6 Manfaat Jeruk Nipis untuk Perawatan Kulit Wajah

Bisa melawan tanda penuaan lho, Ma!

30 September 2021

6 Manfaat Jeruk Nipis Perawatan Kulit Wajah
Pexels/Enric Cruz López

Jeruk nipis biasanya digunakan sebagai bahan pelengkap makanan atau masakan karena memiliki rasa asam yang menyegarkan. Namun, sebenarnya jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai salah satu perawatan kulit yang memiliki berbagai macam manfaat untuk kulit.

Jeruk nipis mengandung antioksidan seperti vitamin C yang dapat membantu untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Jeruk nipis dapat dirasakan manfaatnya secara langsung atau diekstrak menjadi salah satu bahan dari produk perawatan kulit seperti sabun, minyak rambut pasta gigi, dan lainnya sebagainya.

Lalu, sebenarnya apa saja manfaat dari jeruk nipis untuk kulit? Simak penjelasan mengenai 6 manfaat jeruk nipis yang telah Popmama.com  rangkum berikut ini!

1. Mengatasi noda hitam

1. Mengatasi noda hitam
Pexels/Mikhail Nilov

Jika Mama memiliki masalah dengan bintik dan noda hitam, maka gunakan jeruk nipis secara topikal pada titik noda hitam di wajah.

Jeruk nipis diketahui merupakan zat pemutih alami sehingga dapat membantu untuk mencerahkan kulit dan juga mengatasi bintik hitam.

Mama bisa mengoleskan jeruk tipis pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 30 menit baru kemudian dibilas. Pada saat menggunakannya secara topikal, ada baiknya jika Mama menghindari paparan sinar matahari secara langsung, ya!

2. Mengatasi masalah jerawat

2. Mengatasi masalah jerawat
Freepik/gpointstudio

Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang paling sering dirasakan oleh orang-orang yang juga dapat mengganggu penampilan.

Mama bisa mengatasi jerawat membandel dengan menggunakan jeruk nipis karena sifat antibakteri di dalamnya.

Jerawat yang disebabkan oleh bakteri dan pori-pori yang tersumbat oleh kotoran sehingga akan menyebabkan peradangan bisa diatasi dengan menggunakan jeruk nipis.

Editors' Picks

3. Mencegah penuaan dini

3. Mencegah penuaan dini
Freepik/Racool_studio

Penuaan merupakan hal yang wajah, tetapi tidak ada salahnya untuk memperlambat proses penuaan agar dapat terlihat awet muda dan sehat.

Vitamin C yang ada di dalam jeruk nipis mampu memelihara sel-sel kulit dari luar dan dalam sehingga dapat membantu mencegah penuaan dini.

Selain menggunakan produk kecantikan yang mengandung jeruk nipis, Mama juga bisa merasakan manfaatnya dengan cara meminum air perasan jeruk nipis untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan membuat kulit terlihat lebih kenyal.

4. Mampu mengangkat sel kulit mati

4. Mampu mengangkat sel kulit mati
Pexels/Andrea Piacquadio

Sebenarnya sel-sel kulit mati dapat terkelupas secara alami, dengan jeruk nipis maka akan membantu untuk mengangkat sel kulit mati yang tertinggal.

Hal ini dikarenakan jeruk nipis mengandung asam sitrat di dalamnya sehingga akan lebih mudah untuk mengangkat sel kulit mati.

Selain dapat mengangkat sel kulit mati, jeruk nipis juga dapat membantu untuk mencegah sel kulit mati menempel terlalu lama pada kulit yang mana dapat menyumbat pori-pori di wajah.

5. Mengencangkan pori-pori

5. Mengencangkan pori-pori
Freepik/diana.grytsku

Manfaat lainnya dari jeruk nipis adalah dapat membantu mengencangkan pori-pori yang melebar. Pori-pori yang terbuka dapat membuat kotoran masuk dan mengendap di dalamnya sehingga akan muncul masalah berupa komedo atau bahkan jerawat.

Kandungan astringents di dalam jeruk nipis dapat membantu untuk mengencangkan otot wajah dan membuat pori-pori menjadi tertutup. Dengan begitu, wajah akan terasa lebih kencang dan tidak terlihat kusam.

6. Mengatasi wajah berminyak

6. Mengatasi wajah berminyak
Freepik/diana.grytsku

Wajah yang berminyak disebabkan oleh produksi sebum yang berlebihan sehingga akan membuat wajah tampak kusam.

Jeruk nipis dapat membantu untuk mengontrol produksi sebum yang ada pada kulit sehingga produksi sebum tidak berlebihan dan lebih normal.

Nah, itulah enam manfaat yang bisa dirasakan saat menggunakan jeruk nipis. Meskipun kecil, ternyata jeruk nipis memiliki berbagai macam manfaat yang dapat membuat wajah tampak lebih cerah dan sehat.

Apa Mama tertarik untuk mencobanya?

Bacajuga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk