5 Hal Penting Sebelum Pakai Kandungan Skincare Retinol

Memiliki banyak manfaat, ketahui dulu hal penting sebelum memakainya yuk!

8 April 2021

5 Hal Penting Sebelum Pakai Kandungan Skincare Retinol
Freepik/Racool_studio

Bagi Mama yang tertarik dengan dunia kecantikan, kandungan retinol pada skincare tentu sudah tak asing didengar, bukan? Kandungan retinol diketahui memiliki segudang manfaat yang baik untuk perawatan kulit.

Retinol sendiri merupakan turunan dari vitamin A yang diantaranya dapat mencegah keriput di wajah akibat penuaan, mengobati jerawat, menyamarkan noda hitam bekas jerawat hingga dipercaya dapat mengecilkan pori-pori. 

Tak jarang jika kandungan retinol pada skincare sering kali disebut sebagai ‘holy grail’ untuk perawatan antiaging nih, Ma. Namun dibalik manfaatnya tersebut, bagi Mama yang baru akan mencoba sebaiknya perhatikan lebih dulu hal-hal penting penggunaannya ya.

Agar mendapat hasil yang ekeftif dan optimal, yuk simak 5 hal penting yang sudah Popmama.com rangkum bagi Mama yang baru ingin mencoba kandungan retinol. Jangan salah ya, Ma!

1. Mulailah secara perlahan

1. Mulailah secara perlahan
Freepik/wirestock

Setelah mencari tahu apa itu retinol dan manfaatnya, selanjutnya Mama bisa mencoba penggunaan retinol secara perlahan. Tak perlu langsung memilih kandungan retinol yang paling tinggi untuk mendapat hasil yang kilat, Ma.

Cobalah secara perlahan dan bertahap, minimal 2-3 kali selama seminggu untuk melihat reaksi kulit apakah cocok atau tidak dengan kandungan retinol. Selain itu, cukup pilih satu skincare dengan kandungan retinol ya, Ma. Tidak perlu semua skincare yang Mama gunakan berbahan dasar retinol.

Editors' Picks

2. Tetap gunakan pelembap

2. Tetap gunakan pelembap
Freepik/master1305

Meski dapat dijadikan sebagai pelembap yang mampu menjaga penuaan kulit sejak dini, tetapi sebaiknya Mama juga perlu menggunakan pelembap agar efek samping yang terjadi bisa diatasi dan kulit juga tetap terhidrasi dengan baik, Ma.

3. Berhati-hati jika ingin menggabungkan dengan skincare lain

3. Berhati-hati jika ingin menggabungkan skincare lain
Pexels/rodnae-prod

Sebagai pemula yang baru mencoba kandungan retinol, sebaiknya Mama perlu berhati-hati dalam menggabungkan kandungan skincare lain.

Terlebih jika Mama ingin menggunakan kandungan aktif lain pada skincare seperti AHA/BHA dan vitamin C, ini lebih baik digunakan secara bergantian di hari lain ya, Ma.

4. Gunakan di malam hari

4. Gunakan malam hari
Pexels/pavel-danilyuk

Kebanyakan dari kandungan retinol adalah photolabile, yang mana kandungan ini bisa rusak ketika terkena sinar matahari langsung. Sehingga penggunaannya sangat disarankan pada malam hari saja, Ma. 

Meski Mama masih bisa menggunakan pada pagi hari, tetapi sebaiknya Mama menggunakan sunscreen juga setelah penggunaan retinol.

Namun tetap, Ma, lebih baik digunakan malam hari agar tak perlu khawatir akan efek sampingnya ya.

5. Perhatikan kondisi kulit, hentikan jika breakout

5. Perhatikan kondisi kulit, hentikan jika breakout
Pixabay/jmexclusives

Penggunaan skincare memang untung-untungan juga, Ma. Ada yang cocok, ada pula yang tidak. Jika Mama baru mencoba penggunaan retinol, perhatikan juga kondisi kulit Mama selama penggunaan ya.

Jika dirasa membuat kulit breakout, sebaiknya hentikan penggunaannya. Jadi sebelum menggunakan retinol, kenali dulu jenis kulit agar bisa mengukur efek penggunaan kandungan retinol pada kulit Mama.

Nah, itu dia hal-hal yang perlu Mama perhatikan jika ingin mencoba menggunakan kandungan retinol. Perlu diketahui, kandungan retinol juga harus dihindari bagi Mama yang tengah hamil dan menyusui ya.

Jadi, Mama bisa mengakalinya dengan bahal alami lainnya yang memiliki fungsi serupa dengan retinol seperti rosehip oil dan bakuchiol yang jauh lebih ringan. Selamat mencoba, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.