Jarang diketahui, Inilah 5 Manfaat Daun Kelor untuk Wajah

Bisa mencegah tanda penuaan lho, Ma!

5 Juni 2021

Jarang diketahui, Inilah 5 Manfaat Daun Kelor Wajah
krishijagran.com

Dalam beberapa waktu belakangan ini, daun kelor atau yang biasa disebut dengan moringa oleifera ini digunakan sebagai bahan dasar untuk produk perawatan kulit lho, Ma. Mungkin masih belum banyak yang mengetahui, tetapi daun kelor ini kaya akan vitamin dan juga mineral.

Oleh karena itu, daun kelor dapat digunakan sebagai bahan dasar untuk perawatan kulit. Bahkan getah, minyak, akar, kulit kayu, biji, dan bunganya memiliki manfaat yang baik untuk tubuh atau kulit.

Untuk Mama yang belum mengetahui tentang manfaat dari daun kelor untuk wajah, yuk simak informasi yang telah Popmama.com rangkum berikut ini:

1. Dapat menghidrasi kulit

1. Dapat menghidrasi kulit
Pexels/Sora Shimazaki

Jika Mama mengalami masalah kulit kering, daun kelor dapat digunakan sebagai pelembap yang dapat membuat kulit menjadi lebih halus dan tanpa bersisik.

Skincare yang mengandung daun kelor memiliki kandungan mineral yang tinggi sehingga kulit yang kering dan juga kasar dapat diatasi.

Kandungan vitamin E, oleic acid, dan antioksidan yang ada di dalam daun kelor inilah yang membuatnya dapat menghidrasi kulit.

Editors' Picks

2. Membantu mengurangi tanda penuaan

2. Membantu mengurangi tanda penuaan
Pexels/Polina Kovaleva

Daun kelor kaya akan antioksidan sehingga salah satu manfaatnya adalah dapat mencegah kerusakan pada kulit akibat radikal bebas. Hal ini sangatlah penting karena kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas dapat merusak jaringan kulit.

Selain itu, daun kelor juga mengandung vitamin C yang dapat membantu untuk memperbaiki sel kulit mati yang rusak. Kandungan cytokinin yang ada pada daun kelor dapat meningkatkan pertumbuhan pada sel kulit mati dan mencegah terjadinya kerusakan sel.

3. Mengurangi produksi minyak berlebih

3. Mengurangi produksi minyak berlebih
Freepik/benzoix

Jika Mama memiliki jenis kulit yang berminyak, maka menggunakan produk skincare dengan kandungan daun kelor di dalamnya jelas dapat membantu.

Sifat anti oksidan yang ada di dalam daun kelor dapat membantu untuk proses regenerasi pada kulit wajah.

Selain itu, senyawa yang terkandung di dalamnya dapat mengatur keseimbangan kadar hormon dalam tubuh sehingga produksi minyak yang berlebih dapat berkurang.

4. Mengurangi jerawat dan flek hitam

4. Mengurangi jerawat flek hitam
Pexels/Anna Nekrashevich

Karena daun kelor memiliki sifat anti-bacteria yang tinggi, maka ia dapat membantu untuk mencegah timbulnya jerawat pada kulit. Selain itu, daun kelor juga dapat menghilangkan noda, komedo, dan flek hitam pada wajah sehingga wajah akan tampak lebih bersih.

Daun kelor juga dapat membantu untuk mengurangi pori-pori besar yang menyumbat dan berpotensi menjadi jerawat. Karena daun kelor juga dapat meningkatkan produksi kolagen, maka pori-pori yang besar akan mengecil.

5. Merawat bibir

5. Merawat bibir
Freepik/Photohobo

Karena memiliki sifat pelembap, daun kelor akan sangat bermanfaat jika digunakan sebagai pelembap untuk bibir yang kering. Karena hal inilah, biasanya kandungan daun kelor banyak digunakan sebagai bahan untuk lip balm atau serum bibir.

Ada kalanya bibir terasa kering dan pecah-pecah sehingga menimbulkan luka pada bibir, hal ini juga bisa di atasi dengan menggunakan lip balm yang mengandung daun kelor. Sifat antiseptik yang ada di dalamnya dapat membantu untuk mengobati luka pada bibir.

Nah, itulah 5 manfaat daun kelor untuk wajah yang mungkin belum Mama ketahui. Skincare yang mengandung daun kelor biasanya akan cocok untuk jenis kulit apapun. Jangan ragu untuk mencoba ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.