6 Hair Oil Alami yang Sesuai dengan Jenis Rambut

Rambut akan menjadi lebih sehat dengan menggunakan hair oil

25 September 2021

6 Hair Oil Alami Sesuai Jenis Rambut
Freepik/Graffitimi

Berbagai macam jenis hair oil yang dapat digunakan untuk perawatan rambut yang lebih sehat. Hair oil atau minyak rambut biasanya terbuat dari bahan-bahan alami seperti ekstrak kacang atau bunga yang kemudian di olah menjadi minyak alami.

Hair oil memiliki berbagai macam fungsi seperti membantu untuk pertumbuhan rambut, membuat rambut lebih lembut, serta mencegah kerontokan rambut. Namun perlu Mama tahu bahwa terdapat minyak alami yang cocok untuk semua jenis kulit dan ada minyak alami yang hanya cocok untuk jenis rambut tertentu.

Oleh karena itu, kali ini Popmama.com telah merangkum 6 jenis hair oilyang sesuai dengan jenis rambut yang Mama miliki. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Jojoba oil untuk mengatasi ketombe

1. Jojoba oil mengatasi ketombe
shayandcompany.com

Mungkin Mama sudah tidak asing lagi dengan minyak alami yang satu ini. Jojoba oil memiliki kandungan asam lemak esensial yang tinggi sehingga dapat membuat rambut menjadi lebih lembab.

Jojoba oil seringkali digunakan sebagai bahan dasar untuk produk sampo dan juga kondisioner yang dapat mengembalikan kilau rambut. Selain itu, jojoba oil juga dapat membantu untuk merawat kulit kering dan mengurangi ketombe.

Cocok digunakan oleh Mama yang memiliki rambut berketombe dan kering.

2. Atasi rambut rontok dengan avocado oil

2. Atasi rambut rontok avocado oil
Freepik/freepic.diller

Seperti kacang-kacangan dan biji-bijian lainnya, alpukat menjadi salah satu sumber utama vitamin E yang merupakan senyawa antioksidan yang berfungsi untuk membuat rambut lebih kuat.

Avocado oil seringkali digunakan untuk mencegah kerusakan dan meningkatkan pertumbuhan rambut sehingga akan cocok digunakan oleh rambut yang mudah rontok dan patah.

Editors' Picks

3. Miliki rambut berkilau dengan argan oil

3. Miliki rambut berkilau argan oil
Freepik/User11628272

Agan oil merupakan minyak alami yang juga dikenal dengan sebutan liquid gold karena dapat digunakan untuk semua jenis rambut.

Agran oil memiliki kandungan antioksidan dan asam lemak yang dapat membuat rambut menjadi lebih berkilau dan tidak terlihat kusam.

4. Coconut oil kaya akan asam laurat

4. Coconut oil kaya akan asam laurat
Freepik

Sepertinya minyak alami yang satu ini sudah menjadi andalan para beauty enthusiast karena memiliki berbagai macam manfaat untuk kecantikan, termasuk juga perawatan rambut.

Coconut oil mengandung asam laurat yang manfaatnya dapat meresap sampai ke bagian dalam batang rambut dan memperbaiki rambut yang rusak.

Hair oil yang satu ini dapat membantu untuk mempertahankan protein alami dalam rambut dan dapat meningkatkan kelembapan rambut.

5. Olive oil yang dapat menguatkan rambut

5. Olive oil dapat menguatkan rambut
Freepik/racool_studio

Sama seperti coconut oil, olive oil juga dapat memberikan perlindungan sampai ke bagian dalam batang rambut.

Olive oil dapat berfungsi untuk membuat rambut menjadi lebih kuat dan juga mengunci kelembapan pada rambut.

Selain itu, olive oil akan cocok digunakan oleh Mama yang memiliki rambut ikal karena dapat membuat rambut menjadi lebih halus dan tidak mudah kusut.

6. Atasi rambut kering dan bercabang dengan grapeseed oil

6. Atasi rambut kering bercabang grapeseed oil
clc-s.org

Untuk Mama yang memiliki rambut mengembang dan kusam, maka grapeseed oil bisa menjadi jawaban untuk membuat rambut menjadi lebih halus.

Minyak alami ini mengandung antioksidan yang dapat membantu untuk mengatasi masalah ujung rambut yang kering dan bercabang.

Nah, itulah enam jenis hair oil yang berbahan dasar minyak alami untuk membuat rambut menjadi lebih sehat dan berkilau. Masing-masing jenis hair oil ini memiliki keunggulannya masing-masing sesuai dengan permasalahan rambut yang sedang di alami.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.