TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Review Sunscreen dari dokter Kamilah Jaidi, Ada Carasun sampai Biore

Simak dan catat beberapa informasi penting mengenai sunscreen terbaik versi dokter Kamilah Jaidi

18 Agustus 2022

5 Review Sunscreen dari dokter Kamilah Jaidi, Ada Carasun sampai Biore
Freepik/Fabrikasimf

Maraknya produk skincare yang muncul di Indonesia kerap membuat para perempuan bingung untuk memilihnya. Salah satunya seperti beberapa sunscreen yang tersedia di supermarket.

Sunscreen sendiri merupakan satu hal fundamental untuk memiliki wajah yang sehat dan awet muda. Ia dikenal sebagai tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit dari pengaruh sinar UV dari matahari yang dapat merusak kulit.

Maka dari itu, pemilihannya juga tidak boleh sembarangan. dr.Kamilah Jaidi, MARS sempat memaparkan informasi serta pendapatnya di akun YouTube kecantikannya yang berjudul "BATTLE SUNSCREEN YANG ADA DI SUPERMARKET!!! PART 1" pada (1/3/2022). 

Langsung saja simak rangkuman yang telah Popmama.com rangkum mengenai 5 review jujur sunscreen yang ada di supermarket dari dokter kecantikan Kamila Jaidi. Simak dan jangan sampai salah pilih ya!

1. Skin Aqua UV Moisture Milk cocok untuk kulit kering dan normal

1. Skin Aqua UV Moisture Milk cocok kulit kering normal
perfectbeauty.id

Sunscreen pertama yang diadu yaitu dari Skin Aqua UV Moisture Milk. dokter Kamila menjelaskan bahwa yang harus dilihat pertama kali saat ingin membeli sunscreen yaitu SPFnya. 

“SPF pada sunscreen ini udah 50 jadi proteksinya sudah 98 persen. PAnya sendiri sudah +++ atau +3,” ujarnya. 

Ia menambahkan, PA +3 itu sebaiknya dipakai hanya di dalam rumah saja. Kalau pergi, sebaiknya jangan panas-panasan karena kamu perlu menggunakan PA yang +4 jika ingin terkena sinar matahari.

“Teksturnya sendiri mudah di blend. Namun, sayangnya terdapat white case sedikit jadi terlihat putih-putihnya sedikit. Teksturnya watery, non parfume, dengan kandungan hyaluronic acid jadi cocok untuk kulit yang kering,” ujarnya.

Untuk kandungannya, terdapat kolagen yang bisa membantu melembabkan dan mengencangkan. Selain itu, terdapat vitamin D5 dan E yang membuat kulit jadi lebih berminyak dan lembab dengan harga Rp 48.500.

“Ini cocok untuk kamu yang memiliki jenis kulit dan normal ya. Kalau bisa kulit yang berjerawat jangan gunakan ini dulu ya karena ada vitamin Enya yang bisa memproduksi atau memicu peningkatan produksi minyak,” sarannya.

Editors' Picks

2. Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++

2. Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++
Instagram.com/wardahbeauty/

Sunscreen kedua yang diadu yaitu Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++. Suncreen dengan SPF 30 itu memiliki proteksi sekitar 97 persen. 

“Untuk sunscreen yang satu ini, tetap tidak dianjurkan bagi kamu yang ingin panas-panasan di luar rumah karena hanya memiliki PA +3,” ujarnya.

Untuk teksturnya sendiri, dokter merasa cukup lite atau ringan seperti cream. Ketika di blend, sunscreen tersebut tidak menimbulkan white casenya.

 Dengan harga sekitar Rp 35.000 (40ml), sunscreen dari Wardah ini memiliki kandungan nol persen alkohol yang cocok untuk kulit sensitif, vitamin rich E, dan Provit D5.

“Saat kenakan sunscreen jangan lupa menggunakan dua ruas jari ya,” tegas dokter. 

3. Biore UV Aqua Rich Watery Essence Sunscreen Skin Care SPF 50 PA++++

3. Biore UV Aqua Rich Watery Essence Sunscreen Skin Care SPF 50 PA++++
Zalora.co.id

Sunscreen ketiga yang diadu yaitu Biore UV Aqua Rich Watery Essence Sunscreen Skin Care. Sunscreen yang satu ini memiliki SPF 50 dengan PA +4.

“Jadi, ini aman banget buat kamu yang ingin panas-panasan di luar rumah karena PAnya sudah ++++,” ujarnya. 

Untuk teksturnya, dokter merasa benar-benar sesuai dengan klaimnya yaitu aqua rich. Jadi, seperti banyak sekali airnya dan tidak lengket saat diapply ke wajah. 

“Harganya sendiri sekitar Rp 120.000 yang sesuai dengan klaimnya yaitu very high level UV A dan UV B protection. Selain itu, very water resistant dan watery hyrad essence dengan hyaluronic acid dan royal jelly extract yang bagus untuk melembapkan,” ujarnya.

Selain itu, sunscreen yang satu ini juga terdapat butylene glycol half moise dan soft skin. Kadar komedo genicnya hanya satu sehingga tidak atau sangat rendah berisiko memicu pertumbuhan dari komedonya. 

“Jadi, sunscreen ini bisa dibilang non-comedogenic dan cocok untuk kamu yang memiliki kulit berjerawat, normal, atau kering,” tegasnya.

4. Skin Aqua UV Moisture Gel SPF30 PA++ untuk normal to oily skin

4. Skin Aqua UV Moisture Gel SPF30 PA++ normal to oily skin
Blibli.com

Sunscreen keempat yang diadu yaitu masih dari Skin Aqua. Namun, kali ini beda produk yakni UV Moisture Gel SPF30 PA++.

“Mungkin yang satu ini tujuannya untuk orang-orang yang memiliki kulit berminyak. Jadi, dia PAnya tidak terlalu tinggi karena semakin tinggi SPF dan PA akan beresiko untuk menyumbat komedo yang semakin besar,” ujar dokter Kamila.

Untuk kandungannya, terdapat hyaluronic acid dan kolagen walaupun non-comedogenic. Tujuan si hyaluronic dan kolagennya itu untuk melembapkan. 

“Nah, sunscreen ini juga memiliki kandungan vitamin D5, E, dan C. Jadi, tidak terlalu jauh dengan produk Skin Aqua yang sebelumnya,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk teksturnya itu malah lebih kental padahal tulisannya moisture gel dan lebih seperti cream. Harganya sekitar Rp 41 ribuan.

5. Carasun Solar Smart UV Protector SPF45 PA++++

5. Carasun Solar Smart UV Protector SPF45 PA++++
Dok. carasun

Sunscreen kelima yang diadu yaitu dari merek brand lokal Carasun. Namanya itu adalah Carasun Solar Smart UV Protector SPF45 PA++++. 

“Ketika aku mengeluarkan sunscreennya ke tangan, aku merasa lebih kental daripada sunscreen yang lainnya. Kalau makenya dua ruas jari, seperti harus menumpuk terus karena merasa belum merata,” ujarnya.

Ia menambahkan, tekstur dari sunscreen Carasun masih cukup lite. Jadi, tidak berat dan masih nyaman untuk menyerap ke wajah. Namun, tidak seringan awan.

“Untuk kandungannya ini ada ekstrak beras dan city steam. Jadi, dia memberikan nutrisi, melembapkan, dan melindungi dari polusi. Fungsinya ini untuk hidrasi dan antioksidan,” jelasnya.

Sebagai penutup, dokter tidak berani mengatakan apakah Carasun cocok untuk jenis kulit berjerawat atau tidak. Alasannya karena tidak terlalu banyak informasi yang diberikan pada produknya. 

Namun, ia menegaskan bahwa teksturnya “so far so good” untuk kamu yang memiliki kulit berjerawat. Alangkah lebih baik jika memilih sunscreen yang lebih lite atau ringan lagi.

Nah, itulah rangkuman yang telah Popmama.com rangkum mengenai 5 review jujur sunscreen yang ada di supermarket dari dokter kecantikan Kamila Jaidi. Kamu bisa memilihnya yang sesuai dengan jenis kulitmu ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk