5 Cara Merawat Kulit setelah Melakukan Chemical Peeling

Untuk menghindari terjadinya iritasi kulit

24 Juli 2021

5 Cara Merawat Kulit setelah Melakukan Chemical Peeling
Freepik/Racool_studio

Chemical peeling adalah perawatan kulit yang berfungsi untuk menghilangkan flek hitam, warna kulit tidak merata, dan mengurangi kerutan dari dalam. Melakukan chemical peeling tentunya sangat penting karena dapat membantu membuat kulit menjadi lebih sehat dan cerah.

Lalu, apakah yang biasanya Mama lakukan setelah melakukan chemical peeling? Ternyata tidak hanya sekedar melakukan serangkaian skincare lho, Ma. Terdapat beberapa hal yang bisa Mama lakukan agar kulit menjadi lebih baik setelah melakukan chemical peeling.

Oleh karena itu, kali ini Popmama.com telah merangkum 5  hal yang bisa Mama lakukan untuk merawat kulit setelah melakukan chemical peeling. Yuk, disimak!

1. Mencuci wajah dengan cara yang lembut

1. Mencuci wajah cara lembut
Freepik/torwaiphoto

Mencuci wajah tidak hanya sekedar menggosokkan sabun ke area muka, namun mencuci wajah juga perlu dilakukan dengan cara yang benar.

Gunakan sabun pencuci wajah yang lembut dan dirancang untuk kulit sensitif karena proses chemical peeling dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif.

Lakukan pijatan lembut pada saat mencuci wajah dan hindari menggosok wajah dengan kasar.

Editors' Picks

2. Kompres wajah yang mengalami pengelupasan

2. Kompres wajah mengalami pengelupasan
Freepik

Bagi beberapa orang, melakukan chemical peeling akan membuat kulit menjadi terkelupas dan berkerak. Jika mengalami hal tersebut, Mama bisa mengambil handuk yang berbahan lembut lalu basahi dengan air hangat.

Usapkan secara lembut ke area yang terkelupas selama 10 menit untuk membuat kulit menjadi lebih halus. Jangan pernah mencabutnya dengan menggunakan tangan karena dapat menyebabkan luka.

3. Selalu menggunakan pelembap setelah membersihkan wajah

3. Selalu menggunakan pelembap setelah membersihkan wajah
Freepik/lookstudio

Menggunakan pelembap tentunya sangatlah penting setelah melakukan chemical peeling karena dapat membantu kulit menjadi lebih tenang.

Gunakan pelembap yang mengandung hypoallergenic yang dapat mengunci kelembapan dan mengurangi iritasi.

Aplikasikan pelembap setelah Mama membersihkan wajah atau setelah mengompres wajah dengan handuk basah.

4. Jauhkan tangan dan rambut dari wajah

4. Jauhkan tangan rambut dari wajah
Freepik/jcomp

Apapun yang menyentuh wajah Mama sesaat setelah melakukan chemical peeling dapat membuat kulit terasa sedikit perih.

Tidak hanya itu saja, jika tangan menyentuh wajah setelah melakukan chemical peeling dapat menyebarkan bakteri dan kotoran yang ada di tangan ke area wajah.

Tidak hanya tangan saja, rambut juga terdapat kotoran yang bisa berpindah ke wajah. Mungkin akan sedikit sulit mengingat wajah terasa gatal, tetapi Mama harus bisa menahannya!

5. Selalu menggunakan sunscreen

5. Selalu menggunakan sunscreen
Freepik

Baik itu di dalam ruangan atau di luar ruangan, Mama harus selalu memakai sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Selain itu, menggunakan sunscreen sangatlah penting untuk mencegah munculnya bintik hitam yang baru pada wajah.

Hal yang perlu Mama ingat adalah sunscreen bisa dipakai setelah kulit wajah tidak lagi mengelupas setelah melakukan chemical peeling. Hal ini penting untuk diingat agar tidak membuat kulit menjadi ter iritasi.

Nah, itulah lima hal yang bisa Mama lakukan untuk merawat kulit setelah melakukan chemical peeling. Hal ini perlu Mama ingat untuk menghindari kemungkinan terjadinya iritasi pada kulit.

Untuk lebih jelasnya, Mama bisa berkonsultasi langsung dengan dokter kulit agar perawatan yang diberikan bisa sesuai dengan kondisi kulit.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.