanpa sisa sedikitpun. 

Ketika lemari pakaian kamu terdiri dari potongan-potongan yang menjadi favorit kamu, menata pakaian akan menjadi kebiasaan yang menyenangkan. Itu mengapa penting untuk mencari tahu fashion apa yang kamu butuhkan dan inginkan sebelum membeli pakaian di toko.

6. Tambahkan ikat pinggang di setiap outfitnya

6. Tambahkan ikat pinggang setiap outfitnya
homedit.com

Menambahkan ikat pinggang ke tampilan adalah salah satu cara termudah untuk membuat pakaian apapun terlihat lebih menyatu. Hal Ini juga merupakan trik yang bagus untuk menghadirkan keseimbangan pada tampilan yang mungkin tidak akan berhasil.

Beberapa fashion yang bisa ditambahkan ikat pinggang yaitu saat kamu mengenakan sweater kasmir panjang dan rok midi yang mengembang. Dengan mengenakan ikat pinggang, lekukan tubuh indahmu akan lebih terlihat.

7. Bermainlah dengan berberapa warna baik gelap maupun cerah

7. Bermainlah berberapa warna baik gelap maupun cerah
bustle.com

Tips yang selanjutnya yaitu bermainlah dengan beberapa warna baik gelap maupun cerah. Jika ragu untuk menambahkan warna pada penampilan, mulailah dengan hanya satu potong warna-warni. 

Pertahankan agar tampilan agar tetap netral. Saat kamu merasa lebih nyaman dengan warna, kamu akan mempelajari kombinasi warna mana yang paling cocok untuk gaya yang akan kamu kenakan di hari itu. Lihatlah roda warna untuk menjadi inspirasi.

8. Campurkan pola dan tekstur dari setiap fashion item

8. Campurkan pola tekstur dari setiap fashion item
mammacandoit.com

Jika sudah mencocokkan tas tangan dengan sepatu, langkah selanjutnya yaitu menentukan tekstur dan cetakan yang bentrok membuat pernyataan mode yang lebih berani. 

Mulailah dari yang kecil dengan pola netral yaitu garis-garis dan tekstur sederhana dari kulit dan rajutan. Tambahkan juga beberapa payet dan paisley dalam jumlah kecil.

Beberapa fashion item seperti syal, dasi, atau clutch bisa kamu modifikasi kembali sesuai dengan apa yang kamu inginkan dan butuhkan. Pastikan juga kamu telah mempelajari apa yang cocok denganmu.

Nah, itulah rangkuman yang telah Popmama.com rangkum mengenai 8 tips fashion yang bisa bikin penampilan kamu jadi selalu stylish. Lakukanlah kebiasaan tersebut agar dapat mengubah penampilan fashion kamu kedepannya menjadi lebih stylish.  

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk