Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Mau Ganti Produk Skincare? Perhatikan 5 Cara Menetralkan Kulit Ini!

Biarkan kulit beradaptasi terlebih dahulu

17 Januari 2022

Mau Ganti Produk Skincare Perhatikan 5 Cara Menetralkan Kulit Ini
Freepik

Seiring dengan perkembangan zaman, produk perawatan kulit yang baru akan terus bermunculan sehingga Mama jadi memiliki beberapa pilihan produk lain yang mungkin ingin dicoba. Namun, karena semakin banyak produk baru, akan sulit mengetahui cara untuk memperkenalkan produk baru pada kulit dan mencegah munculnya permasalahan baru, seperti yang dilansir dalam insider.com.

Meskipun Mama merasa tertarik dengan produk baru yang muncul, Mama tidak bisa langsung mengganti produk lama dengan produk baru begitu saja. Kulit memerlukan tahap adaptasi sebelum benar-benar melakukan perubahan agar tidak menurunkan kesehatan kulit.

Oleh karena itu, kali ini Popmama.com telah merangkum 5 langkah yang bisa Mama lakukan sebelum mengganti produk perawatan kulit. Yuk, disimak!

1. Lakukan tes pada bagian kulit lain

1. Lakukan tes bagian kulit lain
Freepik/rawpixel.com

Sebelum mengaplikasikan produk baru ke wajah, ada baiknya Mama mencoba untuk melakukan tes sampel pada bagian kulit lain. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah Mama mengalami alergi terhadap produk lain dan menghindari risiko iritasi kulit.

Mama bisa mencobanya pada bagian dalam siku atau di kulit belakang telinga untuk mengetahui reaksi yang diberikan terhadap suatu produk.

Editors' Picks

2. Lakukan perkenalan secara perlahan

2. Lakukan perkenalan secara perlahan
Freepik

Mama harus memperhatikan penggunaan produk baru dalam beberapa waktu untuk melihat efek yang diberikan pada kulit. Menambahkan beberapa produk skincare secara bersamaan dengan beragam bahan aktif akan membuat kulit kaget dan menimbulkan sebuah reaksi.

3. Konsisten dalam menggunakan produk

3. Konsisten dalam menggunakan produk
Pexels.com/EkaterinaBolovtsova

Setelah merasa kulit dapat menerima produk baru ke dalam rutinitas perawatan kulit, pastikan bahwa Mama menggunakan produknya selama satu bulan sebelum menilai ulang. Tidak ada produk perawatan kulit yang hasilnya dapat terlihat hanya dalam waktu semalam saja.

Biasanya akan diperlukan waktu 3 hingga 4 bulan untuk mengevaluasi apakah perubahan perawatan kulit berhasil memperbaiki penampilan kulit secara keseluruhan.

4. Perhatikan bagaimana produk mempengaruhi kulit

4. Perhatikan bagaimana produk mempengaruhi kulit
Freepik/benzoix
Skincare mengandung retinol untuk ibu hamil

Penting untuk mengetahui bagaimana sebuah produk memberikan perubahan pada kulit dari waktu ke waktu. Jika kulit menjadi kering, bersisik dan kemerahan setelah penggunaan tiga minggu, hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa produk yang digunakan kurang cocok dengan kondisi kulit.

Tetapi jika Mama merasakan perubahan seperti kulit yang terasa lebih lembap, itu menandakan bahwa produk yang digunakan cocok dengan kondisi kulit.

5. Ubah rutinitas secara bertahap

5. Ubah rutinitas secara bertahap
Freepik/cookie_studio

Meskipun Mama ingin mencoba berbagai jenis produk skincare, lakukanlah pengenalan secara bertahap pada kulit. Jika Mama mencoba sekaligus, kemungkinan kulit akan mengalami kemerahan dan juga iritasi.

Jika Mama mengalami masalah jerawat, sulit untuk mengetahui produk mana yang menyebabkan jerawat muncul. Campuran bahan-bahan tertentu juga dapat memperburuk iritasi pada kulit.

Nah, itulah lima langkah yang perlu Mama perhatikan sebelum memutuskan untuk merubah rutinitas perawatan kulit yang dimiliki. Lakukan secara perlahan untuk menghindari terjadinya iritasi. Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk