5 Manfaat Daun Pandan untuk Kecantikan

Gak cuma digunakan sebagai pewangi alami makanan saja lho, Ma

15 Oktober 2021

5 Manfaat Daun Pandan Kecantikan
Freepik/Jcomp

Daun pandan merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh dan seringkali digunakan sebagai penambah aroma wangi pada masakan. Selain itu daun pandan juga kerap digunakan sebagai pewarna alami untuk makanan.

Tak hanya itu saja, daun pandan juga memiliki manfaat untuk perawatan kulit secara alami untuk mengatasi berbagai macam permasalahan kulit. Oleh karena itu, kali ini Popmama.com telah merangkum 5 manfaat daun pandan untuk kecantikan kulit. Yuk, disimak!

1. Menunda penuaan dini

1. Menunda penuaan dini
Freepik/benzoix

Daun pandan memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada pada kulit dan menggantinya dengan sel kulit yang baru. Mama akan merasakan kulit yang lebih cerah dan kencang dengan menjadikan daun pandan sebagai masker.

Daun pandan dapat mempercepat proses regenerasi pada kulit dan menangkal radikal bebas. Mama hanya perlu menumbuk daun pandan sampai halus lalu aplikasikan pada wajah.

Editors' Picks

2. Dapat mengatasi masalah komedo

2. Dapat mengatasi masalah komedo
Freepik/katemangostar

Masalah kulit bukan hanya jerawat saja, tetapi juga pori-pori yang membesar yang dapat menimbulkan jerawat dan juga komedo. Komedo dapat muncul akibat pori-pori besar yang kemudian tersumbat oleh kotoran.

Mama bisa memanfaatkan daun pandan dengan menjadikannya sebagai masker wajah. Campur daun pandan yang telah dihaluskan sebelumnya dengan kuning telur lalu aplikasikan pada wajah dan diamkan selama beberapa menit baru kemudian dibilas dengan menggunakan air bersih.

3. Mengatasi kulit kering

3. Mengatasi kulit kering
Freepik

Kulit kering akan membuat wajah tampak lebih tua dan juga kusam, hal ini merupakan masalah yang serius untuk banyak orang. Mama bisa mendapatkan kulit yang lebih halus dan lembut dengan menggunakan daun pandan.

Mama hanya perlu melakukan penguapan wajah dengan menggunakan air rebusan daun pandan. Hal ini dikarenakan daun pandan memiliki kandungan minyak yang baik untuk mengatasi kulit kering.

4. Dapat menghilangkan jerawat

4. Dapat menghilangkan jerawat
Freepik/Odua (Premium)
Dok. Jovee

Jerawat menjadi salah satu permasalahan kulit yang sering dialami oleh banyak orang karena dapat mengganggu penampilan dan menimbulkan rasa sakit pada wajah.

Daun pandan digunakan sebagai sumber antioksidan yang dapat mengobati jerawat yang membandel di wajah.

Mama bisa menghaluskan daun pandan kemudian aplikasikan pada wajah untuk membuatnya sebagai masker.

5. Mengangkat sel kulit mati di wajah

5. Mengangkat sel kulit mati wajah
Pexels/Shiny Diamond

Tentunya kulit akan mengalami penuaan sehingga diperlukan perawatan wajah berupa scrub untuk membantu mengangkat sel kulit mati yang ada di wajah. Jika sel kulit mati didiamkan begitu saja, wajah akan mengalami berbagai macam permasalahan kulit.

Campurkan daun pandan yang telah dihaluskan dengan minyak zaitun atau madu dan dijadikan sebagai scrub alami. Setelah itu gosok secara melingkar dengan tekanan yang lembut untuk mengangkat sel kulit mati selama kurang lebih tiga menit.

Baru setelahnya bilas dengan menggunakan air hingga bersih.

Nah, itulah lima manfaat yang dapat Mama rasakan dari tanaman daun pandan. Ternyata tak hanya digunakan sebagai salah satu bahan masakan, daun pandan juga dapat digunakan untuk perawatan kecantikan. Apa Mama tertarik untuk mencobanya?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.