Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Peeling Wajah

Bikin kulit cerah dan glowing lho, Ma!

5 Maret 2020

Hal-hal Perlu Kamu Ketahui Tentang Peeling Wajah
botastic.co.uk

Peeling wajah atau biasa dikenal chemical peeling adalah salah satu cara meregenerasikan kulit yang paling banyak digunakan saat ini.

Dilansir dari docdoc.com, dokter kulit akan mengoleskan cairan kimia pada seluruh bagian kulit wajah lalu dibiarkan mengering selama beberapa menit kemudian dibersihkan.

Selanjutnya, lapisan luar kulit wajah akan mengalami pengelupasan dalam sehari atau bahkan lebih lama tergantung pada jenis peeling yang dilakukan.

Bahan kimia yang terdapat pada cairan peeling wajah memiliki efek yang dapat mendorong pembentukan kulit baru yang lebih halus untuk menggantikan kulit lama. Tak hanya di wajah, peeling juga bisa dilakukan pada  tangan, leher dan dada bagian atas, bahkan dapat dilakukan juga di hampir semua bagian tubuh.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang peeling wajah yang telah Popmama.com rangkum:
 

Editors' Picks

1. Manfaat dari peeling wajah

1. Manfaat dari peeling wajah
springmistspa.com

Ketidaksempurnaan pada kulit sering kali merupakan akibat dari munculnya jerawat, masalah penuaan, kerusakan akibat sinar matahari, dan penumpukan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Dengan demikian, kulit akan tampak kusut, kusam, atau parut.

Lapisan kulit luar yang telah rusak ini perlu digantikan oleh kulit baru yang lebih indah dan sehat. Dengan memiliki kulit yang indah dan sehat, kamu akan lebih percaya diri dalam hal penampilan.

Peeling wajah secara efektif dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan berbagai masalah kulit termasuk jerawat, bekas jerawat, bintik-bintik matahari dan hiperpigmentasi, garis-garis halus, bintik-bintik, lingkaran hitam, pori-pori besar, keriput, bercak kasar, dan kulit bersisik kering.

Dengan pertumbuhan sel-sel kulit baru dan peningkatan produksi kolagen pada kulit kamu, akan menjadikan kamu terlihat lebih segar, lebih muda, lebih cerah dan lebih halus.

2. Jenis-jenis peeling wajah

2. Jenis-jenis peeling wajah
Freepik/Jcomp

Beberapa jenis peeling memiliki perbedaan dari segi bahan kimia yang terkandung dan jenis pengelupasannya. Jenis-jenis peeling tersebut antara lain:

  • Superficial atau Light Peel: ini adalah jenis peeling yang paling lembut dan bertujuan untuk menghilangkan lapisan atas kulit agar kulit tampak lebih cerah secara instan.
  • Medium Depth Peel: jenis peeling ini dapat menembus lapisan kulit yang lebih dalam. Namun, jenis peeling ini justru akan menyebabkan lebih banyak ketidaknyamanan saat prosesnya seperti sensasi terbakar dan menyengat. Peeling ini juga menghasilkan lebih banyak efek samping, dan membutuhkan periode pemulihan yang lebih lama.
  • Deep Peel: jenis peeling ini sangat efektif untuk mengatasi kerusakan kulit akibat sinar matahari yang parah, garis kerutan, dan bekas luka yang dalam. Jenis peeling ini akan menyebabkan kulit membengkak selama beberapa hari dan biasanya membutuhkan waktu pemulihan dua minggu.
     

3. Tahapan proses peeling wajah

3. Tahapan proses peeling wajah
Naturalfaceaesthetics.com

Tergantung pada kondisi kulit kamu, dokter kulit dapat merekomendasikan rencana perawatan kulit kamu sekitar 2 hingga 3 minggu untuk hasil yang maksimal. Saat melakukan proses peeling wajah, dokter akan membersihkan wajah kamu terlebih dahulu.

Selanjutnya dokter akan mengoleskan krim anastesi pada seluruh bagian wajah kamu lalu tutup dengan plastik pembungkus kemudian didiamkan selama kurang lebih 30 sampai 60 menit.

Setelah itu, dokter kulit akan membalurkan cairan peeling dengan cepat dan merata pada area wajah kamu.

Setelah itu dokter pun akan menghapus cairan peeling di wajahmu.

Setelah cairan peeling, kulit kamu akan dioleskan krim atau lotion yang bersifat menenangkan.

 Waktu yang diperlukan untuk pemulihan dari peeling wajah biasanya akan tergantung pada jenis peeling yang dilakukan.

Saat proses pemulihan biasanya dokter kulit akan meminta kamu untuk benar-benar menghindari paparan sinar matahari dalam jangka waktu tertentu dan memakai tabir surya SPF tinggi.

Cobain peeling yuk, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.