Bikin Jerawatan, Inilah 5 Kesalahan saat Bermakeup

Jangan sampai Mama melakukan hal ini, ya!

6 April 2021

Bikin Jerawatan, Inilah 5 Kesalahan saat Bermakeup
Freepik/jcomp

Memakai makeup membuat banyak perempuan senang karena dapat memberikan penampilan yang terlihat flawless atau menawan. Berbagai jenis look makeup bisa didapatkan sesuai dengan selera makeup setiap orang.

Namun, terkadang terdapat beberapa hal yang tanpa disadari kita lakukan pada saat ber-makeup sehingga membuat hasil makeup kita tidak terlihat sempurna. Selain itu, kesalahan yang dilakukan saat ber-makeup bisa membuat wajah menjadi berjerawat.

Oleh karena itu, kali ini Popmama.comtelah merangkum informasi seputar kesalahan-kesalahan umum yang biasanya terjadi sehingga dapat membuat makeup terlihat tidak sempurna dan juga dapat menimbulkan jerawat. Yuk, disimak!

1. Tidak menggunakan pelembap

1. Tidak menggunakan pelembap
Pinterest.com

Pelembap menjadi hal dasar yang perlu dilakukan sebelum menggunakan makeup maupun pada saat melakukan rangkaian perawatan kulit. Mama harus mulai membiasakan diri untuk selalu menggunakan pelembap agar wajah bisa tetap lembap.

Selain dapat membuat kulit wajah menjadi lembap, rutin menggunakan pelembap juga dapat membuat kulit menjadi lebih halus. Menggunakan pelembap sebelum menggunakan makeup akan membuat makeup lebih menempel dan juga kulit wajah akan terlindungi dari makeup agar tidak langsung mengenai wajah.

Editors' Picks

2. Terlalu banyak menggunakan foundation

2. Terlalu banyak menggunakan foundation
makeup.com

Jangan pernah sekali-kali Mama mengaplikasikan foundation yang terlalu tebal demi mendapatkan penampilan yang flawless. Sebaliknya, menggunakan foundation yang terlalu tebal akan membuat wajah terlihat memiliki tumpukan yang terlalu banyak.

Selain membuat makeup tidak terlihat sempurna, menggunakan foundation yang terlalu tebal akan menyumbat pori-pori. Jika pori-pori wajah tersumbat, kemungkinan timbulnya jerawat akan lebih besar karena pori-pori yang terhalangi oleh kotoran.

3. Memakai warna concealer yang tidak tepat

3. Memakai warna concealer tidak tepat
beautyfrizz.com

Kesalahan pada saat salah memilih shade concealer juga dapat berakibat fatal pada rangkaian makeup yang Mama gunakan.

Tujuan dari penggunaan concealer adalah untuk menutupi area tertentu pada wajah Mama, saat terjadi kesalahan memilih shade malah akan membuat area yang ingin disamarkan terlihat lebih jelas.

Untuk menghindari hal ini, ada baiknya jika Mama memiliki shade warna yang sama dengan foundation untuk menutupi jerawat atau bintik hitam. Sedangkan untuk menutupi area bawah mata, pilih shade warna setingkat lebih terang dari foundation yang digunakan.

4. Menggunakan terlalu banyak foundation untuk menutupi jerawat

4. Menggunakan terlalu banyak foundation menutupi jerawat
womanandhome.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penggunaan foundation yang terlalu tebal tentu tidak akan memberikan hasil makeup yang bagus. Ada baiknya jika menggunakan concealer untuk menyamarkan jerawat, namun tak ada salahnya juga jika menggunakan foundation.

Hal yang perlu diperhatikan adalah penggunaan foundation yang tidak terlalu tebal untuk menutupi jerawat. Jika terlalu tebal menggunakan foundation pada area yang berjerawat, hal tersebut akan memperlambat penyembuhan jerawat dan akan menyebabkan iritasi.

5. Tidak membersihkan wajah dengan benar

5. Tidak membersihkan wajah benar
Freepik/Tonefotografia

Kesalahan paling sederhana yang seringkali dilakukan adalah dengan tidak mencuci wajah dengan benar. Setelah memakai makeup seharian dengan beragam aktivitas yang dilakukan, Mama harus membersihkan wajah dengan benar.

Ada baiknya jika melakukan double cleansing untuk memastikan bahwa wajah benar-benar bersih dari makeup. Dengan begitu, kotoran, minyak, debu, dan juga makeup akan terangkat dan mencegah munculnya jerawat.

Beberapa kesalahan ini seringkali dilakukan tanpa disadari lho, Ma. Jadi, setelah ini apakah Mama masih mau melakukan kebiasaan-kebisaan yang dapat memberikan hasil kurang baik? Yuk, coba rubah kebiasaan sederhana ini ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.