Serupa tapi Tak Sama, Ini Beda serta Manfaat Sunscreen dan Sunblock

Beda kebutuhan, beda kegunaan, Ma

1 Juni 2021

Serupa tapi Tak Sama, Ini Beda serta Manfaat Sunscreen Sunblock
freepik/nikitabuida

Saat ini penggunaan sunscreen sedang ramai diperbincangkan. Terutama bagi yang ingin kampanye bare face atau wajah tanpa makeup, seringnya hanya menggunakan sunscreen saja. 

Sedangkan sunblock identik dengan liburan ke pantai dan aneka kegiatan luar ruangan di cuaca yang terik. Namun tak jarang juga produk kecantikan yang mengeluarkan sunblock untuk masuk dalam skincare harian. 

Lalu, apa sebenarnya perbedaan dari sunscreen dan sunblock, serta apa manfaatnya? Popmama.com akan mengulasnya dengan lengkap!

Apa Perbedaan UVA dan UVB?

Apa Perbedaan UVA UVB
Pexels/Skitterphoto

UVA atau sinar ultra violet merupakan penyebab utama timbulnya keriput, garis halus tanda penuaan dini, serta flek hitam di wajah. Jika terlalu sering terpapar sinar UVA tanpa perlindungan kulit bisa menyebabkan kanker kulit, Ma. 

Sedangkan UVB adalah penyebab utama kulit terbakar sinar matahari. Di mana jika tak mengenakan perlindungan saat terpapar sinar tersebut, kulit akan menjadi gosong dan hitam.

Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Perbedaan Sunscreen Sunblock
Freepik/Freepic.diller

Sesuai namanya, sunblock dianggap bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Didukung pula dengan kemampuan dari sunblock yaitu menangkal sinar UVA dan UVB. 

Sedangkan sunscreen dianggap hanya sebagai pelindung ringan dari sinar matahari. Oleh karena itu, kebanyakan sunscreen hanya memiliki kandungan UVB. Namun kini tak mulai bermunculan sunscreen dengan kandungan lengkap yaitu perlindungan dari sinar UVA dan UVB.

Ada dua istilah lain yaitu  physical sunscreen dan chemical sunscreen. Physical sunscreen adalah krim tabir surya yang mengandung mineral aktif titanium dioksida dan zinc oksida. Fungsinya melindungi kulit dari sinar matahari dengan cara menghalangi dan memantulkan sinar matahari pada permukaan kulit. Inilah yang biasa disebut dengan sunblock

Chemical sunscreen berfungsi melindungi kulit dengan cara menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi panas. Nantinya energi tersebut akan dilepaskan lewat permukaan kulit. Teksturnya lebih cair dibanding physical sunscreen sehingga lebih mudah diserap oleh kulit. Sunscreen pada umumnya adalah chemical sunscreen.

Editors' Picks

Kandungannya juga Berbeda

Kandungan juga Berbeda
Rawpixel.com / Freepik

Untuk sunscreen, kandungannya biasanya berisi Octylcrylene, Avobenzone (filter UVA yang paling tidak stabil dan terurai di bawah matahari), Octinoxate, Octisalate, Oxybenzone, Homosalate, Helioplex, 4-MBC, Mexoryl SX dan XL, Tinosorb S dan M, Uvinul T 150, dan Uvinul A Plus. 

Untuk sunblock, biasanya memiliki 2 kandungan utama yaitu berisi kandungan mineral seperti zinc oksida dan titanium dioksida.

Zinc oksida adalah mineral sintetik yang bertugas untuk memecah panas dan energi yang dilepaskan oleh sinar UV, menghalangi radiasi sinar UV bahkan sebelum mencapai permukaan kulit.

Zinc oksida juga mempunyai kandungan yang mampu dari anti iritasi dan dapat melindungi kulit sensitif. Sementara, titanium dioksida adalah mineral alami yang memilki kemampuan reflektif dan kestabilan yang baik sehingga tidak akan terurai di bawah sinar matahari.

Manfaat Sunscreen

Manfaat Sunscreen
Unsplash/Katie Treadway

Setidaknya ada 5 manfaat dari penggunaan rutin sunscreen. Antara lain:

  1. Menghindari wajah dari paparan langsung sinar matahari
  2. Mencegah kanker kulit. Tentu jika menggunakan suncreen yang mengandung perlindungan dari sinar UVA.
  3. Mencegah penuaan dini dari sunscreen dengan SPF minimal 30
  4. Mencegah komedo
  5. Mencegah kulit terbakar

Manfaat Sublock

Manfaat Sublock
Pixabay/dimitrisvetsikas1969

Tak kalah menarik, ada juga 5 manfaat yang bisa didapat saat menggunakan sunblock:

  1. Menangkal efek buruk dari Sinar UVA dan UVB. Yang mana semua sunblock pasti memiliki kandungan ini
  2. Terbebas dari kulit terbakar
  3. Memaksimalkan penyerapan nutrisi pada kulit. Di mana penyerapan nutrisi dari produk kecantikan yang digunakan dan makanan tak bisa terserap maksimal jika kulit tidak sehat dan terlindungi maksimal dari sinar matahari.
  4. Kulit terlihat awet muda
  5. Menjaga kelembaban alami kulit

Mana yang Lebih Baik?

Mana Lebih Baik
Freepik/1989studio

Sunscreen dan sunblock pada dasarnya sama-sama berfungsi optimal untuk mencegah efek buruk sinar UV.

Tinggal dilihat lagi kandungan apa saja yang dibutuhkan oleh kulit pada saat itu. Untuk penggunaan sehari-hari yang tak melulu terpapar matahari, sunscreen pun bisa dianggap cukup. Sedangkan sunblock bisa digunakan saat sedang menghabiskan waktu lama di bawah sinar matahari. 

Yang harus diperhatikan adalah kandungan SPF yang tinggi di mana itu bisa melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Kemudian pastikan juga untuk mengaplikasikan sunscreen dan sunblock secara berkala agar efeknya tetap maksimal ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.