5 Kandungan Skincare untuk Mencerahkan Wajah

Mama sudah pakai yang mana saja nih?

6 April 2021

5 Kandungan Skincare Mencerahkan Wajah
Pexels/VK Studio

Memiliki kulit yang cerah dan bersih merupakan impian banyak orang karena kulit yang cerah dapat diartikan sebagai kulit yang sehat. Terdapat banyak kandungan yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi masalah kulit kusam, flek hitam, pigmentasi, dan lain sebagainya.

Memiliki kulit cerah dari dalam menjadi keinginan banyak perempuan agar dapat memiliki kulit wajah yang berkilau tanpa memakai makeup. Kandungan yang ada di dalam skincare tentunya perlu diperhatikan dan digunakan sesuai dengan kebutuhan kulit.

Oleh karena itu, kali ini Popmama.comtelah merangkum kandungan dalam skincare yang memiliki kegunaan untuk mencerahkan kulit wajah yang kusam. Yuk, disimak!

1. Vitamin C dapat menjaga kulit wajah agar tetap terlihat cerah

1. Vitamin C dapat menjaga kulit wajah agar tetap terlihat cerah
Pexels/Sound On

Vitamin C dapat menjaga kulit wajah agar tetap terlihat cerah dan juga bersih dengan mencegah peradangan. Selain itu vitamin C juga dapat menghalangi produksi pigmen pada kulit dan dapat menghentikan kulit yang mengalami kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Vitamin C juga merupakan antioksidan yang dapat membantu untuk melindungi kulit dari polutan.

Skincare dengan kandungan vitamin C ini cocok apabila digunakan pada pagi hari. Perlu Mama ingat untuk tidak mengkombinasikan kandungan vitamin C dengan retinol, AHA, dan BHA.

Editors' Picks

2. Glycolic Acid mengurai sel-sel kulit mati

2. Glycolic Acid mengurai sel-sel kulit mati
Pexels/Nappy

Asam glikolat atau glycolic acid dapat membantu untuk mengurai sel-sel kulit mati yang berada pada lapisan atas kulit. Sel kulit mati ini akan membuat kulit wajah menjadi kusam dan asam glikolat membantu untuk mengganti kulit kusam menjadi kulit yang baru dan lebih segar.

Pada saat sel kulit mati berhasil di angkat, kulit akan terlihat lebih bersih dan juga cerah, selain itu bekas luka dan pigmentasi juga akan memudar. Waktu yang tepat untuk menggunakan skincare dengan kandungan asam glikolat ini adalah pada malam hari setelah mencuci muka atau sebelum menggunakan serum.

3. Retinol memicu regenerasi sel-sel kulit yang berada di dasar

3. Retinol memicu regenerasi sel-sel kulit berada dasar
Pexels/Sound On

Retinol akan terurai menjadi retinoate acid pada saat di aplikasikan dan dapat membantu untuk meningkatkan pergantian sel-sel kulit yang berada di lapisan paling atas. Selain itu, kandungan dalam skincare ini juga membantu untuk memicu regenerasi sel-sel kulit yang berada di dasar.

Lapisan kulit yang telah diperbaharui dapat membuat kulit tampak lebih cerah dan dapat menghilangkan luka bekas jerawat. Penggunaan retinol yang tepat adalah pada malam hari tanpa mencampurkannya dengan kandungan skincare lainnya seperti AHA, BHA, dan vitamin C.

4. Lactic acid bantu memulai proses pembaruan sel kulit

4. Lactic acid bantu memulai proses pembaruan sel kulit
Pexels/Andrea Piacquadio

Tak jauh berbeda dengan glycolic acid, asam laktat atau lactic acid ini dapat melarutkan lapisan atas sel kulit yang mati dan membantunya untuk memulai proses pembaruan sel kulit. Sel kulit lapisan luar akan terlihat lebih cerah dan juga bersih.

Asam laktat memiliki molekul yang lebih besar dibandingkan dengan asam glikolat sehingga tidak akan menembus kulit terlalu dalam dan membuatnya menjadi iritasi.

Setelah membersihkan wajah dan sebelum menggunakan serum, aplikasikan lah asam laktat dan hindari menggunakan retinol dan vitamin C setelahnya.

5. Azelaic acid meratakan warna kulit yang disebabkan oleh bekas jerawat

5. Azelaic acid meratakan warna kulit disebabkan oleh bekas jerawat
Pexels/Sound On

Azelaic acid merupakan pencerah kulit alami yang berasal dari gandum. kandungan ini memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengatasi kemerahan pada kulit. Selain itu, azelaic acid dapat menjadi kandungan yang efektif untuk meratakan warna kulit yang disebabkan oleh bekas jerawat dan rosacea.

Azelaic acid juga memiliki sifat anti bakteri yang dapat membantu untuk membersihkan sel kulit mati dan memberikan perawatan kulit secara rutin untuk kulit yang rentan berjerawat.

Nah, itulah 5 kandungan dalam skincare yang dapat membantu untuk mencerahkan kulit wajah.

Beberapa kandungan mungkin dapat dicampurkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, namun Mama juga perlu memperhatikan kandungan apa saja yang tidak boleh dikombinasikan untuk menghindari kerusakan pada kulit.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.